Daftar Perlengkapan yang Mesti Dibawa Ketika Melaksanakan Ibadah Umroh

Umroh adalah perjalanan religi yang selalu di damba Рdambakan oleh semua umat Islam selain perjalanan haji. Banyak umat Islam yang merelakan sebagian rejekinya untuk menjalankan kunjungan religi ke kota Рkota suci di daerah Mekkah dan Madinah.

Umroh sendiri memiliki definisi haji kecil karena serangkaian acara yang dilaksanakan pada saat umroh hampir sama dengan kegiatan yang dilaksanakan pada saat haji namun tidak ada kegiatan Wukuf dan melempar Jumrah pada saat ibadah umroh.

Berbeda dengan haji yang hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, umroh bisa dilakukan setiap bulannya dalam setahun. Walaupun begitu perlengkapan yang digunakan pada saat umroh juga sama – sama perlu diperhatikan agar dapat beribadah secara khusuk.

Berikut adalah beberapa perlengkapan umroh yang harus dibawa pada saat kamu melaksanakan ibadah umroh. Pada umumnya perlengkapan akan dibagi menjadi 2 tas. Tas yang dimaksud adalah 1 tas besar yang akan ditaruh bagasi pesawat dan tas kecil yang akan kamu bawa dikabin pesawat.

 

tas perlengkapan umroh
http://travelumrohbiayamurah.weebly.com/

Perlengkapan tas besar:

  • Jamaah laki – laki
    1. Kain Ihram
    2. Perlengkapan sholat
    3. Peralatan mandi
    4. Pakaian ganti ( disarankan yang sopan, menutup aurat, dan berwarna putih)
    5. Sarung
    6. Pakaian ganti untuk tidur
    7. Pakaian dalam
    8. Jaket (gunakan bahan yang nyaman agar badan tetap bisa menyesuaikan dengan cuaca yang ekstrim)
    9. Sandal dan kaos kaki
    10. Tas kecil untuk alas kaki
    11. Obat – obatan pribadi
  • Jamaah perempuan
    1. Bergo seragam
    2. Perlengkapan sholat (mukena)
    3. Peralatan mandi
    4. Pakaian ganti ( disarankan yang sopan, menutup aurat, dan berwarna putih) dapat berupa gamis atau menggunakan kemeja – rok panjang.
    5. Pakaian ganti untuk tidur
    6. Pakaian dalam
    7. Jaket atau sweater
    8. Sandal dan kaos kaki
    9. Tas kecil untuk alas kaki
    10. Obat – obatan pribadi

Sedangkan untuk tas kecil yang dapat dibawa dikabin, Jamaah laki – laki dan wanita dapat membawa perlengkapan yang sama yaitu buku bacaan doa, Al-Quran, dompet, alat sholat, alat mandi, sandal, obat – obatan pribadi, hand phone, mungkin jika diperlukan bawalah lotion dan madu.

Demikianlah beberapa perlengkapan umroh yang dapat kamu persiapan sebelum keberangkatan dalam beribadah umroh. Semoga bermanfaat.