Dengan Cara Ini, Maka Kamu Sudah Berpartisipasi Dalam Program Go Green

Jika melihat kondisi lingungan yang semakin panas , semakin banyak polusi, banyak kerusakan alam di sana sini dan bencana yang terjadi karena ulah manusianya sendiri, maka dengan semua fenomena ini, seharusnya kita bisa mengevaluasi diri, untuk kemudian mencegahnya mulai dari diri kita sendiri.

Bukankah perubahan itu bisa kita ciptakan mulai dari tiap individu? Karena bencana pun terjadi karena tiap individu banyak yang tidak peduli dengan alam ini, banyak yang egois, contohnya saja membuang sampah sembarangan, menggunakan plastik dan membuangnya dengan tidak bijak dan tindakan lainnya yang pastinya merusak lingkungan.

Nah, salah satu program yang bisa kita ikuti untuk menjaga alam kita tetap lestari, tetap sehat dan tetap indah adalah dengan melakukan program go green. Tentunya program ini akan berhasil, jika kita semua turut berperan serta. Tidaklah perlu repot dengan mengajak banyak orang melakukan hal ini, walaupun cara ini perlu dilakukan, tapi pastinya akan lebih sulit. Cara yang paling mudah adalah memulai diri sendiri dan kita mulai dari rumah.

Apa saja yang perlu kita lakukan untuk berpartisipasi dalam program go green?

Cara berpartisipasi dalam program go green cukup mudah, kita hanya perlu melakukan hal-hal seperti di bawah ini untuk turut berartisipasi. Apakah kamu penasaran? Langsung kita lihat saja yuk!

Membawa Botol Minum Saat Bepergian

indonesiaindonesia.com

Cara mudah berpartisipasi dalam program go green adalah dengan membawa botol minum sendiri ketika kamu bepergian. Kenapa perlu bawa botol sendiri? Karena dengan membawa botol minum sendiri, maka kamu tidak perlu membeli air minum dalam kemasan.

Selain mengurangi pengeluaranmu dalam membeli minum, kamu pun tidak menambah jumlah sampah kemasan berbahan plastik ataupun kaleng dari minuman yang kamu minum kan? Jadi sasampah di bumi ini pun tidak semakin menumpuk. Andaikan semua orang punya kesadaran seperti ini, maka, tak perlulah ada yang menjual air minuman dalam kemasan lagi.

Membawa Kantong yang Terbuat dari Kain Saat Berbelanja

id.aliexpress.com

Kamu tahu kan, sekarang kantong plastik itu berbayar kalau kita belanja di minimarket ataupun supermarket? Dan kamu tahu juga kan apa tujuannya? Tujuannya ya tidak lain supaya bumi kita tidak dipenuhi dengan sampah plastik, karena plastik sulit terurai. Tapi program ini sepertinya belum begitu berhasil. Soalnya harga plastiknya masih sangat murah bagi masyarakat. Jadi banyak dari mereka yang memilih membeli dibandingkan harus membawa kantong dari rumah.

Nah, bagi kita yang tau tujuan dari program ini, tentunya kita perlu mengikuti program ini dengan bijak. Kita bisa mengganti kantong plastik dengan membawa kantong sendiri dari rumah, bisa berupa kantong plastik juga atau dengan membawa kantong yang terbuat dari kain.

Kantong yang terbuat dari kain sepertinya lebih direkomendasikan daripada kantong plastik. Pertama karena kantong kain lebih kuat jika menampung bawaan yang berat dan yang kedua bisa dicuci dan dipakai kembali jika kantong kainnya kotor.

Melakukan Penghijauan di Depan Rumah

anisafitri.wordpress.com

Supaya gas karbondioksida akibat polusi bisa diminimalisir, maka kita membutuhkan sesuatu untuk menyerapnya dari udara. Dan sesuatu itu adalah pohon dan tanaman hijau. Oleh karena itu, kita perlu melakukan penghijauan dengan menanam pohon. Menanam pohonnya nggak usah jauh-jauh ke hutan lho! Kamu bisa melakukannya dari halaman rumah kamu sendiri.

Selain karbondioksida berkurang, lingkungan sekitar rumahmu pun akan semakin sejuk dengan adanya tanaman hijau di depan rumah. Tidak hanya sejuk, tapi jika tanamannya dirawat dan disusun dengan baik, maka halaman rumahmu pun akan semakin terlihat indah.

Tinggalkan komentar