Inilah Penampakan Perpustakaan Paling Indah di Dunia

Perpustakaan bukan sekedar tempat untuk menyimpan buku, perpustakaan merupakan tempat bersejarah tersimpan berbagi fakta sejarah. Di setiap negara yang memiliki perpustakaan nasional pasti merawat perpustakaan tersebut dengan baik, karena mengandung nilai-nilai sejarah di dalamnya. Oleh karena itulah perpustakaan akan tertata dengan indah dan rapi.

Berbicara tentang keindahan ada salah satu perpustakaan yang dinobatkan sebagai perpustakaan terindah di dunia. Perpustakaan Klementium dinobatkan sebagai perpustakaan terbaik setelah mendapatkan suara terbanyak di kalangan para pembaca dari seluruh dunia.

Bagi kamu yang belum pernah tahu tentang namanya, Klementium adalah sebuah kompleks bangunan bersejarah yang berada di Praha, Republik Ceko. Di dalam kawasan tersebut juga terdapat sebuah Universitas Nasional dan perpustakaan megah yang saat ini dijadikan perpustakaan nasional Ceko. Berikut kumpulan gambar dari perpustakaan terindah di dunia.

 

Bagian Langit-langit yang Indah

Perpustakaan Klementium
boredpanda.com

Lukisan-lukisan indah yang berada pada bagian langit-langit perpustakaan ini dilukis oleh Jan Hiebl. Sungguh merupakan sebuah karya yang sangat menakjubkan, rasanya sangat pantas perpustakaan ini dijadikan sebagai perpustakaan terindah di dunia.

Lukisan pada langit-langit menceritakan tentang kehidupan zaman dahulu yang sedang melakukan diskusi dan berberapa kegiatan lainnya.

Desain Klasik Perpustakaan Klementium

Klementium
boredpanda.com

Arsitektur bangunan perpustakaan ini memiliki gaya klasik pada era Baroque, pada era inilah gaya arsitektur klasik mulai populer yakni sekitar tahun 1600 sampai 1760 silam. Kemegahan dari perpustakaan ini masih terawat dengan baik sampai saat ini. Setiap detail dari perpustakaan ini masih sama seperti awal pembuatannya.

Ribuan Buku Kuno

Perpustakaan di Praha, Republik Ceko
boredpanda.com

Selain arsitektur klasik yang menawan, perpustakaan ini juga menyimpan ribuan buku. Buku-buku kuno sampai yang modern lengkap tersedia di perpustakaan ini. Sejumlah buku di perpustakaan ini merupakan bagian dari Biblioteca Nationalis, sumber bacaan yang dianggap sebagai harta literatur Ceko.

Ada beberapa buku tentang sejarah yang langka di perpustakaan ini, beberapa buku tersebut dikirim ke google untuk pemindaian yang kemudian dijadikan buku digital.

Kemegahan perpustakaan Klementium

Bagian Langit-langit Klementium
boredpanda.com

Kemegahan dan interiornya perpustakaan Klementinum yang begitu memukau membuat perpustakaan ini ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005 lalu.

Rasanya memang pantas perpustakaan ini mendapatkan penghargaan tersebut, sebagai bangunan kuno yang masih mempertahankan desain klasik masih bisa berdiri megah sampai saat ini. Bahkan kemegahan bangunan ini mengalahkan bangunan modern yang ada di sekitarnya.

Pertama Dibuka Tahun 1722

Interior Perpustakaan Klementium
boredpanda.com

Perpustakaan Klementinum pertama kali dibuka sebagai bagian dari Jesuit University sekitar tahun 17 22. Sampai saat ini Klementium masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

Perpustakaan ini dijadikan sebagai perpustakaan nasional Republik Ceko yang di dalamnya terdapat lebih dari 20 ribu buku. Sungguh perpustakaan yang luar biasa. Kalau boleh dibilang mungkin inilah perpustakaan yang menyimpan banyak sumber ilmu dari masa lampau.

Ribuan Buku Tertata dengan Rapi

Rak Perpustakaan Klementinum
boredpanda.com

Bila di beberapa perpustakaan sebagian bukunya berantakan dan tidak terurus dengan baik, kamu tidak akan menjumpai hal tersebut di perpustakaan ini. Semua buku yang ada di perpustakaan ini tersusun rapi di rak buku.

Setiap buku disusun berdasarkan kategori buku dalam satu rak yang sama. Sehingga akan memudahkan pengunjung untuk mencari bidang yang disukai.

 

Kemegahan Perpustakaan Klementinum

Ruangan di Perpustakaan Klementium
boredpanda.com

Perpustakaan ini tersembunyi di dalam Klementinum, kompleks bangunan dengan nilai sejarah tinggi yang jadi kebanggaan warga Praha. Klementinum Library dibuka pada tahun 1722 sebagai bagian dari Jesuit University.

Tinggalkan komentar