7 Persiapan Wajib Agar Tamasya Keluarga Makin Mengasyikkan

Liburan ke wahana permainan? Sudah biasa, apalagi sekedar belanja di mall dan makan-makan. Nah, pilihan mengasyikkan bagi liburan keluarga adalah tamasya bersama di ruang terbuka.

Agar tamasya kamu lebih seru dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang penting untuk kamu persiapkan.

Memilih Lokasi Tamasya

ellatour01.blogspot.com

Jika kamu tamasya mengajak anak yang masih kecil, tentu memilih tempat tamasya tidak bisa sembarangan. Pilihlah kebun yang tidak terlalu tinggi atau tidak ada jurangnya. Atau jika ke pantai lebih baik memilih pantai yang ombaknya tak besar.

Namun tentunya tetap dengan kriteria keindahan dan keasrian lokasi. Di zaman informasi ini tentu tak sulit mencari lokasi yang ideal. Tanpa harus survey terlebih dahulu, cari saja review dari orang-orang yang pernah berkunjung di suatu tempat.

Menentukan Peserta Tamasya

trevelsia.com

Kalau memang dalam rangka liburan keluarga, lebih baik untuk mengajak keluarga besar untuk ikut tamasya seperti kakek, nenek, om, tante, dan sepupu. Lebih seru untuk mengajak teman sebaya agar lebih nyambung ngobrolnya.

Memantau Perkiraan Cuaca

youtube.com

Nggak pengen kan kalau tamasya di ruang terbuka terus kehujanan di lokasi. Soalnya tamasya kan bukan camping yang sudah siap sedia dengan tenda. Apalagi kalau di sekitar lokasi jauh dari bangunan tempat berteduh, pasti tambah kesel!

Oleh karenanya, sebelum berangkat jangan lupa melihat perkiraan cuaca di gadget kamu. Ada baiknya kamu mengecek sehari sebelumnya dan sesaat sebelum berangkat.

Kalau ternyata cuacanya tidak baik, kamu bisa menunda di hari lain, atau paling tidak menyiapkan alat-alat untuk antisipasi.

Menu Makanan yang Pas

salmanitb.com

Selain bersantai dan bercengkrama dengan keluarga, hal wajib dalam tamasya tentu adalah makanan. Dengan makanan yang enak, tentu akan menambah rasa senang kita dan keluarga.

Pilihlah makanan yang kamu sukai, atau yang paling cocok untuk tamasya seperti burger, sandwich, kentang goreng, nasi goreng, makanan ringan, susu, jus buah dingin, dan lain-lain.

Semua indra kita benar-benar dibuat tamasya, lidah menyantap makanan enak, mata melihat alam indah, dan telinga mendengarkan suara burung dan semilir angin.

Menyiapkan Peralatan Tamasya

id.aliexpress.com

Walau tidak seribet camping atau hiking, tamasya juga ada perlatan yang harus disiapkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti tikar yang tak tembus air, bantal untuk alas duduk.

Untuk peralatan makanan butuh kotak dan keranjang makanan besar, juga cooler box untuk wadah minuman dingin. Peralatan wajib tentunya piring, gelas, dan sendok (paling aman bahan plastik).

Sebagai tambahan bawa juga nampan untuk menaruh makanan di atas tanah yang tidak rata. Tisu kering dan kain lap makanan. Kalau ingin cari spot bersantai dan menyendiri, bawa saja kursi lipat.

Menyusun Kegiatan Menyenangkan

tastycatering.com

Percuma dong kalau tamasya rame-rame tapi tanpa ada kegiatan bersama yang seru, kemungkinan jadi membosankan. Nah, untuk itu susun kegiatan yang pas dengan peserta peserta dan lokasi tamasya.

Buatlah game-game seru melibatkan keluarga dan teman seperti, main bola plastik, game kucing dan tikus, atau lomba meniup balon. Bagi kamu yang menyertakan anak kecil, bawa aja beberapa mainan kesukaannya agar dia tidak rewel di tengah tamasya.

Merekam Moment Spesial

smart-sensasional.blogspot.com

Hal yang paling dirindukan tentunya saat-saat bahagia bersama keluarga. Dokumentasikan kegiatan tamasyamu sebagai kenang-kenangan paling indah yang akan selalu diingat.

Mungkin semua anggota keluarga memegang gadget yang kualitas fotonya bagus. Tapi, alangkah baiknya jika yang memegang kamera satu orang saja, dan yang lain berbaur bersama.

3 pemikiran pada “7 Persiapan Wajib Agar Tamasya Keluarga Makin Mengasyikkan”

Tinggalkan komentar