Yuk Cari Tahu Perbedaan Antara Ringkasan dan Ikhtisar

Dalam kegiatan sehari-hari, kita sering mendengar bahkan mungkin mengucapkan kata ringkasan, dan ikhtisar. Secara gramatikal dan kontekstual, kedua istilah tersebut sudah sangat familier, bahkan sudah kita pahami maknanya. Akan tetapi jika secara spontan ada orang yang bertanya tentang arti dari istilah tersebut, biasanya kita kurang siap dalam menjawabnya.

Ringkasan

psikologikita.com
psikologikita.com

Bentuk ringkas dari karangan yang masih memperlihatkan sosok dari dari aslinya. Inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. Dengan kata lain memangkas hal-hal yang lebih kecil yang meliputi gagasan utama bacaan, kerangka dasar masih tampak jelas.

Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang ringkas atau singkat dan efektif. Ringkasan merupakan sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan dapat berupa ringkasan sebuah buku, bab, maupun artikel. Fungsi suatu ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Ketika membuat sebuah ringkasan, kita dapat mempelajari cara seseorang dalam menyusun pikirannya dengan gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, dengan adanya ringkasan kita bisa menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis.

Ciri-ciri ringkasan:

  • Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
  • Kerangka dasar masih tampak jelas
  • Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas
  • Tujuannya untuk memangkas gagasan.

Ikhtisar

pasawailham.blogspot.com
pasawailham.blogspot.com

Pada intinya ikhtisar hampir sama dengan ringkasan jika dilihat dari tujuannya, kedua istilah ini mengambil bentuk kecil dari suatu karangan yang panjang. Letak perbedaannya yaitu ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu sendiri, jadi terserah pada yang membuat ikhtisar. Untuk mengambil inti pembuat ikhtisar bebas mengambil kata-kata, namun harus tetap menunjukan inti dari karangan atau bacaan.

Ciri- ciri ikhtisar:

  • Tidak mempertahakan urutan gagasan
  • Bebas mengkombinasikan kata-kata dengan catatan tidak boleh menyimpang dari inti.
  • Tujuannya yaitu untuk mengambil inti.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan ringkasan dan ikhtisar, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar