Pembahasan Mengenai Pola Aliran Sungai Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular

POLA ALIRAN SUNGAI – Dalam memahami aliran sungai, penting dari kita untuk mencermati pola alirannya. Apa itu pola aliran sungai?┬áSecara sederhana.

ia bisa diartikan sebagai suatu pola dari sebuah organisasi atau korelasi keruangan antara lembah-lembah yang dialiri sungai dan juga yang tidak dialiri sungai atau rawa kering.

Pola Aliran Sungai

pola aliran sungai

Pada dasarnya pola aliran sungai dapat dibagi menjadi 7 macam. Pembagian tersebut didasarkan terhadap pola yang dibentuk sungai tersebut. Adapun jenis-jenis yang dimaksud dapat anda simak sebagai berikut ini:

Pola Aliran Sungai Dendritik

Merupakan pola aliran yang bisa kita katakan menyerupai seperti percabangan batang pohon. Percabangan tidak teratur dan mempunyai arah masing-masing juga sudut yang beragam.

Pola ini berkembang karena bebatuan yang cenderung homogen dan tidak melewati pemeriksaan struktur. Pola aliran sungai yang satu ini tidaklah teratur dan kebanyakan dijumpai di lokasi dataran atau lokasi berpantai juga lokasi plato.

Pola Aliran Paralel

Merupakan pola yang cenderung sejajar. Ia dijumpai di lokasi perbukitan yang memanjang. Kemiringan lereng terhadap pola ini cenderung curam dan terjal.

Pola Aliran Annular

Merupakan pola aliran yang arahnya menyebar secara radial di mulai dari suatu titik yang tinggi dan kemudian berjalan ke arah hilir untuk seterusnya kemudian menyatu didalam satu aliran.

Pola Aliran Sungai

Pola ini dibentuk karena adanya sebuah cabang sungai yang mana memiliki pola arus yang belok, menyambung dan membentuk sudut-sudut yang tegak lurus dan mempunyai liku-liku.

Pada pola aliran yang satu ini dapat dikendalikan mengunakan pola kekar atau bisa kita sebut juga dengan pola potongan tegak lurus. Pada pola rektangular bisa terbentuk karena adanya bebatuan yang keras serta memiliki lapis horizontal dan juga batuan kristalin yang menghadang.

Pola Aliran Trellis

Mempunyai bentuk yang panjang-panjang. Ia sering juga disebut dengan nama pola trail pagar. Pola ini sering dijumpai terhadap sungai yang terdapat di bebatuan dengan lupatan dan kemiringan yang kuat.

Sungai-sungai besar dengan pola ini kebanyakan mengikuti singkapat bebatuan yang subsekuen dan juga lunak. Cabang pada daerah sungainya dari arah kanan dan kiri merupakan gaya yang diakbatkan resekuen atau juga obsekuen.

Pola Aliran Radial

Biasa juga dikenal dengan nama pola aliran menyebar, ciri utamanya adalah aliran yang tidak sama didalam hal arah. Menyebar ke segala penjuru baik itu ke utara, barat, timur maupun selatan. Pola ini kebanyakan tersedia terhadap lokasi pegunungan dengan bentuk kerucut.

Pola Aliran Multi Basinal

Pola ini dikenal dengan nama pola aliran sungai yang memusat. Ciri utama yang bisa kita perhatikan pada pola yang satu ini adalah alirannya yang terpusat terhadap suatu lahan tertentu. Pola aliran ini kebanyakan tersedia terhadap lokasi dengan cekungan yang mirip layaknya dolina di lokasi krast.

Nah itu dia, beberapa macam pola aliran air sungai yang bisa kamu pahami, semoga dapat menambah wawasan anda, dan semoga dapat bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih.