Ketahui Perbedaan Smartphone dan Tablet

Di era mobile seperti sekarang, banyak teknologi bermunculan. Disamping itu perangkat-perangkat canggih terus berkembang. Perangkat komputer misalnya. Dulu yang kita kenal mempunyai bentuk yang besar kini sudah berubah. Desain perangkat komputer dengan dimensi yang lebih mini mulai bermunculan. Perangkat tersebut dinamakan tablet.

Selain tablet perkembangan alat komunikasi seperti handphone kini tidak hanya berfungsi untuk telepon atau kirim pesan saja. Lebih dari itu, banyak fitur-fitur baru tertanam di dalam perangkat handphone masa kini. Perangkat tersebut dikenal dengan smartphone.

www.forbes.com
www.forbes.com

Namun tahukah kamu apa perbedaan smartphone dan tablet? Bukankah keduanya memiliki bentuk dan konsep yang sama? Penjelasan singkat berikut ini semoga bisa membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut.

Smartphone dirancang untuk digunakan di tangan dan nyaman di saku kamu. Kalau boleh dibilang perangkat ini adalah wajib semua orang. Dalam sebuah perangkat smartphone hal yang selalu diperhitungkan adalah daya tahan tinggi, dimesi kecil, ringan, baterai yang tahan lama, dan antarmuka yang digunakan lebih ke penggunaan dengan satu ibu jari.

Sedangkan tablet dirancang untuk duduk di meja atau pangkuan, untuk dibawa dalam tas (atau ransel dll). Tidak semua orang wajib dan butuh untuk memiliki tablet. Perangkat tablet sedikit lebih berat, mempunyai layar yang lebih besar, baterai lebih pendek, kurang tahan lama, dan lebih banyak menggunakan multi-touch dalam antarmukanya.

 

www.pastemagazine.com
www.pastemagazine.com

 

Perbedaan fungsional utama antara smartphone dan tablet adalah kemampuan perangkat smartphone untuk membuat panggilan telepon atau menggunakannya sebagai telepon. Perangkat smartphone lebih banyak menyediakan fitur-fitur komunikasi seperti telepon dan perpesanan, dan beberapa fitur yang masih berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.

Berbeda dengan tablet. Perangkat ini tidak mempunyai fitur telepon di dalamnya. Atau bisa untuk melakukan panggilan telepon, tetapi harus dengan menggunakan aplikasi seperti Skype. Karena mempunyai bentang layar yang lebih besar memungkinkan tablet diajak untuk menemani dalam bekerja. Fitur di dalamya juga lebih didominasi fitur-fitur produktifitas untuk membantu pekerjaan.

Dalam perkembangan kedua perangkat ini, banyak fitur-fitur baru yang ditambahkan pada keduanya. Persilangan diantara keduanya menjadikan perangkat yang lebih canggih. Perangkat inilah yang sekarang dikenal dengan phabet.

Tinggalkan komentar