Semua Pria Pasti Romantis (dan 6 Rahasia Lain tentang Pria yang Wanita Salah Pahami)

Ada banyak anggapan yang wanita pahami tentang lelaki, misalnya (mayoritas) laki-laki itu tidak romantis. Sayangnya, hal ini ternyata hanya apa yang tampak di permukaan.  Laki-laki itu tidak sedangkal yang perempuan kira. Kita perlu menggali sedikit lebih dalam agar tahu apa makna di balik apa yang tampak.

Shaunti Feldhahn mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya dirasakan oleh suaminya, dan juga jutaan suami lainnya. Ia mewawancara 400 pria untuk mengetahui hal-hal yang tampaknya wanita pahami tentang pria, padahal sebenarnya tidak wanita mengerti. Hasilnya adalah 7 hal yang ada di balik rahasia umum tentang pria, alias arti sebenarnya dari pemahaman wanita tentang pria.

#1 Wanita menganggap kalau laki-laki butuh dihormati

Ada anggapan kalau laki-laki itu egonya tinggi dan butuh dihormati. Arti sebenarnya dari anggapan ini adalah laki-laki lebih memilih untuk merasa tidak dicintai daripada dianggap tidak mampu melakukan sesuatu atau tidak dihormati.

Jika wanita membutuhkan cinta tanpa syarat (suaminya tetap mencintainya walau ia sudah mulai menua atau tubuhnya tidak sebagus saat pertama bertemu), laki-laki butuh penghormatan tanpa syarat.

Menghormati seorang pria ditunjukkan dengan percaya pada pria. istri perlu mengatakan, “Aku sangat bangga punya suami seperti kamu!” dan juga menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang suami mengungkapkan, “Di balik setiap pria yang baik ada wanita yang hebat” ungkapan ini sangat tepat. Jika seorang istri mendukung dan memercayai suaminya, suaminya akan bisa menaklukkan dunia—atau setidaknya secuil bagian dari dunia. Suaminya akan berusaha lebih keras di tempat kerja, di rumah, dan di mana pun ia berada. Sebaliknya, sangat jarang ada pria yang bisa tampil dengan baik di tempat kerja atau di rumah kalau istrinya menganggap suaminya ini tidak mampu.”

#2 Wanita menganggap kalau laki-laki itu insecure

Di permukaan, laki-laki sering dianggap insecure di dalam karena harus punya kendali dalam berbagai hal. Arti sebenarnya adalah pria itu sering merasa seperti pembual. Pria merasa insecure karena takut kalau ketidakmampuannya diketahui orang lain.

Sepanjang hidupnya, lelaki selalu merasa dihakimi tentang kemampuannya. Untuk melindungi diri dari penilaian semacam itulah, laki-laki merasa harus selalu tampak tangguh.

Itulah mengapa kalau seorang istri menyinggung kekurangan suami di depan orang lain, suami akan marah. Sebaliknya, kalau istri selalu percaya pada suami (apalagi kalau membicarakan kebaikan suami di depan orang lain), suami akan mau melakukan apa pun untuk istrinya.

#3 Wanita menganggap kalau laki-laki itu merasa harus menjadi pencari nafkah

Arti sebenarnya adalah walau istrinya punya pekerjaan dengan gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh keluarga, suami tetap merasakan adanya beban mencari nafkah di dalam dirinya.

Setiap suami ingin merasa dibutuhkan oleh keluarganya. Untuk itulah suami merasa harus jadi orang yang memenuhi nafkah bagi keluarganya. Mencari nafkah itu beban berat yang selalu berada di pundaknya.

Setiap suami merasa penuh energi kalau ia mampu memberikan uang yang cukup untuk istrinya. Bahkan beberapa suami menganggap itulah cara terbaik untuk mengatakan “Aku mencintaimu.” Itulah mengapa banyak suami yang bersedia untuk kerja melembur, itulah cara suami untuk mengungkapkan rasa peduli pada keluarganya.

Untuk itulah, hal terbaik yang bisa istri berikan adalah merasa cukup dengan nafkah yang dibawa suami. Dan ungkapkan terima kasih karena suami sudah mau bekerja keras untuk keluarga.

#4 Wanita menganggap kalau laki-laki butuh lebih banyak hubungan seks

Arti sebenarnya adalah hasrat istri untuk berhubungan seksual dengan suaminya sangat memengaruhi harga diri dan kepercayaan dirinya di berbagai bidang dalam hidup suami.

