Tahukah Kamu Perjalanan Karier Saipul Jamil?

Siapa sih yang nggak kenal Saipul Jamil. Artis yang dikenal sebagai penyanyi dangdut ini sangat hits di tanah air, khususnya ibu-ibu yang sering menonton acara kontes dangdut yang diadakan di salah satu stasiun televisi nasional.

Pria yang sangat akrab dengan panggilan Bang Ipul ini tidak serta merta memperoleh kesuksesannya. Lika-liku perjalanan di dunia hiburan hingga dunia politik telah ia lalui. Lalu, bagaimana sih perjalanan karier Bang Ipul hingga dititik kesuksesannya  ini?

Menjadi Model

jombloo.co

Mungkin, banyak orang tidak tahu bahwa Saipul Jamil pernah melakoni menjadi model. Memang, menjadi model merupakan langkah awal Saipul Jamil merintis kariernya.

Maka tidak heran banyak orang yang tidak tahu saat ia menjadi model karena pada saat itu masih belum terkenal. Namun melalui profesi sebagai model inilah Saipul Jamil mendapatkan kesempatan untuk membintangi beberapa film layar lebar.

Selain itu, ia juga membintangi beberapa acara televisi di stasiun televisi nasional. Ia juga menjajaki dunia tarik suara dengan genre dangdut.


Group Dangdut

mydunialagu.blogspot.com

Setelah menjalani berbagai macam profesi di dunia hiburan, Saipul Jamil mencoba juga terjun dalam dunia tarik suara. Aliran musik yang menjadi pilihannya adalah dangdut. Ia kemudian membentuk samacam boyband, namun alirannya dangdut.

Boyband yang beranggotaan Adi Syahrul, Eka Sapta, Dian, dan Saipul Jamil tersebut bernama G4UL. Boyband ini sempat populer di kancah perdangdutan Indonesia hingga sukses menelurkan beberapa lagu.

Namun, kesuksesan tersebut tidak dapat bertahan lama. Karena para personil G4UL memiliki kesibukan masing-masing. Saipul Jamil kemudian memutuskan untuk keluar dari G4UL dan menjalani solo kariernya.


Memutuskan Ber-solo Karier

beritagar.id

Setelah keluar dari anggota personil group dangdut G4UL, Saipul Jamil mencoba peruntukannya dengan solo karier. Namun, perjalanannya kurang meyakinkan sehingga membuat Saipul Jamil menerima berbagai tawaran.

Salah satunya adalah menjadi presenter dalam beberapa acara televisi nasional. Hal ini justru mem-brending Saipul Jamil menjadi penyanyi dangdut meskipun sudah jarang tampil sebagai penyanyi.

Karena acara yang ia bawakan merupakan acara yang bertemakan mengenai dangdut. Dari situlah Saipul Jamil semakin dikenal sebagai penyanyi dangdut dan namanya semakin dikenal oleh masyarakat secara luas.


Lebih Terkenal Karena Duet

www.youtube.com

Menyanyi memang menjadi passion Saipul Jamil. Hal ini terlihat dari usahanya untuk bisa kembali bernyanyi lagi. Meskipun ia sudah bagus kariernya sebagai presenter acara televisi yang bernuansa dangdut.

Ia memulai menekuni dunia tarik suara lagi dengan melakukan duet. Tidak ber-solo karier lagi. Pasangan duetnya pada saat itu adalah penyanyi dangdut terkenal, yaitu Ira Swara.

Lagu andalan yang mereka bawakan adalah duet sang bintang. Duet ini ditanggapi positif oleh masyarakat. Sehingga membuat pasangan duet ini meraih penghargaan SCTV Music Awards pada tahun 2006.

Kesuksesan Saipul Jamil berduet dengan Ira Swara membuat ia menjalani hal yang serupa. Kali ini Saipul Jamil berduet dengan Ussy Sulistiawaty yang notabennya pada saat itu bukan penyanyi.

Duet tersebut ternyata berhasil menyabet gelar juara “Selebriti Jam”, yaitu sebuah acara reality show yang menyandingkan artis non penyanyi dengan penyanyi.

Pada saat itu, pasangan Saipul Jamil dengan Ussy berhasil menyisihkan pasangan favorit, yaitu Ivan Gunawan – Ian Kasela dan Surya Saputra yang dipasangkan dengan penyanyi senior Titiek Puspa.


Mencoba Peruntukannya di Dunia Politik

kapanlagi.com

Sejak era reformasi yang diikuti dengan pemilihan umum, banyak selebriti tanah air terjun di dunia politik. Hal ini juga diikuti oleh Saipul Jamil pada tahun 2008.

Saipul Jamil pada saat itu mendampingi Calon Walikota, Ruhyadi Kirtam Sanjaya untuk maju menjadi calon pemimpin Serang. Namun, pasangan duet ini tidak berhasil menjadi orang nomor satu di Serang.


Tinggalkan komentar