Perjuangan Mitsubishi PXX3, Rintisan Mobil 4WD Pertama Jepang

Mitsubishi Motors Corporation merupakan perusahaan otomotif yang memproduksi mobil-mobil kelas dunia serta berdiri pada tanggal 22 april 1970 dan bermarkas di Tokyo, Jepang. Dibalik kesuksesan Mitsubishi Motors saat ini tidak lepas dari usaha sang pendirinya, yaitu Yata Iwasaki.

Perusahaan tomotif yang belrlogo 3 berlian iniĀ  memiliki sejumlah pabrik dibeberapa negara, diantaranya adalah Jepang, Belanda, Filipina, Australia, Amerika Serikat, Thailand dan Indonesia.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kesuksesan Mitsubishi Motors Corporation bermula saat pemerintah Jepang menugaskan Mitsubishi Heavy Industries (cikal bakal lahirnya Mitsubishi Motors) untuk menciptakan kendaraan roda empat dengan empat roda penggerak dengan nama proyek PXX3 pada tahun 1934.

Mistsubishi PXX3 adalah sebuah rancangan mobil berpenumpang yang di produksi oleh Mitsubishi Heavy Industries dengan tujuan sebagai alat transportasi para militer Jepang pada tahun 1934.

Dengan lahirnya mobil tersebut, Mitsubishi Heavy Industries menjadi perusahaan pertama yang menerapkan teknologi 4WD di Jepang. Dimasa kejayaannya PXX3 didukung dengan mesin 6,7 liter Mitsubishi, 70 PS (51 kW; 69 hp) dan merupakan manjadi satu-satunya mobil yang menerapkan direct injection pada mesin diesel di Jepang.

en.wheelsage.org
en.wheelsage.org

Kisah manis PXX3 tidak berlangsung lama, pada tahun 1937 produksi mobil ini harus dihentikan oleh pemerintah Jepang karena lebih memprioritaskan pengembangan kendaraan masal dan komersil, seperti bis dna truk.

Demikianlah sejarah singkat tentang Mistubishi PXX3 yang menjadi karya prtama atau mobil pertama bagi Mitsubishi Motors Corporation. Semoga Reportase ini bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar