Peredaran Darah Besar Dan Kecil Terhadap Tubuh Manusia

PEREDARAN DARAH BESAR DAN KECIL – Peredaran darah pada tubuh manusia dibedakan menjadi dua yaitu peredaran darah kecil dan besar, sehingga manusia bisa terus dialirkan darah dikarenakan darah memiliki fungsi untuk tubuh manusia.

Di waktu serambi jantung mengembang, darah yang asalnya dari pembuluh bilik akan masuk ke dalam jantung. Jika kedua serambi tidak mengembanga atau menguncup, darah akan mengarah ke bilik.

Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Peredaran Darah Besar Dan Kecil
peredarandarah12.blogspot.com

Disaat kedua bilik menguncup, darah akan keluar melalui jantung menuju ke pembulu nadi yang menyalurkan darah ke seluruh area tubuh dan paru-paru.

Darah yang mengalir keseluruh tubuh yang pada akhirnya kembali lagi ke jantung melalui pembuluh balik. Darah dari sekujur tubuh mengalir ke jantung lewat serambi kanan dan selanjutnya ke bilik kanan.

Darah yang dari bilik kanan akan mengalir ke paru-paru, setelah mengikat darah, oksigen dan paru-paru mengalir kembali pada seluruh tubuh.

Dengan seperti itu peredaran darah terhadap tubuh manusia bisa disebut dengan peredaran darah ganda atau peredaran darah rangkap. Untuk peredaran darah rangkap atau ganda dibedakan menjadi peredaran darah besar dan kecil.

Sistem Peredaran Darah Besar

Peredaran Darah Besar Dan Kecil
treeasjayapbb14.blogspot.com

Pada proses peredaran darah besar dimulai dari jantung bilik kiri yang mengeluarkan darah yang memiliki kandungan oksigen guna diberikan kepada oarta. Oarta bakal menyalurkan darah ke dalam arteri bagian atas dan bawah.

Pada bagian ini, jantung akan mempompa lebih keras untuk memberi tekanan yang lebih pada darah, tekanan ini memdapatkan bantuan dari denyutan otot arteri yang terjadi sepanjang peredaran darah pada saluran darah.

Setelah darah mengerjakan tugasnya mendistribusikan oksigen terhadap seluruh organ pada tubuh dengan sangat baik, darah bakal masuk ke dalam arteriol untuk menuju ke pembulu kapiler.

Darah yang mengandung oksigen pada pembuluh kapiler ini akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida, setelah itu darah akan masuk kesaluran venul dan mengalir pada vena. Vena bagian bawah dan atas akan menyatu di vena cava guna memasuki ke serambi kanan dan lanjut mengalir menuju bilik kanan dengan melewati katup trikuspida, sedangkan karbon dioksida yang dari sel menyebar pada darah.

Ini tukar menukar gas berlangsung dengan adanya bantuan kapiler kecil yang beredar pada sel-sel tubuh. Peredaran darah besar: jantung (bilik kiri) aorta menuju pembuluh nadi dan dilanjutkan ke pembuluh kapiler lanjut lagi ke pembuluh balik sampai akhirnya ke jantung (serambi kanan).

Sistem Peredaran Darah Kecil

Peredaran Darah Besar Dan Kecil
treeasjayapbb14.blogspot.com

Perjalanan pada sistem peredaran darah kecil, bermula dari bilik kanan jantung dan akan mengeluarkan darah lewat arteri pulmomal yang mempunyai cabang dengan nama arteriol, pembuluh arteriol ini adalah penghubung antara pembuluh kapiler pada paru-paru.

Darah yang mengalir lewat pembuluh menuju jantung, sesampainya di jantung selanjutnya jantung akan mengeluarkan karbondioksida dalam bentuk udara dan kembali menghirup udara yang mengandung oksigen.

ksigen yang dihirup paru-paru akan disalurkan ke vena pulmonal untuk dialirkan lagi ke derambi kiri dan menuju bilik kiri dengan melewati jalur katup biksuspida, untuk kembali menjalani sestem peredaran darah besar.

Tinggalkan komentar