Penjelasan Singkat Mengenai Peredaran Darah Besar

PEREDARAN DARAH BESARĀ – Semua hal sudah mengetahuinya bahwasanya fungsi utama dari sistem sirkulasi yaitu untuk memberikan oksigen dan nutrisi ke beberapa bagian tubuh melalui darah yang beredar melalui pembuluh arteri dan darah. Arteri membawa darah yang mengandung oksigen dari jantung ke jaringan dan sel.

Sementara vena bertugas untuk mengembalikan darah mengurangi oksigen dari jaringan dan darah bisa diklasifikasikan ke dalam dua kategori – sirkulasi paru-paru dan sirkulasi sitematik.

Sirkulasi Sitematik / Peredaran Darah Besar

peredaran darah besar
ilmuppengetahuan.org

Sirkulasi sistematik sebenarnya loop mulai dari jantung dan menyalurkannya ke semua bagian tubuh yang bekerja berbeda dengan sirkulasi paru-paru. Di dalam sirkulasi sistematik, arteri bertugas untuk mengumpulkan darah yang mengandung banyak oksigen dari jantung untuk diangkut ke jaringan tubuh.

Di dalam proses ini, oksigen dari darah atau lebih tepatnya sel-sel darah merah, eritrosit yang disebarkan ke dalam sel-sel tubuh, sementara karbondioksida dari sel menyebar di dalam darah. Ini pertukaran gas berlangsung dengan bantuan kapiler kecil yang dikelilingi sel-sel tubuh.

Secara lengkap sistem peredaran darah besar bisa dijelaskan yaitu sebagai berikut. Dari atrium kiri darah yang banyak kandungan oksigen mengalir ke ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis. Kontraksi ventrikel mengakibatkan katup aorta membuka. Pada aorta ada beberapa arteri yang keluar langsung ke seluruh tubuh dan permukaan jantung.

Ateri ini menuju ke beberapa arteriol yang kemudian membawa darah yang banyak kandungan oksigen ke kapiler seluruh tubuh, pada pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran, ialah oksigen dari darah akan berdfusi masuk ke jaringan serta karbon dioksida dari jaringan akan berdifusi masuk ke dalam darah, kemudian darah akan menuju venula serta pada akhirnya menuju ke vena cava.

Darah dari organ tubuh ada di bawah jantung akan menuju ke vena cava inferior, sementara darah dari organ yang berada di atas jantung akan mengalir menuju ke vena cava superior, kedua vena besar itu akan berakhr di atrium kanandengan membawa darah yang banyak kandungan karbondioksida.

Di samping itu, di aorta ada arteri yang keluar langsung ke permukaan jantung. Arteri ini menuju beberapa arteriol, yang kemudian memberikan darah ke kapiler menuju ke semua bagian jantung. Beberapa kapiler ini disaring oleh venule yang menuju ke vena koroner (vena dari jantung dan ke jantung) yang berakhir ke atrium kanan.

Sekian penjelasan singkat mengenai peredaran darah besar. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar