Mengenal Lebih Dekat Tentang Pesantren Modern

Pondok pesantren Darussalam atau yang biasa dikenal dengan nama Pondok Gontor merupakan pemrakarsa pondok modern pertama kali. Di sini modern merupakan istilah yang digunakan untuk penggunaan sistem pondok yang modern seperti misalkan tentang kedisiplinan, materi pendidikan hingga sistem yang digunakan.

Bahkan ke modernan itu bisa dilihat dari pakaian yang digunakan sehari-hari saat proses belajar. Jika biasanya santri menggunakan setelan sarung baju koko dan juga peci  namun tidak demikian dengan santri di Gontor. Mereka menggunakan setelan celana kain, baju hem serta jas dan tidak berpeci dengan gaya rambut yang seperti militer pendek pendek.

Di Indonesia kita mengenal 2 jenis pesantren, pesantren modern dan pondok pesantren salaf. Pondok modern  merupakan kebalikan dari pondok pesantren salaf . Bisa dibilang bahwa pondok pesantren modern itu adalah perkembangan dari pondok pesantren salaf.

Berikut ciri-ciri pesantren modern yang sangat khas diantaranya:

1. Penekanan pada bahasa arab percakapan

Di pondok modern penggunaan bahasa sangat diperhatikan, biasanya mereka menekankan bahasa arab dan juga bahasa inggris kepada para santri dalam berkomunikasi setiap hari.

Bahasa arab merupakan bahasa al-qur’an sehingga sudah sepatutnya dipelajari agar santri faham dengan bahasa al-qur’an dan bahasa inggris sebagai bahasa inggris yang merupakan bahasa  international sehingga sangat penting untuk bekal para santri di kemudian hari.

2. Menggunakan buku-buku literatur bahasa arab kontemporer

Buku buku yang digunakan dalam pembelajaran di pondok pesantren  bukanlah kitab kuning melainkan buku literatur  bahasa arab kontenporer. Dan digunakan sebagai bahasa sehari-sehari.

3. Memiliki sekolah formal

Jika biasanya pesantren sistem pendidikannya adalah madrasah diniyah, di pondok pesantren modern ini sudah memiliki sekolah formal di bawah dinas pendididikan ataupun Kemenag mulai dari TK, SD bahkan hingga perguruan tinggi.

4. Tidak menggunakan sistem pengajian tradisional

Sistem pembelajaran yang digunakannya juga sudah modern tidak lagi menggunakan sistem tradisional seperti sorogan, weton dan bandongan. .

Itu tadi adalah beberapa ciri ciri dari pesantren modern  dan pengertiannya, saat ini hampir disetiap wilayah memiliki pesantren modern disamping adanya pesantren salafi.

Tinggalkan komentar