Perkembangan Masjidil Haram dari Masa ke Masa

Pada tanggal 11 September 2015, sebuah proyek raksasa pembangunan Masjidil Haram menyedot perhatian masyarakat dunia, terutama kaum muslim di dunia. Bagaimana tidak, proyek raksasa ini memakan korban jiwa yang diakibatkan oleh sebuah derek raksasa (crane) jatuh dan menimpa ratusan jama’ah haji. Lebih dari 100 jamaah haji wafat di tanah suci.

Proyek yang sedang dikerjakan tersebut bertujuan untuk memperluas kompleks Masjidil Haram di Mekkah. Ini adalah bentuk usaha otoritas Kerajaan Arab Saudi agar bangunan yang di dalamnya terdapat Kabah tersebut bisa menampung lebih banyak jamaah haji.

Sebuah peninggalan penting Nabi Ibrahim ini setiap tahun dikunjungi oleh umat Islam di dunia untuk melakukan thawaf, yaitu mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali.

Agar tempat suci umat Muslim ini bisa dikunjungi dan bisa menampung lebih banyak lagi umat Musim untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima, maka Kerajaan Arab Saudi terus memperbaiki tempat ini. Lantas, seperti apa bentuk kompleks Masjidil Haram dari tahun 1950-an hingga sekarang?

 

Suasana Ibadah Haji di Tahun 1951

dream.co.id
dream.co.id

Terlihat sangat berbeda bangunan di kompleks Masjidil Haram saat ini dibandingkan dengan tahun 1951. Meskipun, kalau dibandingkan dengan bangunan zaman dulu, ini sudah jauh lebih baik.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 1953

dream.co.id
dream.co.id

Terlihat masih belum terlalu banyak orang yang berada di Masjidil Haram. Sehingga suasananya tidak seperti sekarang yang selalu berdesak-desakan saat melakukan Thawaf. Meskipun area kompleks Masjidil Haram saat ini jauh lebih luas dibandingkan dengan tahun 1953, tetapi masih saja belum cukup untuk menampung jamaah haji. Oleh karena itu, Masjidil Haram selalu ada renovasi untuk bisa menampung jumlah jamaah haji.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 1954

dream.co.id
dream.co.id

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara bangunan Masjidil Haram pada tahun 1953 dengan bangunan Masjidil haram pada tahun 1954. Mungkin, karena jaraknya hanya satu tahun. Sehingga, tidak ada perbedaan yang signifikan.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 1988

dream.co.id
dream.co.id

Nah, pada tahun 1988, bangunan kompleks Masjidil Haram jauh berbeda dengan bangunan pada tahun 1954. Terlihat sangat jelas pada gambar bahwa bangunan Masjidil Haram pada tahun 1988 sudah bertingkat-tingkat. Sedangkan, bangunan Masjidil haram pada tahun 1954 masih belum bertingkat-tingkat. Selain itu, jumlah orang yang melaksanakan rukun Islam yang kelima ini juga terlihat semakin banyak. Meskipun area kompleks Masjidil Haram sudah jauh lebih luas dibandingkan tahun 1954, namun terlihat sangat jelas bahwa mulai ada desak-desakan antar jamaah haji.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 1990

dream.co.id
dream.co.id

Sama halnya dengan gambar Masjidil Haram pada tahun 1988. Hampir tidak ada perubahan yang signifikan antara Masjidil Haram pada tahun 1988 dengan Masjidil Haram pada tahun 1990. Mungkin, karena jaraknya hanya terpaut 2 tahun saja sehingga belum ada perubahan yang signifikan.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2006

dream.co.id
dream.co.id

Perubahan yang terlihat pada Masjidil Haram pada gambar sebelumnya, yaitu pada tahun 1990 dengan gambar Masjidil Haram pada tahun 2006 ini adalah area kompleks Masjidil haram jauh lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, para jamaah juga terlihat jauh lebih tertib, selain tertib dalam melakukan ibadah, juga pakaiannya juga lebih teratur dibandingkan yang sebelumnya. Mungkin, karena masanya sudah jauh lebih modern daripada sebelumnya.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2009

dream.co.id
dream.co.id

Terlihat dari kejauhan para jamaah haji seperti semut yang sedang berkerumunan. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang melaksanakan haji lebih banyak dari sebelumnya. Biasanya, desak-desakan pun sering terjadi pada saat melakukan thawaf. Oleh karena itu, Kerajaan Arab Saudi selalu berusaha untuk memperluas area kompleks Masjidil Haram agar tidak terjadi desak-desakan.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2010

dream.co.id
dream.co.id

Meskipun pihak kerajaan selalu merenovasi kompleks Masjidil Haram, kebutuhan umat Muslin di seluruh dunia untuk melakukan rukun Islam yang kelima ini belum bisa ditampung seluruhnya. Masih banyak antrian panjang yang terjadi di masing-masing negara untuk melaksanakan haji.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2012

dream.co.id
dream.co.id

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2010, tidak ada perubahan yang signifikan antara Masjidil Haram pada tahun 2010 dengan Masjidil Haram pada tahun 2012.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2013

dream.co.id
dream.co.id

..

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2014

dream.co.id
dream.co.id

Dalam gambar yang diambil pada tahun 2013 ini, terlihat jamaah melakukan tawaf di lantai atas komleks Masjidil Haram. Hal ini menunjukkan bahwa kompleks Masjidil Haram sudah bisa menampung lebih banyak lagi jamaah haji.

Suasana Ibadah Haji di Tahun 2015

dream.co.id
dream.co.id

Terlihat beberapa tingkat di kawasan Masjidil Haram dipenuhi oleh para jamaah haji. Meskipun sudah bertingkat-tingkat, kebutuhan umat Muslim masih jauh dari kata terpenuhi untuk bisa melakukan ibadah. Sehingga, Kerajaan Arab Saudi terlus melakukan pembenahan pada komleks Masjidil Haram ini. Dan hingga kini pembenahan tersebut masih belum selesai.

Tinggalkan komentar