Bagi setiap suami, bercinta dengan istri menandakan kalau sang istri menginginkannya dan memiliki rasa kesepian yang sama. Seks memberikan suami semangat dan rasa percaya diri untuk menghadapi berbagai tantangan hidup.

Bukan hanya itu, seks membuat suami merasa dicintai. Tanpa seks, seorang suami tak akan merasa dicintai sepenuhnya oleh istrinya.

Oleh karena itu saat istrinya menolak saat suaminya mengajak untuk berhubungan seks, harga diri lelaki terasa hancur. Berbeda dengan istri yang sangat dipengaruhi mood untuk berhubungan seks. Bagi suami seks itu sangat personal.

#5 Wanita menganggap kalau laki-laki itu makhluk visual

Arti sebenarnya adalah bahkan suami yang bahagia pun tetap harus berjuang melawan imej dan bayangan banyak wanita.

Anggapan laki-laki itu makhluk visual itu memiliki 2 arti:

  1. Wanita dengan pakaian yang menampakkan proporsi tubuh yang bagus itu seperti “magnet untuk mata.” Sulit bagi pria untuk menolak tarikan magnet tersebut. Bahkan ketika sang pria berusaha untuk menundukkan pandangan, sebenarnya ia sangat sadar adanya hal tersebut.
  2. Bahkan ketika sedang tidak ada wanita di sekitarnya, laki-laki itu punya kumpulan imej perempuan yang tersimpan di otaknya. Imej ini seringkali terlintas di benaknya, bahkan saat dia tak ingin mengingatnya.

Fitrah lelaki adalah mudah tergoda oleh hal-hal yang tampak seksual. Ia akan selalu tertarik pada tubuh wanita. Oleh karena itu, yang bisa istri lakukan adalah mengapresiasi tiap kali suami berusaha untuk menundukkan pandangan.

#6 Wanita menganggap kalau laki-laki itu tidak romantis

Sebenarnya laki-laki itu menikmati hal-hal romantis (walau terkadang dengan cara yang berbeda) dan mau menjadi romantis. Sayangnya laki-laki menjadi ragu karena merasa tidak yakin bisa meluluhkan istrinya.

Kebanyakan pria tidak mengerti hal romantis yang diinginkan wanita. Itulah yang membuat pria tidak mau mencoba melakukan hal romantis. Pria takut kalau ternyata hal itu tidak sesuai dengan selera romantisme istrinya.

Seringkali yang suami butuhkan adalah istri yang membuatnya paham kebutuhan romantisme istrinya. Bukan lewat kode. Tapi buat suami paham apa saja yang istri anggap romantis dan jelaskan mengapa hal itu penting bagi istri.

#7 Wanita menganggap kalau laki-laki peduli tentang penampilan istrinya

Sebenarnya sebagai istri tidak harus punya lekuk tubuh yang proporsional. Namun setiap suami ingin istrinya berusaha untuk merawat dirinya sendiri. Dan ia akan mengorbankan uang dan juga tenaga untuk mendukung istrinya agar jadi lebih cantik.

Berikut ini perkataan seorang suami yang sangat mengilustrasikan hal ini.

“Terkadang saya bertemu seorang pria. Lalu saya lihat istrinya. Penampilannya sangat tidak terawat. Saya merasa sangat kasihan padanya. Itulah yang ada dalam benak setiap pria.

“Lalu saya melihat pria yang istrinya kelebihan berat badan. tapi istrinya ini merawat dirinya sendiri.Ia berusaha untuk tetap tampilmenarik.

Istrinya ini berpakaian yang bagus. Ia juga berdandan. Ketika istrinya ini tampil percaya diri dengan penampilannya, saya jadi tidak memperhatikan badannya yang gemuk. Justru saya akan memandang suaminya dan berpikir, “Suaminya ini lelaki yang hebat.””

Saking pentingnya istri yang pandai merawat diri, suami akan mau berkorban agar istrinya bisa tampil lebih cantik. Misalkan dia bersedia menjaga anak-anak agar istrinya bisa pergi ke tempat fitness atau ke salon kecantikan.

Semoga dengan mengetahui 7 hal ini, Anda sebagai istri bisa membuat suami lebih betah di rumah.

Tinggalkan komentar