Apa Itu Psikologi Industri dan Organisasi? Apakah Karier di Bidang Ini Cocok Buatmu?

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) adalah cabang psikologi yang menerapkan teori dan prinsip psikologi ke organisasi. Bidang ini berfokus meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan masalah-masalah terkait seperti kesejahteraan fisik dan jiwa karyawan.

Psikolog industri dan organisasi melakukan berbagai jenis tugas, termasuk mempelajari perilaku dan sikap karyawa, mengevaluasi perusahaan, dan melakukan pelatihan kepemimpinan. Tujuan dari bidang ini adalah mempelajari dan memahami perilaku manusia di tempat kerja.

Dalam artikel ini, kita akan membahas seluk-beluk PIO, profesi yang bisa diambil oleh lulusan PIO, sampai cocok tidaknya kamu menjalani bidang ini, kalau kamu tertarik mendalami PIO tentunya.

 

Dua Sisi Psikologi Industri dan Organisasi

http://www.unomaha.edu/
http://www.unomaha.edu/

Psikologi Industri  dan Organisasi memiliki 2 sisi utama. Yang pertama adalah sisi industri, yang meliputi mengelola kecocokan seseorang dengan pekerjaan tertentu. Sisi PIO ini seringkali disebut psikologi personel.

Orang-orang yang bekerja di bidang ini menilai karakteristik karyawan lalu mencocokkannya dengan pekerjaan yang membuatnya bisa bekerja optimal. Tugas lain dari sisi industri adalah melatih karyawan, meningkatkan standar performa kerja, dan mengukur performa  kerja.

Sisi lainnya adalah sisi organisasi. Sisi ini lebih berfokus pada bagaimana cara organisasi memengaruhi perilaku individu. Struktur organisasi, norma sosial, gaya manajemen, dan peran ekspektasi menjadi faktor-faktor yang bisa memengaruhi bagaimana perilaku manusia dalam organisasi.

Dengan memahami faktor-faktor tersebut, PIO diharapkan bisa meningkatkan prestasi dan kesehatan individu, serta pada saat yang bersamaan bermanfaat juga bagi organisasi secara keseluruhan.

Apa Perbedaan PIO dengan Cabang Psikologi Lainnya?

jenningswire.com
jenningswire.com

Saat PIO diterapkan di lapangan, riset teoretis juga berperan penting.

PIO berakar pada psikologi eksperimen. Ada beberapa sub-bidang yang berbeda dalam PIO, seperti interaksi manusia-komputer, psikologi personel, dan faktor manusia.

6 Area Kunci PIO

Berdasarkan Muchinsky (2000), sebagian besar psikolog industri dan organisasi bekerja dalam 6 bidang utama berikut ini:

  • Pelatihan dan pengembangan: profesional dalam bidang ini menggunakan psikologi untuk membantu melatih karyawan. Seringkali menentukan jenis keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Psikolog industri dan organisasi mengembangkan dan mengevaluasi program pelatihan karyawan. Selain itu dia membantu melatih manajer agar bisa memotivasi dan bekerja dengan karyawan dengan lebih baik.

Psikolog industri dan organisasi juga bisa bertugas mengembangkan program untuk membantu manajer dalam meningkatkan kemampuan komunikasi, mengembangkan gaya manajemen yang efektif, dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

  • Seleksi karyawan: bidang ini meliputi mengembangkan asesmen seleksi karyawan, seperti tes tertulis dan wawancara untuk menentukan apakah pelamar memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan tertentu.

Prosesnya bisa dimulai dengan mengembangkan deskripsi pekerjaan dan kriteria karyawan yang dicari, membuat iklan lowongan pekerjaan, lalu menyeleksi pelamar untuk posisi yang tersedia.

Mengembangkan tes seleksi adalah tugas lainnya yang melibatkan psikolog industri organisasi.

  • Ergonomik: ergonomik adalah proses mendesain peralatan dan prosedurkerja yang paling sesuai dengan kemampuan dan batasan manusia.

Profesional yang mengkhususkan diri di bidang ini seringkali bertugas mendesain produk dan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang aman dan memaksimalkan produktifitas.

Misalnya saja, psikolog industri dan organisasi membantu menciptakan antarmuka komputer atau alat perakitan yang sesuai dengan kemampuan fisik pekerja.

  • Manajemen kinerja: profesional di bidang ini juga amencari cara untuk membantu karyawan melakukan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.

Prosesnya seringkali meliputi melakukan asesmen terhadap karyawan dan memberikan umpan balik pada cara manajer melakukan pekerjaannya dan berinteraksi dengan karyawan.

