Menakjubkan! Inilah 6 Pohon Tertinggi di Dunia

Pohon merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia di bumi. Adanya pohon menjadi paru-paru dunia dan penyupali oksigen yang dibutuhkan manusia. Akan tetapi, kelalaian manusia menyebabkan banyak pohon terabaikan.

Beberapa orang bahkan menebang pohon di hutan secara ilegal. Hal ini tentu berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup. Berbagai bencana dapat timbul akibat hutan yang gundul.

Namun, di balik gencarnya tragedi penebangan pohon liar, ada beberapa pohon tertua dan tertinggi yang masih menjulang kokoh. Mereka adalah penyuplai nafas manusia yang sangat dijaga.

Konon, ketika berdiri di bawahnya, manusia hanya sebesar semut. Jadi penasaran kan? Seperti apa rupa dan tinggi mereka? Simak pemaparannya berikut ini. Cekidot!

Hyperion

wikimedia.org

Keren! Inilah pohon tertinggi nomor satu di dunia. Pemilik pohon Hyperion adalah California. Dengan menyandang tinggi 115,5 meter, ia merupakan jenis dari Pohon Coast Redwood. Dalam ukuran kaki, Hyperion setinggi 379,1 kaki.

Hyperion hanya memiliki tinggi yang luar biasa. Namun untuk ukuran besar, pohon ini masih kalah dengan coast redwood lainnya.

Eucalyptus Regnans

victoriasgianttreesweebly.com

Eucalyptus Regnans menempati ranking kedua setelah Hyperion. Tingginya lebih dari 114 meter. Volume pohon ini mencapai 391 meter kubik. Luar biasa besar bukan?

Kamu dapat menjumpai pohon ini di daratan Tasmania dan Victoria. Asal aslinya dari Australia Tenggara. Nama lain Eucalyptus Regnans adalah Giant Ash, Mountain Ash dan Victorian Ash.

Sejarah mencatat Eucalyptus Regnans memiliki tinggi yang hampir sama dengan Hyperion. Meskipun dari sisi volume, Eucalyptus Regnans terbilang besar.

Rullah Longatyle

victoriasgianttreesweebly.com

Tasmania kembali menjadi pemilik pohon tertinggi di dunia. Kali ini disandang oleh Pohon Rullah Longatyle. Nama lainnya adalah Strong Girl. Tidak tahu apa sebabnya, orag menjuluki dengan Strong Girl.

Pohon tersebut merupakan salah jenis dari Pohon Ek. Tingginya mencapai 90 meter dan besarnya 368 meter kubik. Uniknya, pohon Rullah termasuk pohon yang paling banyak dibudidayakan di Australia.

Kebayang kan gimana jadinya kalau kota dipadati pohon Rullah Longatyle? Manusia pasti hanya sebesar semut.

Red Creek Fir

flickr.com

Inilah cemara tertinggi di dunia. Berasal dari daratan Amerika Utara. Kamu dapat menemukannya di British Columbia, selatan Kanada sampai California. Volumenya sekitar 349 meter kubik dan tingginya 100-120 meter.

Dengan prestasi tersebut, pohon ini pun dinobatkan sebagai pohon terbesar sekaligus tertinggi di dunia. Urusan besar, Red Creek Fir menempati ranking ke-8. Selamat ya.

Queets Spruce

thaiblogza.com

Tingginya 75,6 meter dan volumenya 337 meter kubik. Karena itulah Queets Spruce menjadi pohon tertinggi dan terbesar di dunia. Pemilik nama latin Pice Sitchensis ini merupakan pohon berdiameter 5 meter.

Kalau kamu berdiri di bawahnya, nyaris tak terlihat. Akar pohonnya begitu kokoh dan kuat sehingga kamu tidak perlu resah ketika berfoto di bawah Queets Spruce.

Gothmog

dicklang.com.au

Gothmog mungkin mengingatkanmu pada tokoh di sebuah film. Namun, kali ini namanya disandang oleh pohon dari jenis Eucalyptus Obliqua. Merupakan jenis yang paling besar dari Eucalyptus Obliqua.

Tinggi pohon mencapai 90 meter. Diameter batangnya 3 meter dan volumenya 337 meter kubik. Dari batang dan volume saja sudah besar, apalagi daunnya. Hal ini menyebabkan Gothmog dinobatkan sebagai pohon tertinggi dan terbesar di dunia.

Itulah tadi 6 pohon tertinggi yang masuk rekor dunia. Jagalah kelestarian pohon-pohon di sekitarmu agar bumi tetap segar dan asri.

Tinggalkan komentar