Mengenali Perbedaan pertamax dan pertamax plus

Bahan bakar produk pertamina dengan kualitas yang melebihi premium dan pertalite adalah pertamax dan pertamax plus. Pertamax dan pertamax plus adalah bahan bahan bakar yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas.

Bahan bakar ini tidak di subsidi oleh pemerintah sehingga harga pertamax dan pertamax plus ini mengikuti harga dunia. Dari segi kualitas pertamax plus lebih baik dibandingkan pertamax selain itu terdapat perbedaan-perbedaan lainnya yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakan salah satu dari dua bahan bakar ini.

Beberapa perbedaan antara pertamax dan pertamax plus adalah.

Nilai oktan

www.riaulive.comwww.riaulive.com

Nilai oktan suatu bahan bakar akan menentukan kualitas suatu bahan bakar tersebut. Semakin besar nilai oktan tersebut maka semakin baik kualitas bahan bakarnya. Bahan bakar dengan nilai oktan besar memiliki nilai konversi yagn tinggi.

Jika nilai oktan besar efek terhadap mesin adalah mesin memiliki kinerja tinggi, residu atau sisa kotoran pada mesin sedikit. Nilai oktan dari pertamax adalah 92 sedangkan nilai oktan dari pertamax plus adalah 95.

Warna cairan

www.coklatkita.comwww.coklatkita.com

Cairan bahan bakar memilki warna cairannya masing-masing hal ini disebabkan karena perbedaan bahan baku. Pertamax mengandung ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya sedangkan pertamax plus mengandung toluene.

pada cairan pertamax warna yang nampak adalah warna biru sedangkan pada pertamax plus warna yang nampak adalah warna merah.

Harga

pixabay.compixabay.com

Harga pertamax dan pertamax plus di setiap daerah bisa saja berbeda-beda. Harga pasar yang diberikan pertamina untuk produk pertamax adalah Rp 7,950 sedangkan harga untuk pertamax plus adalah Rp 8,850.

Polusi yang dihasilkan

time.comtime.com

Dari segi polusi yang dihasilkan, pertamax dan pertamax plus sama-sama menghasilkan polusi Cox dan Nox yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Namun, polusi yang dihasilkan oleh pertamax plus lebih sedikit dibandingkan pertamax.

Itulah perbedaan-perbedaan yang terdapat pada pertamax dan pertamax plus, semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu terhadap bahan bakar pertamax dan pertamax plus sehingga kamu dapat memilih untuk menggunakan salah satu bahan bakar ini secara cerdas.

Tinggalkan komentar