12 Ciri Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Sehat

Kamu pasti bakal senang banget melihat bayi usia 4 bulan yang tumbuh dan berkembang dan baik. Apalagi kalau pipi bayi itu tembem. Pasti inginnya tuh pipi pasti di-sun dan dijawil melulu.

Saat bayi umur 4 bulan, mulai kelihatan lucunya. Karena bayi sudah bisa memberikan respon, baik dengan tertawa, tersenyum, sampai mulai berceloteh sendiri.

Nah, kalau kamu ingin tahu apakah ciri perkembangan bayi 4 bulan yang sehat, kamu bisa simak tanda-tandanya di bawah ini.

 

Berat Badan Bayi Naik Dua Kali Lipat

bayibayibayi.blogspot.com
bayibayibayi.blogspot.com

Saat bayi berumur empat bulan, kenaikan berat badan bisa dua kali lipat dari waktu lahir. Jadi misalkan di waktu lahir bayi ini bobotnya 3 kg, maka ketika usia 4 bulan mungkin bobotnya sudah tambah jadi 6 kg. Nah, kalau sudah begitu berarti bayinya sehat dan tidak ada yang perlu kamu khawatirkan.

Mulai Ada Tanda Gigi Mau Tumbuh

Menguatkan Sistem Kekebalan Bayi
thenaturalgroup.co.uk

Memang kebanyakan bayi mulai tumbuh gigi saat usia delapan bulan, tapi saat usia 4 bulan mulai da tanda-tanda kalau bayi ini mau tumbuh giginya. Cirinya seperti mulai ngiler dan terjadi ruam pada wajah yang disebabkan karena air liur. Terus, bayi mulai suka menggigit baju atau apapun yang bisa dijangkau. Aktivitas ini dilakukan untuk mengurangi rasa gatal yang ada pada gusi. Nah, kalau melihat bayimu seperti ini, bersyukurlah, Karena berarti pertumbuhan bayi sehat dan normal.

Mengambil Benda di Dekatnya

cosmomom.net
cosmomom.net

Kemampuan motorik bayi mulai meningkat saat berumur 4 bulan. Biasanya kalau ada benda apapun, ia akan berusaha menggapainya. Misalkan ada boneka, mainan atau yang lainnya. Bayi juga senang melihat obyek yang warna-warni. Karena itu kadang di usia ini, bayi dibelikan mainan gantung yang berwarna-warni dan bisa berputar.

Sudah Mulai Kuat Menahan Leher dan Kepala

Setelah Mandi
Pixaby.com

Saat bayi berusia 4 bulan, biasanya sudah bisa menahan berat kepala dan leher ketika sedang tengkurap. Jadi tidak seperti sebelumnya yang susah untuk menahan berat kepala.

Sudah Bisa Menendang

gigisusu.net
gigisusu.net

Perkembangan bayi usia 4 bulan yang baik juga ditandai dengan kemampuan untuk menendang. Jadi jangan kaget misalkan kamu sedang tidur dan tiba-tiba merasakan tendangan dari bayi yang ada di sampingmu.

Sudah Bisa Tidur Semalaman

merries.co.id
merries.co.id

Kalau bulan-bulan sebelumnya biasanya kamu sering begadang untuk menemani bayi yang kerap terbangun di malam hari, maka saat usia 4 bulan biasanya sudah agak berkurang. Karena bayi biasanya sudah bisa nyenyak tidur semalaman. Plus juga tidur saat siang hari. Saat usia 4 bulan ini, waktu tidur bayi dalam sehari sekitar 15 jam.

Tertawa

bambinaku.com
bambinaku.com

Ahaa… duh lucunya! Kamu pasti sangat senang melihatnya tertawa. Bayi usia 4 bulan sudah bisa tertawa sebagai caranya dalam berkomunikasi.

Tersenyum

Cute
boredpanda.com

Ekspresi lainnya yang juga muncul pada bayi usia 4 bulan seperti tersenyum karena senang. Kalau sudah tersenyum seperti ini, rasanya pasti kamu sangat bahagia.

Cemberut

khususkebidanan.com
khususkebidanan.com

Atau bisa juga bayi ini bermuka cemberut kalau sedang kesal. Tapi meski begitu, kamu pasti akan senang melihat ekspresi si kecil ini.

Pandangan Lebih Tajam

facewall.web.id
facewall.web.id

Di usia 4 bulan, bayi sudah bisa membedakan warna. Mana warna yang cerah dan mana yang hitam-putih. Biasanya mereka suka warna yang cerah. Oleh karenanya di dekat ranjang bayi, sebaiknya beri dengan mainan atau apapun yang berwarna cerah.

Mata Bayi Mengikuti

http://cutebabywallpapers.com/
http://cutebabywallpapers.com/

Mata bayi sudah mampu mengikuti gerakan. Misalkan saja kamu keluar-masuk kamar, coba sambil perhatikan, mata bayi akan mengikuti gerakanmu.

Mencoba Berguling

Tertidur di Atas Tangan
Pixaby.com

Biasanya pada usia 4 bulan bayi sudah mulai berusaha untuk berguling. Bayi senang melakukannya. Tapi kamu harus terus awasi dan kamu tidak boleh memaksanya untuk berguling. Biarkan dia melakukannya sendiri. Atau kamu juga bisa coba rangsang dengan letakkan mainan favorit di dekatnya dan lihat bagaimana caranya untuk mendapatkan mainan itu.

2 pemikiran pada “12 Ciri Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Sehat”

Tinggalkan komentar