Pesantren Mahasiswa yang Hadir Sebagai Oase Dunia Perkuliahan

Pondok Pesantren Mahasiswa atau PPM Miftahul Khoir Bandung adalah pesantren khusus mahasiswa yang berisi program pembekalan ruhiyah bagi santrinya. Pesantren ini bertempatkan di Bandung.

Santri-santrinya pun berasal dari kampus-kampus di Bandung seperti Polman, ITB, UIN Bandung, ST LIKMI, ITENAS, UPI, Unpad, Politeknik LP3I, Unikom, Unisba, STIE Ekuitas, dan Institut Manajemen Telkom. Para Santri Miftahul Khoir juga cukup heterogen. Mereka berasal dari Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

PPM Miftahul Khoir didirikan oleh KH Ahmad Umar (Alm.) dan dibantu oleh KH AF Ghozali (Alm.), KH Hasan Amirudin, dan KH Ahmad Rifa’i pada Bulan Muharram 1406 Hijriyah atau Oktober 1985. Nama pesantren ini diberikan oleh KH Choir Affandi (Alm.), yang juga pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya.

PP Miftahul Khoir berada di bawah naungan Yayasan Miftahul Khoir – Dago dan bertempat di atas tanah seluas 2064 meter persegi yang berlokasi di Jalan Tubagus Ismail VIII No. 60 Kelurahan Dago, Kec. Coblong, Bandung.

pondokmimkho.wordpress.com
pondokmimkho.wordpress.com

Waktu belajar di Miftahul Khoir ini menyesuaikan dengan kondisi para santrinya. Waktunya mulai dari setelah Maghrib sampai jam delapan malam. Kemudian setelah subuh sampai jam enam pagi. Ada tiga kelas dalam pondok ini yaitu, I’daad, Ibtida’, dan Wustho. Selain itu ada ta’lim dengan materi kajian tentang akhlaq, akidah, fiqih, ilmu bahasa arab, siroh, tasawuf, siroh, kehidupan islami praktis, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa yang mengikuti pesantren, atau ada yang menyebutnya mahasantri, mereka adalah calon menantu idaman.

Tinggalkan komentar