4 Negara Ini Dipercaya Memiliki Potensi untuk Menguasai Dunia di Masa Depan

Saat ini, Amerika Serikat masih menjadi negara adidaya yang disegani oleh seluruh negera. Keterlibatannya dalam berbagai macam urusan di dunia serta dominasinya dalam hal ekonomi memang membuat negara lain seperti tidak berkutik.

Meskipun begitu, beberapa negara lain sebenarnya sudah mempunyai modal untuk menjadi negara besar yang tidak kalah saing dengan Amerika Serikat. Dengan mengambil langkah yang tepat, beberapa negara ini sebenarnya mampu memperluas pengaruhnya dan mungkin malah menggantikan Amerika Serikat sebagai negara terkuat.

Lantas negara apa saja yang memiliki potensi menjadi negara terkuat itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

Jerman

theoperastage.com

Jerman dikenal sebagai mesinnya Eropa, karena mengontrol ekonomi terbesar di Eropa dan terkenal akan kualitas produknya yang sangat tinggi. Jerman sudah melihat pengaruhnya yang meningkat drastis setelah masa perang dingin dan juga krisis finansial di Eropa.

Saat ini Jerman sedang menunda ambisi nasionalnya. Namun sebaliknya negara ini justru malah mendorong proyek integrasi Eropa, suatu proses yang bisa mendorong Uni Eropa untuk memperoleh status negara kuat suatu hari nanti. Jika masa itu telah tiba, mungkin negara super power Uni Eropa akan memilih Jerman sebagai pusatnya.

Brazil

foxnews.com

Jika Brazil bisa melangkah dengan tepat bersama sekutunya Rusia, Brazil dapat menjadi salah satu negara yang terkuat. Bukan hanya itu, ekonomi Brazil diprediksi bisa meningkat sampai 10 triliun dollar dalam 40 tahun ke depan, jauh mengungguli Jerman dan Jepang.

Brazil juga mempunyai simpanan sumber daya alam yang sangat besar dan populasi yang hampir sama dengan negara-negara di Amerika Selatan. Dengan memperhatikan semua tanda ini, maka jelas bahwa Brazil dapat menjadi negara yang memimpin di Amerika Selatan dengan cara menjalin hubungan yang sangat baik dengan negara kecil di sekitarnya.

India

sekedarinfo.com

Banyak analis berpendapat jika India akan menjadi negara dengan kekuatan dominan di Samudera Hindia dalam waktu dekat ini. India sudah mempunyai semua yang dibutuhkan untuk tumbuh dan menyebarkan pengaruhnya.

Negara ini mempunyai kekuatan militer ketiga terbesar, jumlah angkatan lautnya juga terus berkembang. Kini bahkan mempunyai kapal pengangkut pesawat yang lebih banyak dari Amerika Serikat. Semua pencapaian hebat ini sudah berhasil dibayarkan oleh ekonomi yang terus meningkat dan bahkan dapat menyaingi China berkat para pekerjanya yang masih muda.

Walaupun begitu, negara ini masih harus menghadapi banyak persoalan yang harus segera diselesaikan. Contohnya seperti masalah korupsi, kemiskinan, dan tingkat buta huruf yang tinggi. Selain itu, negara ini juga harus menghindari masalah situasi geopolitik seperti ina di Laut China Selatan dan ancaman nuklir dari Pakistan di Barat.

Untuk bisa menjadi negara adidaya, maka India harus memiliki pemimpin yang kuat untuk bisa menyelesaikan setiap masalah internal yang dihadapinya sehingga dapat berkembang ke wilayah luar India.

Indonesia

500px.org

Indonesia mengetahui bahwa kepentingan strategisnya di Asia Tenggara meningkat seiring bertambahnya ketegangan di wilayah tersebut. Negara Indonesia menjadi semacam tameng antara Samudra Hindia dan Pasifik, hal ini tentunya membuat negara ini menjadi pembatas yang kuat antara dua wilayah besar di dunia.

Semua negara adidaya menyadari bahwa Indonesia terletak di posisi yang strategis. Mereka kini mungkin berniat untuk menjalin hubungan serta melakukan investasi besar-besaran untuk perkembangannya. Sedangkan, kekuatan militer Indonesia juga sudah meningkat secara signifikan. Karena sudah sering berurusan dengan upaya pemberontakan.

Indonesia mempunyai pasukan unit khusus yang paling efektif di dunia. Selain itu, pemerintah Indonesia juga sudah mempunyai pesawat jet dan kini meningkatkan jumlah armada lautnya sampai 200 buah kapal. Semoga Indonesia semakin memiliki pondasi yang kuat untuk menjadi negara adidaya masa depan.

Demikian penjelasan mengenai negara-negara yang dipecaya memiliki potensi untuk menjadi negara terkuat di masa depan. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar