5 Profesi yang Paling Sering Dijumpai di Jalanan

Jika kamu berada di kota besar dan sedang berada di jala raya, khususnya perempatan, kamu akan melihat orang yang sedang berusaha mencari nafkah. Berbagai profesi dapat kamu temukan di jalan raya.

Kadang hal ini sangat membantu, kadang pula sangat menyebalkan. Karena pada dasarnya lokasinya tidak tepat dan cukup berbahaya bagi orang untuk mengais rezeki.

Namun, kadang pula profesi tersebut dapat membantu orang saat berada di jalan raya, apalagi saat terjebak macet. Nah, apa saja profesi yang bisa dijumpai di jalan raya? Berikut daftarnya.

Penjual Koran

nourmadwindav.blogspot.com

Siapa sangka profesi yang satu ini semakin lama semakin ditinggalkan oleh para penjual. Dulu, sangat banyak ditemukan para penjual koran, baik di jalanan maupun mengantar di rumah-rumah.

Namun semenjak teknologi semakin modern, para penjual koran makin berkurang. Karena konsumen sudah banyak beralih ke dunia digital. Sehingga koran lamban laun mulai ditinggalkan.

Namun, pada pagi hari masih bisa ditemukan para penjual koran di perempat jalan atau lampu merah. Karena masih ada juga orang yang mencari informasi melalui koran.

Pengamen

fotobarux.blogspot.com

Profesi yang paling banyak ditemukan di jalan raya, khususnya di perempatan jalan atau di lampu merah adalah pengamen jalanan atau disebut juga musisi jalanan.

Kamu akan dengan mudah menemukan pengamen jalanan di perempatan atau di lampu merah. Tapi tidak sedikit juga naik bus untuk menjajakan jualannya. Hal ini terkadang sangat menghibur di tengah-tengah kemacetan kota.

Hanya memberikan seribu rupiah saja bisa membantu menghilangkan kejenuhan dalam situasi macet. Itu jika pengamennya termasuk pengamen profesional. Dengan benar-benar memposisikan diri sebagai seniman jalanan.

Sehingga, suara dan lagu yang dibawakan enak didengar oleh telinga. Namun, tidak sedikit pula pengamen yang asal-asalan. Mereka bernyanyi dengan lagu yang tidak jelas dan suaranya pun tidak jelas. Pengamen yang seperti ini justru bisa membuat emosi naik.

Pengemis

mommynoer.wordpress.com

Profesi yang satu ini memang cukup mengganggu. Bagaimana tidak, di tengah jalan dalam kondisi macet atau lampu merah tiba-tiba ada orang yang meminta uang. Sangat menjengkelkan kan?

Kalau orang yang meminta memang benar-benar membutuhkan tidak begitu jengkel. Masalahnya adalah banyak orang yang masih sehat, kondisi fisik tidak ada yang cacat, dan sekiranya masih mampu untuk bekerja, eh malah minta-minta di jalan.

Pedagang Minuman

www.anatoemon.com

Profesi yang satu ini sangat membantu para pengguna kendaraan di jalan raya. Karena memang hampir semua orang membutuhkan minuman.

Ya, meskipun kegiatan berjualan di tengah atau tepi jalan raya, khususnya di perempat jalan atau di lampu merah dilarang dan cukup bahaya bagi keselamatan, namun profesi yang satu ini sangat membantu pengendara kendaraan.

Bayangkan saja, di tengah-tengah kemacetan dan kondisi cuaca yang sangat panas, tiba-tiba ada pedagang minuman. Tak hanya itu, minuman yang ditawarkan dalam kondisi dingin. Apakah kamu tertarik untuk beli?

Tentu saja keadaan seperti ini minumanlah yang dibutuhkan dan para pedagang minuman tersebut sangat membantu.

Pengatur Lalu Lintas

bandung.merdeka.com

Tenaga polisi memang sangat kurang di Indonesia ini. Maka dari itu, banyak juga orang yang membantu dan menjadikan hal ini profesi, yaitu mengatur jalan raya.

Setiap perempatan atau belokan belum tentu ada polisi atau rambu-rambu lalu lintas, maka dari itu ada orang yang berinisiatif mengatur kondisi lalu lintas di perempatan jalan. Profesi ini cukup membantu para pengendara motor maupun mobil.

Tinggalkan komentar