5 Tahap Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan Keluarga

Ada sebagian diantara kita yang sulit sekali mengatur keuangan. Seberapapun penghasilannya seperti tidak pernah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, padahal jika dihitung ulang penghasilan yang ia dapat sudah semestinya cukup kebutuhan keluarga.

Sebabnya karena mungkin saja ia tidak perhatian kemana dan untuk apa uang tersebut ia habiskan, sehingga ada pengeluaran yang semestinya ditahan dulu untuk beberapa waktu.

Jika sudah seperti ini kita harus belajar tentang perencanaan keuangan keluarga, agarĀ  penghasilan yang kita dapat bisa tepat guna dalam pemanfaatannya.

Berikut ini tahapan dalam perencanaan keuangan keluarga yang bisa kamu terapkan.

Tahap 1; Tujuan yang jelas

Agar perencanaan keuangan kamu berjalan lancar, kamu kudu memikirkan terlebih dahulu tujuan kamu merencanakan keuangan keluarga. Tujuan tersebut bisa berupa tujuan jangka pendek atau bisa juga tujuan jangka panjang.

Misalnya, pensiun dini dengan pemasukan yang bisa mencukupi keluarga, memberikan pendidikan terbaik untuk anak, melunasi angsuran properti sesegera mungkin, membelikan properti untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Tulislah tujuan tersebut dalam sebuah kertas kemudian tempel di dinding agar kamu selalu termotivasi untuk mencapainya.

Tahap 2; Menganalisa situasi saat ini

Ada baiknya kamu menganalisa kehidupan keluarga kamu, agar kamu punya gambaran untuk memutuskan bagaimana keuangan kamu akan dimanfaatkan selanjutnya. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang belum dibutuhkan.

peencanaan kuangan
www.articlespace.org

Tahap 3; Satukan semua rencana

Kamu perlu mengsinkronkan rencana keuangan yang sudah kamu buat tersebut, buat prioritas rencana mana yang ingin direalisasikan terlebih dahulu. Jangan terlalu banyak membuat rencana karena malah nanti bisa membebani keluarga kamu.

Tahap 4; Mengubah rencana menjadi kenyataan

Setelah kamu menentukan prioritas yang akan direalisasikan terlebih dahulu, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan rencana tersebut. Semakin lama pelaksanaan rencana ini, semakin banyak hal yang akan mengganggu dan menimbulkan efek buruk pada rencana kamu.

Tahap 5; Mengkaji ulang perencanaan keluarga secara berkala

Setiap rencana musti di evalusi, karena tidak setiap rencana yang kita buat berjalan sesuai dengan harapan. Kamu bisa menggunakan strageti lain jika rencana sebelumnya tidak berjalan sesuai rencana kamu. Gunakan beberapa strategi jika memang itu diperlukan.

Itulah 5 tahap dalam merencanakan keuangan keluarga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar