6 Pertanda Persahabatan Kalian Mulai Renggang

Selain saudara dan kekasih, sahabat adalah orang terdekat yang paling mengerti tentang diri kita. Tempat kita berbagai kesenangan, tempat kita saling menanggung kesusahan.

Bahkan sahabat yang sejati, tidak terbatas pada waktu hingga sisa umur di hari tua.

Namun, tidak semua sahabat akan bertahan lama. Sebagaimana layaknya hubungan manusia yang fluktuatif, hubungan kita dengan sahabat juga naik turun atau bahkan terputus selamanya.

Tentu kamu tidak ingin hubungan persahabatan yang sudah terjalin cukup lama putus begitu saja buka? Maka itu, bagi kamu yang ingin mempertahankan jalinan baik dengan sahabat karibmu, kenali tanda-tanda ketika persahabatan mulai renggang.

Tidak Mengetahui Perkembangan Kehidupan Sahabat

pinguinshowtime

Sahabat adalah orang yang biasanya mengetahui paling awal tentang perkembangan kehidupan kita. Ketika kita mengalami hal baik ataupun buruk, tak akan lama berita itu akan sampai kepada sahabat karib kita.

Namun, sebaliknya jika kamu adalah orang terakhir yang mengetahui tentang perkembangan kehidupan sahabat, boleh jadi ini menjadi tanda kerenggangan hubungan kalian.

Entah sahabat sudah tidak merasa nyaman lagi dengan dirimu sehingga tak perlu menyampaikan berita tentang dirinya. Atau memang kita yang tak lagi menjadi orang spesial di mata sahabat kita.

Tentu saja kita harus introspeksi diri, mungkin selama ini akumulasi perkataan dan perbuatan kita tak menyenangkan baginya.

Kebiasaanmu yang Menyebalkan

uaranews.com

Persahabatan yang sudah terjalin lama, tentu saja sudah saling memaklumi tentang kebiasaan masing-masing. Kebiasaan sahabatmu boleh jadi amat menyebalkan bagi orang lain, tapi bagi kamu kebiasaan itu sudah dianggap angin lalu saja.

Namun, ketika kamu atau sahabat mulai merasa risih dan sebal dengan kebiasaan itu, bisa jadi itulah awal kerenggangan hubungan kalian.

Bukan hanya kebiasaan buruk saja, bahkan banyak tindakan sahabat yang kita atau ia salahkan. Itu karena ada rasa sensistif yang bersumber dari ketidaksukaan personal.

Saling Menyalahkan

myindischool.com

Ketika kita dan sahabat saling menjalani aktivitas bersama, tentu saja pasti akan ada masalah yang kadang menerpa.

Jika dulu persoalan itu dipecahkan bersama dan saling menguatkan, namun seiring kerenggangan persahabatan, justru persoalan itu menjadi ajang saling menyalahkan antar mereka.

Kritik Berlebihan

brilio.net

Kritik dan nasehat adalah bagian tak terpisahkan dari persahabatan. Tentunya kritik itu adalah kritik membangun karena sahabat ingin kita hidup lebih baik lagi.

Namun, ketika sahabat mulai melancarkan kritik yang menjatuhkan atau bahkan menyerang, artinya mulai ada ketidaksukaan personal yang akan berujung kerenggangan persahabatan.

Tak Lagi Menyenangkan

basmalauniversitasbakrie.wordpress.co

Sahabat adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu dalam keceriaan. Entah itu sekedar nongkrong, atau jalan-jalan bersama.

Ketika kamu atau sahabat mulai tidak merasa senang lagi saat berkumpul, kamu perlu khawatir itu menjadi pertanda kerenggangan persahabatan kalian.

Bisa jadi ketidaknyamanan itu berasal dari dirimu sendiri yang punya banyak masalah pribadi, atau karena acara berkumpul yang terlalu membosankan.

Jarang atau Tak Ada Lagi Kontak dengan Sahabat

gambargambar.co

Ini adalah pertanda yang paling jelas mengarah pada kerenggangan persahabatan. Sahabat yang sudah terpisah dan tidak lagi ada kontak, akan mengarah pada terputusnya jalinan persahabatan.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, hubungi kembali kawan-kawanmu yang sudah lost contact agar jalinan persahabatan tetap terjaga.

Tinggalkan komentar