Proses Pembekuan Darah Beserta Dengan Penjelasannya

PROSES PEMBEKUAN DARAH – Pada artikel kami kali ini akan membahas dengan sangat lengkap tentang proses pembekuan darah. Kami akan menerangkannya dengan detail yang lengkap. Nah!!! langsung saja mari kita bahas pembahasan tersebut dibawah ini.

Proses Pembekuan Darah

sehatafiat.com

Mekanisme tubuh yang dapat menghentikan darah dinamakan dengan nama hemostastis. Ada beberapa fase yang dalam proses mekanisme ini, dan diantaranya adalah pembentukan yang bentuk oleh platelet atau yang sering kita sebut dengan keping darah dan fase pembentukan darah.

Proses pembentukan darah atau yang sering disebut juga dengan sebutan koagolasi merupakan proses yang sangat kompleks yang mana darah yang membentuk gumpalan guna untuk mumulihkan dan menutup luka serta menghentikan pendarahan.

Unsur Unsur Proses Pembekuan Darah

lasertherapyspa.com

Proses ini tidak akan terjadi jika tanpa ada aktor yang sangat berperan dalam proses ini. Koagulasi ini harus melibatkan trombosit dan komponen yang lainnya.

Trombosit

lasertherapyspa.com

Trombosit atau keping darah adalah elemen berbentuk cakram di dalam darah. Trombosit berkumpul secara berdempet-dempetan selama proses pembekuan darah normal.

Trombosit digolongkan sebagai sel darah, tetapi sebenarnya trombosit adalah bagian dari sel-sel sumsum tulang yang besar yang disebut dengan megakaryocytes

Faktor Koagulasi

prezi.com

Faktor koagulasi adalah protein, sebagian besar diproduksi oleh organ hati. Terdapat banyak faktor koagulasi, 13 diantaranya diberi nama dengan huruf romawi. Saat ini banyak protein-protein baru yang ditemukan namun tidak diberikan penamaan dengan angka romawi.

Bagaimana Proses Pembekuan Darah Terjadi

WordPress.com

Siklus pembekuan darah normal melewati serangkaian interaksi yang kompleks. Berikut adalah proses pembekuan darah dari awal hingga akhir.

Trombosit bereaksi ketika pembuluh darah rusak atau ada luka. Mereka menempel pada dinding daerah yang luka dan bersama-sama membentuk sumbatan. Sumbat dibentuk guna menutup bagian yang rusak agar menghentikan darah yang keluar.

Trombosit juga melepaskan bahan kimia untuk menarik lebih banyak trombosit dan sel-sel lain untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Sekian penjelasan dari kami tentang proses pembekuan darah semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada di bawah ini.

Jika anda membutuhkan informasi yang lebih anda bisa membaca artikel kami yang lainnya karena semua artikel yang kami tulis pada website ini sangatlah bermanfaat untuk media pemberitahuan.

Tinggalkan komentar