Pengertian Piramida Ekologi Beserta Jenis-jenisnya Lengkap

PIRAMIDA EKOLOGI – merupakan suatu diagram yang melukiskan bagaimana faktor yang paling penting secara ekologis, seperti suatu energi, dan biomassa.

Piramida ekologi adalah suatu diagram yang melukiskan suatu faktor yang utama secara ekologis, seperti biomassa, energi, dan ukuran populasi yang sangat berbeda antara tingkat trofik di suatu ekosistem.

Secara umum, diagram ini menunjukkan tempat produsen primer atau organisme fotosintesis. Contohnya tanaman pada bagian bawah dan juga tingkat trofik paling tinggi pada bagian atas piramida.

Ukuran dari diagram ini akan terkait dengan setiap tinggi trofik melukiskan banyaknya biomassa, energi, atau jumlah individu yang akan ditemukan pada setiap tingkat trofik.

Jenis-jenis Piramida Ekologi

Piramida Ekologi

a. Piramida Jumlah

Organisme di tingkatan trofik masing-masing bisa disajikan di dalam piramida jumlah. Contohnya manusia dalam tingkat trofik pertama ini biasanya yang paling melimpah, sedangkan pada organisme di urutan trofik kedua, ketiga dan seterusnya semakin berkurang.

Bisa dikatakan bahwa kebanyakan dari komunitas normal, pada jumlah tumbuhan akan selalu lebih melimpah dari pada jenis herbivora. Demikian pula jumlah herbivora akan selalu lebih banyak dibandingkan jumlah karnivora urutan satu.

b. Piramida biomassa

Sering terlihat piramida jumlah yang sederhana kurang bisa membantu dalam menggerakkan aliran energi pada ekosistem. Penggaambaran sebenarnya yang paling realistik bisa disajikan dengan sebuah piramida biomassa. Biomassa merupakan ukuran berat materi dari hidup di suatu waktu tertentu.

Untuk mengukur suatu biomassa pada setiap tingkat trofik, harus dilihat rata-rata berat suatu organisme pada tiap tingkat juga harus di ukur. Lalu jumlah organisme dalam tiap tingkat akan diperkirakan.

Piramida biomassa ini berfungsi melukiskan perpaduan massa seluruh habitat organisme tertentu, yang akan diukur dalam gram.

c. Piramida energi

Seringkali piramida jenis energi biomassa tidak bisa selalu menyuplai informasi yang dibutuhkan tentang suatu ekosistem tertentu. Berbeda dengan piramida energi yang bisa dibuat dengan observasi yang dilakukan pada waktu yang lama. Piramida energi ini bisa memberikan lukisan paling akurat mengenai aliran energi dalam ekosistem.

Itulah pengertian piramida ekologi beserta jenis-jenisnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar