Mengenal Lebih Dekat Bagaimana Proses Body Painting

Body painting merupakan seni melukis dengan menggunakan media kulit / tubuh manusia. Body painting sendiri berbeda dengan tato, hal ini dikarenakan sifatnya yang hanya sementara dicat pada kulit manusia.

Prosesnya pun hanya berlangsung selama beberapa jam saja atau paling lama hingga beberapa minggu. Bagian tubuh yang dilukis sebatas wajah biasa dikenal sebagai lukisan wajah.

Body painting disebut juga sebagai tato temporer. Bagi para pelukisnya, seni body painting mengibaratkan tubuh adalah kanvas yang digunakan sebagai media lukis.

Namun kebanyakan tubuh yang digunakan sebagai model media lukis biasanya adalah tubuh kaum wanita.

bali.intercontinental.com
bali.intercontinental.com

Dalam proses body painting diperlukan model dan bantuan fotografer. Model akan difoto terlebih dahulu dengan beragam pose dan gestur sesuai dengan pilihan atau persepsi sang model terhadap pose.

Pose yang digunakan biasanya adalah sikap permisif atau pose yang ditentukan oleh modelnya sendiri. Sikap permisif ini juga akan memungkinkan sang model untuk mengelola tubuhnya sebagai objek kerja pelukisan. Dengan demikian sang model pun akan merasa nyaman ketika dijadikan sebagai objek pelukisan.

Setelah sesi pemotretan selesai, foto kemudian dicetak. Seluruh hasil cetak foto tersebut kemudian diamati satu per satu. Melalui proses seleksi tadi, ditemukanlah sejumlah foto terpilih yang memungkinkan untuk dipindahkan ke media seni lukis.

body painting
pklattest.com

Foto-foto tersebut terlebih dahulu direkomposisi serta dikoreksi warnanya dengan menggunakan aplikasi photoshop di komputer. Setelah itu, “desain” dicetak pada kertas foto. Hasil cetak inilah yang akan dipakai sebagai acuan untuk body painting nanti.

Proses kerja ini memungkinkan kita untuk melakukan evaluasi berulangkali terhadap kemungkinan hasil akhir dari komposisi seninya. Dengan cara ini pula kita dapat makin mengukuhkan diri kita sebagai subjek.

Tubuh perempuan adalah objek yang dapat diatur (dalam komputer) sebagaimana kita mengatur dan menentukan warnanya.

www.enjoylike.com
www.enjoylike.com

Demikianlah sedikit ulasan tentang proses body painting yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu dalam seni melukis tubuh manusia atau body painting. Terima kasih.

Tinggalkan komentar