Inilah 6 Ponsel Nokia yang Berjaya di Era 90-an

Kangen dengan ponsel jadul? Artikel kali ini akan mengobati kerinduanmu.

Generasi era digital pasti asing dengan ponsel nokia berikut ini. Dulu, ponsel-ponsel tersebut merupakan yang paling modern. Pokoknya paling keren lah kalau orang bisa memilikinya.

Namun, kini, ponsel tersebut hanya tinggal nama saja. Beberapa kalangan memang masih ada yang menggunakannya, walaupun sangat langka.

Percaya atau tidak, semakin langka ponsel, justru semakin mahal harganya ketika ada yang memburu. Inilah dia 6 ponsel nokia yang pernah berjaya di era 90-an.

Nokia 1011

nuphi-luphly.blogspot.com

Nokia pertama era 90-an muncul di tahun 1993. Merek yang tenar saat itu adalah nokia 1011 yang sudah mengunakan jaringan GSM.

Bentuknya masih besar dan belum berwarna (hitam putih). Tombol keypad pun masih sangat sederhana, hanya ada nomor, abjad, tombol panggilan, kursor atas bawah dan tombol hapus.

Nokia 232

ebay.com

Memasuki tahun 1994, nokia mengeluarkan produk baru nokia tipe 232. Ponsel yang satu ini lebih modern dari sebelumnya dengan dilengkapi data, faks dan layanan SMS.

Ukurannya masih besar dan panjang. Di ujung ponsel terdapat antena kecil. Untuk tombol keypad tidak jauh beda dari teknologi nokia sebelumnya.

Nokia 9000

techno-speak.com

Teknologi ponsel merek nokia makin berkembang di tahun 1996. Nokia mengeluarkan tipe 9000 yang dilengkapi dengan faks, kalender, email dan internet. Sudah jauh lebih modern bukan?

Tapi, ukurannya masih besar dan berat (hampir setengah kilo). Fasilitas lainya yaitu, hardisk berkapasitas 4 MB dan bisa diisi ringtone atau gambar monochrome. Baterainya dapat bertahan sampai 24 jam penuh, jika tidak sering digunakan.

Di tahun yang sama, nokia mengeluarkan seri lainnya, yakni nokia 8110. Julukan yang melekat adalah nokia pisang karena bentuknya melengkung seperti pisang.

Performanya sedikit lebih canggih dengan adanya penutup keypad yang bisa digeser (spring loaded). Kamu tinggal menekan tombol samping jika ingin membukanya.

Popularitas ponsel nokia 8110 makin menanjak sejak digunakan dalam film The Matrix. Orang-orang era tahun 1996 menjadi semangat berburu ponsel ini. Dulu, harganya masih murah.

Kalau kamu membelinya sekarang, harganya bisa mencapai satu jutaan karena sudah sangat langka. Sayangnya, ponsel nokia 8110 tidak akan mudah kamu temukan di counter handphone.

Nokia 3110

rahaponsel.com

Nokia 3110 masih sedarah dengan nokia 8110. Bedanya, tidak ada penutup keypad sliding. Voltase baterainya lumayanlah untuk zaman itu, sebesar 7.2 volt.

Kecanggihan yang dimiliki nokia 3110 yakni bisa menampung 250 kontak telepon dan layarnya sudah pakai sistem digital.

Meskipun jadul, sekarang ponsel ini dihargai sampai satu jutaan. Kalau kamu mencarinya di galeri atau outlet nokia, ponsel tersebut sudah tidak lagi dijual.

Tapi, mungkin kamu bisa mendapatkannya dari para sesepuh yang hidup sebagai pemuda di era 90-an. Bagi mereka, ponsel tersebut sangat canggih dan keren (saat itu).

Nokia 5110

sollonk.wordpress.com

Tahun 1998 nokia mengeluarkan produk baru lagi bertipe 5110. Model ponsel nokia 5110 sudah berukuran slim dengan dilengkapi antena lampu.

Baterainya transparan vibra dan terbilang barang antik di zaman sekarang. Walaupun lebih modern saat itu, namun tergolong ponsel low-end.

Spesifikasinya termasuk kelas bawah. Kamu bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga 100 ribu rupiah di era sekarang.

Nokia 3210

dobreprogramy.pl

Di akhir tahun 1990-an, tepatnya tahun 1999, nokia mengeluarkan tipe 3210. Ponsel ini dinobatkan sebagai ponsel terhebat sepanjang masa. Mengapa?

Pertama, baterainya tidak pernah mati. Padahal, jenis iPhone dan android kekinian hanya bertahan hidup rata-rata sehari. Kalau nokia 3210, baterainya bisa bertahan seminggu hingga dua minggu.

Kedua, jika tiba-tiba ponsel nokia 3210 kecemplung di air, tidak akan lekas mati. Bahkan saat terbanting sekalipun. Berbeda dengan ponsel zaman sekarang yang mudah pecah dan hancur meski hanya jatuh dari meja.

Ketiga, kamu bebas mengganti casingnya sesuai selera. Mau merah, pink, hijau, biru, hello kitty, semuanya bisa deh. Sementara ponsel kekinian, sangat rumit jika ingin mengganti casingnya saja.

Sayangnya, ponsel nokia 3210 hanya dimiliki orang-orang tertentu sehingga menjadi barang langka. Sekalipun langka, tapi harga bekasnya di tahun 2016 terbilang murah, hanya 150 ribu rupiah.

Tinggalkan komentar