Proposal Adalah? Temukan Jawabannya di Sini

PROPOSAL ADALAH? Tahukan Anda apa itu proposal, dan digunakan untuk apa sajakah proposal itu?

Ya, menurut KBBI, proposal adalah suatu planning atau rencana yang ditulis dalam bentuk rancangan kerja.

Proposal digunakan sebagai perencanaan secara matang, sistematis,  dan teliti, yang dibuat oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, baik itu penelitian di perpusatakaan (library research) atau penelitian yang dilakukan di lapangan (field research).

Kemampuan membuat proposal secara terstruktur dan sesuai dengan aturan harus dimiliki oleh semua kalangan, baik itu kalangan akademisi, perusahaan, maupun masyarakat.

Tujuannya supaya mereka terbiasa berfikir secara logis, sistematis, sesuai dengan standar penulisan proposal yang harus realistis.

Struktur Proposal

contoh proposal
©pofint.com

Proposal dibuat dengan format dan struktur yang disepakatai supaya penerima proposal bisa dengan mudah mengetahui maksud dan tujuan proposal itu dibuat.

Struktur proposal sendiri setidaknya ada 10 point penting yang harus tercantum. 10 point tersebut adalah :

1. Dasar Pemikiran

Berisi popok-pokok pikiran dari proposal yang diajukan. Dalam poin ini, pihak yang mengajukan proposal harus mencantumkan semua hal yang akan dilakukan dalam sebuah paragraf-paragraf yang singkat.

2. Jenis Kegiatan

Berisi tentang jenis kegiatan yang hendak dijalankan.

3. Tema Kegiatan

Tema kegiatan berisikan inti-inti kegiatan yang akan dilaksanakan. Tema kegiatan ini juga akan menjadi perhatian para donatur atau orang yang memberi sumbangan untuk melaksanakan kegiatan.

4. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan harus dijelaskan supaya orang yang menerima proposal mengetahuainya. Penyusunan proposal perlu merumuskan tujuan sedemikian rupa agar yang akan dicapai dapat dirasakan dan diketahui oleh pembaca proposal.

5. Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan adalah jumlah peserta yang akan menghadiri kegiatan tersebut.

6. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan harus jelas dalam membuat proposal.

7. Susunan Kepanitiaan

Orang yang menyusun proposal dari sebuah tim perlu menyeleksi kualifikasi dan bobot orang-orang yang duduk ditunjuk sebagai panitia pelaksanaan dalam kegiatan yang direncanakan. Hal ini bertujuan untuk menjamin kelancaran jalannya suatu acara.

8. Aggaran Biaya

Aggaran biaya adalah hal yang cukup sensitif dari sebuah proposal. Harus diperhatikan bahwa anggaran dana yang dicantumkan harus logis dan realistis, serta harus seimbang antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai pemasukan lebih banyak dari pada pengeluaran, hal ini akan membuat penyandang dana merasa ragu untuk memberikan bantuannya.

9. Acara Keiatan

Jadwal dan acara kegiatan harus ditulis secara rinci dan jelas. Dengan penyusunan jadwal yang rinci ini dapat meminimalisir hal-hal menyimpang yang tidak diinginkan. Dengan penyusunan acara ini, juga bertujuan untuk mengekfekrifkan waktu selama kegiatan berlangsung.

10. Penutup

Penutup merupakan bagian akhir yang berfungsi menekankan bahwa proposal diajukan dengan sungguh-sungguh dan dijelaskan pentingnya kegiatan yang hendak dilaksanakan.

Dalam bagian proposal, hendaknya berisi kesimpulan yang menggambarkan sikap optimis dari pembuat proposal untuk meyakinkan penerima proposal.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang proposal beserta struktur proposal yang baik dan benar. Semoga membantu dan terimakasih 🙂

Tinggalkan komentar