6 Pesantren Terfavorit di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan wilayah paling timur dari pulau Jawa yang memiliki banyak sekali pondok pesantren. Baik pesantren modern maupun pesantren salafi. Tidak hanya di daerah perkotaan saja namun di pelosok daerah  di seluruh jawa timur memiliki pondok pesantren. Berikut beberapa contoh Pesantren yang ada di Jawa timur :

 

Pondok Pesantren Langitan

hanajavafiya.blogspot.com
hanajavafiya.blogspot.com

Pondok langitan merupakan pondok tertua di Indonesia. Pondok pesantren ini terletak di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1852 dan menempati lahan seluas 7 hektar.  Pondok pesantren ini sangat terkenal.

Pondok pesantren Lirboyo

jatim.kemenag.go.id
jatim.kemenag.go.id

Salah satu pondok pesantren terbesar di kediri adalah pondok pesantren Lirboyo. Pesantren ini berada di kecamatan Kota Kediri Jawa timur. Pondok pesantren ini memiliki ribuan siswa.

Pondok Pesantren modern Gontor

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pondok pesantren Darussalam atau lebih dikenal dengan pondok Gortor Merupakan Pondok Modern yang terkenal di Indonesia dan telah memiliki banyak cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Pondok induknya berada di kabupaten Ponorogo Jawa Timur.  Pondok Pesantren modern Gontor didirikan pada tahun 1928 oleh tiga Kiai mereka adalah  KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Imam Zarkasy. Mereka bertiga adalah tiga bersaudara yang terkenal dengan sebutan Trimurti. Ketiga Kiai ini adalah putra Kiai Santoso Anom Besari.

Pondok Pesantren Tebu Ireng

www.smatrensains.sch.id
www.smatrensains.sch.id

Tebu Ireng merupakan salah satu pondok terbesar di Kota Jombang. Pesantren tebu ireng didirikan oleh Kakek Presiden Ke empat Republik Indonesia KH. Hasyim Asy’arie. Dan menjadi lokasi pemakaman Gusdur. Pesantren ini didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari  pada tahun 1899.

Pondok Pesantren Al Khairaat

rezaramdan33.blogspot.com
rezaramdan33.blogspot.com

Pondok ini berada di Jl KH Syuhud Karangsuko Pagelarang Malang.Pondok pesantren ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi dan telah memiliki cabang kurang lebih 1800.

Pondok Pesantren Al-Falah

www.flickr.com
www.flickr.com

Pondok Pesantren Al-Falah berada di desa Karangkates kecamatan  Ploso  Kabupaten Kediri. Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Djazuli Usman yang di bantu oleh Muhammad Qomar dan didirikan pada tahun 1925.

Masih banyak lagi pesantren di Jawa Timur karena memang Jawa Timur merupakan wilayah dengan basis agama yang kuat di Indonesia. Semoga dengan banyaknya pesantren di negeri ini dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Ayo ngaji . Ayo Mondok. Pesantrenku Keren.

 

 

Tinggalkan komentar