  • Kehidupan kerja: psikolog industri dan organisasi membantu menjaga tempat kerja yang sehat secara fisik dan psikologis. Bidang ini juga berfokus pada meningkatkan kepuasan karyawan dan meningkatkan produktivitas mereka.

Psikolog industri dan organisasi di bidang ini bertugas mencari cara untuk membuat pekerjaan lebih bermanfaat atau mendesain program yang meningkatkan kehidupan di tempat kerja.

Prosesnya seringkali dimulai dengan mengembangkan tugas untuk tiap pekerjaan. Psikolog industri dan organisasi bisa ditugaskan untuk merancang pekerjaan yang bermanfaat bagi perusahaan sekaligus memuaskan karyawan.

Beberapa jenis pekerjaan lainnya adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat, mengembangkan program kompensasi yang adil, dan memastikan hak-hak karyawan.

  • Pengembangan organisasi: psikolog industri dan organisasi di bidang ini bertugas membantu meningkatkan organisasi, seringkali lewat meningkatkan keuntungan perusahaan, mendesain ulang produk, dan memperbaiki struktur organisasi.

Psikolog industri dan organisasi mengevaluasi bagaimana sebaiknya organisasi diatur untuk menemukan kelemahan dan membuat perubahan positif. Tujuannya adalah memaksimalkan efisiensi, kepuasan karyawan, dan efektivitas biaya.

Topik-topik utama dalam PIO

libguides.apsu.edu
libguides.apsu.edu
  • Desain produk
  • Tes karyawan
  • Kepemimpinan
  • Keberagaman di tempat kerja
  • Kinerja di tempat kerja
  • Motivasi karyawan

Seperti yang bisa kamu lihat, PIO adalah bidang yang kaya dan beragam. Profesional yang bekerja di bidang ini melakukan berbagai jenis tugas yang berbeda. Pekerjaan ini memiliki banyak kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang.

Di Amerika Serikat, PIO diprediksi menjadi karier dengan pertumbuhan tercepat dalam satu dekade ke depan.

Pertanyaan berikutnya, siapa saja yang sebaiknya belajar psikologi industri dan organisasi? Apakah karier dalam biang psikologi industri dan organisasi tepat untukmu?

Apakah Kamu Cocok Belajar Psikologi Industri dan Organisasi?

allpsychologyschools.com
allpsychologyschools.com

Sebelum memutuskan karier dalam bidang PIO, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Apakah kamu menyukai riset? Apakah kamu merasa nyaman mendalami statistik? Kalau tidak, PIO bisa jadi bukan yang terbaik untukmu.

Profesional yang bekerja dalam bisnis, pemerintahan, maupun dunia akademis menghabiskan banyak waktu melakukan riset. Kalau kamu lebih menyukai bekerja empat mata, psikologi klinis dan konseling akan lebih cocok buatmu.

Kalau kamu tertarik menerapkan prinsip psikologi di dunia nyata seharusnya mempertimbangkan bidang ini. Kalau kamu punya ketertarikan yang kuat di psikologi dan juga bidang terkait desain produk, komputer, statistik, dan engineering, bidang ini bisa jadi ideal untukmu.

Satu hal menarik tentang PIO adalah melingkupi topik dan keahlian dari berbagai bidang psikologi. Psikologi kepribadian, psikologi sosial, psikologi eksperimen, dan statistik adalah beberapa bidang yang akan psikolog industri dan organisasi geluti dalam aktivitas sehari-harinya.

Apa Saja Prodan Kontra Memilih Karier PIO?

detoxyourbody.co
detoxyourbody.co

Pro dari Karier dalam PIO

  • Cukup banyak peluang karier dengan gelar master
  • Jalur karier yang luas, misalnya di swasta, konsultan, pemerintahan, dan pendidikan
  • Banyak peluang untuk membuka usaha sendiri

Kontra dari Karier dalam PIO

  • Klien dan proyek yang sering berubah
  • Riset yang dilakukan bisa terasa membosankan dan cukup membuat stres
  • Banyak posisi membutuhkan gelar doktor

Tentu saja pro dan kontra tersebut tergantung dari persepsimu sendiri. Sisi  kontra pada poin-poin di atas bisa menjadi pro kalau  kamu memang menyukainya.

Dengan melihat sisi-sisi psikologi industri dan organisasi ini, apakah kamu merasa kalau bidang ini cocok buatmu?

Tinggalkan komentar