4+ Proses Pencernaan Makanan Pada Tubuh Manusia

Makanan merupakan sumber energi untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya akan memberikan energi dan juga zat lain yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Tapi makanan terlebih dahulu harus melalui proses pencernaan sampai akhirnya dapat diserap tubuh.

Memecah Nutrisi dalam Proses Pencernaan Makanan

Proses pencernaan makanan
rendezvous-point.blogspot.com

Makanan yang sudah hancur akan dicerna oleh tubuh dalam melalui empat proses utama pada pencrnaan.

1. Menelan

Mulut merupakan proses pertama dari saluran pencernaan. Proses ini akan dimulai dengan gigitan pertama lalu dikunya dengan mulut menjadi bagian yang lebih kecil lagi dan kelenjar air liur akan menghsilkan air liur untuk membantu menghaluskan makanan.

Kemudian lidah akan mendorong makanan yang halus ke mulut bagian belakang menuju kerongkongan. Gerakan peristaltik dari otot halus lalu menyalurkan makanan menuju perut.

2. Pencernaan pada lambung

Fungsi lambung selain untuk menampung makanan juga sebagai penghalus dan penghancur makanan. Perut akan hasilkan enzim dan asam yang akan  melanjutkan proses pencernaan makanan.

Setelah dari perut, makanan  akan menjadi cair atau menyerupai pasta yang kemudian berlanjut ke usus halus. Pada lambung ini juga proses pencernaan protein mulai.

3. Pencernaan dan penyerapan pada usus halus

Di dalam usus, makanan akan diprses dengan enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas, dinding usus halus dan juga cairan ampedu yang dihasilkan kantong ampedu. Ketiganya akan sama-sama bekerja untuk menyelesaikan pencernaan makanan supaya menjadi ukuran-ukuran kecil yang mampuh diserap dalam pembulu darah usus.

Molekul makanan akan masuk kealiran darah lewat dinding usus selama proses penyerapan. Pembuluh darah kapiler atau mikroskopik pada vili akan menyerap hasil pencernaan berupa karbohidrat dan protein, sedangkan pembulu getah bening pada vili akan menyerap lemak.

Dari proses itu, darah akan membawa makanan yang selesai dicerna menuju hati. kemudian sel-sel hati akan menyaring zat-zat berbahaya pada darah.

4. Penyerapan pada usus besar

Yang masuk kedalam usus besar adalah sisa-sisa makanan yang tidak bisa diproses atau diserap dan juga air. Tugas utama dari usus besar adalah menyerap mineral dan air dari sisa makan tersebut sampai menjadikannya lebih padat dan membentuk tinja. Gerak peristaltik akan menyalurkan tinja menuju rektum sampai dikeluarkan lewat anus

Tinggalkan komentar