Pengertian Populasi Adalah Menurut Para Ahli

Populasi Adalah –¬†Selamat datang di portal satu jam, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian populasi adalah menurut para ahli. Sering kali kita mendengar istilah ini khususnya pada pelajaran Sosiologi, Baiklah berikut ini adalah materinya.

Pengertian Populasi Adalah Menurut Para Ahli Terbaru

populasi adalah
voanews.eu

Pengertian populasi adalah suatu wilayah tertentu yang sifatnya umum dan terbagi atas dua hal yakni subjek maupun objek dengan ciri-ciri tertentu (Pengertian populasi menurut Sugiyono 2005 : 90)

Definisi populasi adalah Seluruh individu yang sifatnya umum atau generap yang terdapat karakteristik yang condong sama atau setara. (Netra : 1974)

Pengertian populasi dalam penelitian adalah keseluruhan subjek penelitian maupun akumulasi  keseluruhan pada suatu sampel (Arikunto : 2002)

Pengertian populasi dalam biologi adalah sekumpulan individu yang satu jenis dan tinggal secara bersama-sama pada suatu wilayah atau lingkungan tertentu dan mempunyai kemampuan dalam berkembang biak.

Populasi dapat terjadi perubahan jumlah atau ukuran dari masa ke masal, perihal ini disebut juga dengan dinamika populasi, yang mana terjadi penyusutan atau mulai bertambah sedikit jumlah populasi selama kurun waktu tertentu.

Sebagai misalnya ialah menyusutnya jumlah populasi harimau Sumatra selama kurun hingga beberapa tahun akhir-akhir ini. Tentunya perihal tersebut menunjukkan bahwa sudah terbentuknya dinamika populasi Pada harimau Sumatera yang mana di saaat ini cuma tersisa hanya puluhan ekor.

Faktor Populasi

Terdapat banyak faktor yang termasuk mengakibatkan adanya perubahan atau berkurangnya jumlah populasi, sebagian diantaranya ialah :

  1. Hancurnya habitat yang alami lingkungan di mana populasi tersebut hidup dan bertempat tinggal dalam kurun waktu yang berdurasi lama.

Misalnya: adanya hutan yang terbakar dan menimbulkan rusaknya habitat original untuk tumbuhan serta hewan yang bertempat tinggal atau hidup di situ.

  1. Kerusakan alam skala global pula dapat termasuk diantara sebagian alasan yang masuk akal mengenai jumlah populasi yang berkurang.

Misalnya : Global warming sudah mencairkan separuh besar lapisan es pada kutub dan masalah tersebut menjadi penyebab hilangnya habitat untuk hewan-hewan yang tinggal di sana.

  1. Eksploitasi berlebihan pada sumber daya alam.

Misalnya : Penebangan pohon secara liar, pemakaian peralatan tangkap yang membahayakan organisme laut dan pukat ketika sedang menangkap ikan di laut.

  1. Gaya hidup yang tidak ramah lingkungan.

Misalnya : pemakaian berbagai materi materi kimia di bidang industri dengan jumlah yang melampaui batas yang mana seterusnya menghasilkan limbah industri yang sangat mengancam keberadaan lingkungan asli.

Tinggalkan komentar