Perbedaan Lemak dan Minyak yang Tak Semua Orang Tahu

Tidak sedikit orang-orang yang bertanya, “Apa perbedaannya antara minyak dan lemak?”. Jawabannya sebenarnya tidak begitu rumit. Walaupun begitu kalau mau dilihat secara kimianya, maka lumayan rumit juga buat orang awam jawabannya. Sebelum membahas jawaban itu, coba kita bahas kembali definisi tentang minyak dan lemak.

Lemak dan minyak merupakan senyawa ester non-polar yang tak larut dengan air, yang diproduksi oleh hewan dan tanaman. Lemak dan minyak berfungsi dalam pengelolaan pangan seperti sebagai sumber energi, berkontribusi dalam pembentukan pola tekstur dan kualitas sensori pangan, medium pindah dalam proses penggorengan, juga pelarut bagi vitamin A,D,E, dan K (esensial pelarut lemak).

bodykarebykaren.info
bodykarebykaren.info

Miyak dan lemak adalah kelompok lipid sederhana dalam ester gliserol yang tersusun oleh asam lemak dan gliserin. Dilihat dari strukturnya, molekul gliserin mengikat 3 rantai asam lemak dan membentuk senyawa ester yang mempunyai sifat non polar. Panjang struktur molekul lemak dan minyak tergantung dari jenis asam lemak yang terikat pada gliserin.

Lalu apa perbedaan minyak dan lemak?

Salah satunya adalah penyebab dari perbedaan fisik antara minyak dan lemak. Lemak mengandung lebih banyak asam lemak jenuh. Minyak mengandung lebih banyak asam lemak tidak jenuh. Karena lemak jenuh memiliki titik leleh yang lebih tinggi daripada lemak tidak jenuh maka lemak cenderung berbentuk padat, sedangkan minyak memiliki bentuk cair dalam suhu ruangan.


Sumber rujukan: https://rahmasofiannisa.wordpress.com/2012/09/07/perbedaan-lemak-dan-minyak/

Tinggalkan komentar