Sugesti Pikiran Masyarakat dan Fakta Ilmiah Mengenai Pohon Beringin

Pada saat kamu masih kecil mungkin ada diantara kalian yang kalau melewati pohon beringin akan berlari atau jalan lebih cepat dari biasanya, ya itu karena sugesti dan image yang terlanjut melekat di pohon besar ini.

Orang sering sekali berfikir jika pohon yang tumbuh subur besar dan memiliki daun yang lebat ini merupakan rumah dari para makhluk astral. Pohon beringin memiliki nama latin Ficus benjamina L. Dan jika dalam bahasa inggris nama tanaman beringin ini adalah Weeping fig atau benjamin tree.

Dan di beberapa indonesia ada beberapa sebutan sendiri untuk tanaman ini misal seperti di sunda orang menyebut tanaman ini sebagai pohon caringin, dan orang jawa menyebutnya pohon beringin.

Ada sekitar 850 spesies dari tanaman beringin di dunia.  Biasanya kamu dapat menemui pohon beringin ini di taman atau di alun alun kota kamu, karena pohon beringin ini biasanya di gunakan sebagai  tanaman peneduh.

toriton.blog2.fc2.com
toriton.blog2.fc2.com

Selain sebagai tanaman peneduh biasanya pohon beringin juga digunakan untuk hiasan dengan cara di bonsai yang nantinya dapat ditaruh diruang tamu atau taman depan rumah.

Tanaman beringin ini tergolong sebagai tanaman berukuran besarkarena memiliki batang yang besarnya bisa mencapai 2 meter bahkan lebih. Dan juga tingginya bisa mencapai 25 meter.

Batang tanaman pohon beringin ini tegak agak bulat, dengan struktur permukaannya kasar, warna dari batang pohon ini biasanya berwana coklat agak kehitaman dan juga mempunyai akar gantung digunakan sebagai ciri ciri  dari pohon biringin ini.

Akar gantung tanaman beringin berfungsi untuk menyerap air dan juga mineral serta membantu pernafasan tanaman tersebut. Daun tanaman beringin tunggal berbentuk lonjong, daun tanaman beringin berwarna hijau, dengan panjang 3 sampai 6 cm.

500px.com
500px.com

Bunga tanaman beringin ini kelopaknya berbentuk seperti corong, berwarna kuning kehijauan. Pohon beringin ini juga memiliki buah yang berukuran bulat kecil, panjang 0.5 – 1 cm berwarna hijau saat muda dan kemerahan saat tua.

Umur tanaman beringin ini bisa mencapai ratusan tahun makanya ketika pohon beringin itu telah berusia tua terlihat seperti memiliki aura yang berbeda. Di Indonesia pohon beringin melambangkan persatuan dan kesatuan yang tercermin dari  pancasila sila ke 3.

Berbagai manfaat dari pohon beringin ini dapat mengobati berbagai macam penyakit karena pohon ini punya kandungan polifenol, asam amino, saponin, falvonoida dan fenol seperti contohnya sakit pilek, radang atau amandel, demam tinggi, luka memar, Radang saluan pernafasan, penyakit malaria, desentri,sariawan, kejang pada anak, dan juga sakit radang usus akut.

Tinggalkan komentar