Persahabatan Tak Akan Ada Tanpa Kepercayaan, Kepercayaan Tak Akan Ada Tanpa Kejujuran

Memilih sahabat yang baik merupakan salah satu obat hati. Kita pernah mendendangkannya dalam lagu ‘tombo ati’, tapi bagaimana sahabat sejati itu? “Sahabat sejati adalah dua orang teman yang dipertemukan oleh masa dan mengalami pahit getirnya hidup bersama-sama sehingga menjadi akrab”.

“Nilai suatu persahabatan sebenarnya di lihat dari ketulusan hati dan kesediaan mau berkorban bagi orang lain. Sahabat sejati adalah orang yang mau mendengar dan mengerti ketika kamu mengungkapkan perasaanmu yang paling dalam”

Bersahabatlah dengan sahabat yang jujur, sebab engkau akan berada disisi mereka, mereka hiasan ketika delam kesenangan dan menjadi bekal saat ada bencana. Dudukkan urusan temanmu sesuai dengan kebaikan-kebaikannya. Hindarilah musuhmu serta berhati-hatilah terhadap temanmu kecuali yang terpercaya. Janganlah kamu bergaul dengan orang jahat, dikhawatirkan kamu akan belajar pada kejelekannya.

Ada pendapat yang mengemukakan enam manfaat bergaul dengan orang-orang baik :
1. Dapat mengubah diri kita dari ragu-ragu menjadi yakin dan percaya diri.
2. Dari riya’ menjadi ikhlas
3. Dari lalai menjadi ingat
4. Dari cinta dunia menjadi cinta akhirat
5. Dari sombong menjadi rendah hati
6. Dari buruk perangai menjadi orang yang mau menerima nasihat.

Albert Einstein menulis, “Seseorang yang sukses adalah orang yang menerima banyak hal dari orang lain, biasanya lebih banyak dibandingkan dengan apa yang ia berikan kepada orang lain. Dan nilai seseorang seharusnya dilihat dari apa yang ia berikan, dan bukan dari apa yang ia terima.” Sementara pendapat lain menyatakan, “Takdir yang menentukan siapa orang tua kita, tetapi diri kitalah yang memilih dan menentukan siapa teman kita.”

Hukum persahabatan; sebuah persahabatan tak mungkin ada tanpa kepercayaan dan kepercayaan tak mungkin ada tanpa kejujuran. Seorang teman adalah seseorang yang memberikan kita seluruh kebebasan, tapi menuntut kita menjadi diri sendiri. Memiliki sahabat sama dengan memiliki kesempatan untuk mendapatkan seluruh kehidupan.

”Dengan menjalin persahabatan sejati, kita membangun landasan kukuh yang menjadi dasar perdamaian dunia.” Ujar Gandhi. Sedang grup musik legendaris The Beatles, “Aku bisa melalui segalanya dengan bantuan sahabat-sahabatku.” Milikilah sahabat yang baik, dan jadilah sahabat yang baik.

Tinggalkan komentar