Perbedaan Manusia dan Malaikat Menurut Islam

Manusia dan malaikat tercipta untuk beribadah dan menyembah Allah. Secara umum meskipun sesama mahluk tuhan, namun malaikat mempunyai banyak perbedaan dengan manusia. Berikut dibawah penjelasan lebih lengkap antara manusia dengan malaikat.

 

Bahan Penciptaan

cahaya malaikat

Perbadaan pertama manusia dan malaikat ialah dari bahan penciptaanya. Mengapa malaikat lebih berseri-berseri dan mengeluarkan cahaya ketika di istilahkan dalam sebuah visual? Karena malaikat oleh Allah diciptakan dengan menggunakan cahaya.

Berbeda dengan manusia seperti kita yang diciptakan dari tanah. Oleh karena itu suatu saat nanti kita dipastikan akan kembali menjadi seperti apa dulu diciptakan.

Hawa Nafsu

manusia serakah
brightonholidayhomes.co.uk

Selanjutnya perbedaan antara manusia dengan malaikat ialah terdapat pada hawa nafsunya. Manusia seperti memiliki banyak sekali hawa nafsu, seperti hawa nafsu makan, minum dan kawin.

Malaikat sangat berbeda sekali, karena malaikat diciptakan tidak mempunyai hawa nafsu. Sehingga awal dari tujuan penciptaan malaikat sendiri hanya untuk beribadah, mengabdi dan memuji Allah.

Malaikat yang mempunyai pemikiran statis maka sifatnya tidak dapat berubah, berbeda dengan manusia yang bersifat lebih dinamis yang kadang mempunyai iman, kadang bersifat melebihi iblis.

Malaikat juga tidak mempunyai jenis kelamin, jadi mereka tidak dapat berkembang biak seperti manusia tidak kecuali karena dapat ijin dari Allah.

 

Karena manusia bersifat dinamis, maka dari itu banyak sekali sifat-sifat yang dimiliki manusia, baik sifat terpuji maupun tercela. Semua sifat tersebut berkaitan dengan hawa nafsu, dan perlu dicatat bahwasannya semua yang berakal serta berhawa nafsu akan diadili di akhir zaman.

Tinggalkan komentar