Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dari Awal Sampai Akhir

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Mulai dari pengertian dari pertumbuhan dengan perkembangan, faktor yang mempengaruhi petumbuhan dan perkembangat serta perbedaan dari pertumbuhan dengan perkembangan. Dan berikut penjelasannya, simaklah baik baik.

Pertumbuhan adalah proses menambahnya tinggi, masa atau volume tubuh makhluk hidup karena adanya pertambahan jumlah sel karena pembelahan sel yang ditandai dengan pertambahan panjang, berat dan tinggi makhluk hidup yang bersifat tidak dapat kembali ke bentuk semula dan kuantitatif (dapat diukur) dan biasanya bersifat kuantitatif yaitu dapat dihitung dengan angka. Umumnya pertumbuhan akan terbatas pada usia, artinya pada usia tertentu makhluk hidup akan terhenti pertumbuhannya. Contohnya saat kamu berusia 25 th maka kamu tidak lagi bertambah tinggi.

Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, jika pertumbuhan dapat dihitung karena bersifaf kuantitatif maka berbeda dengan perkembangan karena bersifat kualitatif lebih dilihat dari segi fungsionalnya.Perkembangan, tidak terbatas pada usia sehingga makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya. Contoh seperti perkembangan emosi anak 3 tahun dan  saat kamu lahir kamu tidak bisa bicara namun kamu berkembang hingga bisa berbicara, berjalan, membaca dll. Dibawah ini faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

Faktor yang mempengaruhi makhluk hidup secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

Faktor Internal

Genetika
https://pixabay.com/id/users/PublicDomainPictures-14/
  1. Genetik : Gen adalah faktor pembawa sifat pada makhluk hidup yang akan menurun. Gen terbagi dua yaitu DNA dan RNA.  Misalnya : burung bertelur tidak mungkin telur itu pecah menjadi ayam pasti tetap menjadi burung.
  2. Hormon :Hormon memiliki fungsi yang nyata terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
  3. Nutrisi (Makanan) : Pasti kamu sudah paham bahwa makan dan nutrisi juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Misalkan  jika kamu setiap hari makan makanan yang sehat yang bernutrisi pasti kamu akan tumbuh dan berkembang secara sehat atau baik namun jika kamu kekurangan makanan dan nutrisi pasti kamu akan terlihat kurus.

Faktor Eksternal

suhu
https://pixabay.com/id/users/KRiemer-932379/
  1. Suhu.
  2. Cahaya.
  3. Kelembaban, tanah, dan Air

Dari penjelasan diatas kita dapat simpulkan bahwa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan sebagai berikut: Pertumbuhan bersifat kuantitatif, memiliki batas usia, terlihat dari keadaan fisik, Bersifat tidak dapat balik, Dipengaruhi pembelahan sel tubuh. Sedangkan Perkembangan Bersifat Kualitatif, Tidak terbatas oleh usia,  Terlihat dari sifat dan kemampuan, Bersifat Reversible dan dipengaruhi pengalaman.

Tinggalkan komentar