Mengintip Keindahan Pulau Macan di Kepulauan Seribu

PULAU MACAN – Menghabiskan waktu liburan kerja tidak cukup untuk berdiam diri di rumah. Kamu harus menyegarkan pikiran kamu kembali dengan berwisata, mencari udara yang segar dan pemandangan indah bersama keluarga atau teman-temanmu.

Salah satu tempat yang dapat kamu jadikan untuk berwisata mencari udara segar dan pemandangan yang indah adalah Pulau Macan. Pulau Macan merupakan pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Kamu bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan. Kamu bisa menenangkan pikiran kamu sejenak. Dan, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di Pulau Macan ini. Apa saja yang bisa kamu dapatkan dan kamu lakukan di Pulau Macan?

 Review Pulau Macan Kepulauan Seribu

review pulau macan
wiyata-island.com

Pusing dengan urusan pekerjaan yang membuat kamu ingin refreshing ? Mencari pulau indah yang mempunyai pasir putih dengan pepohonan yang rindang dan pemandangan bawah laut yang dapat memanjakan mata ?

Rasanya kalian harus mengenal pulau yang satu ini. Pulau apa sih memangnya ? Nama pulau ini adalah pulau macan. Pulau macan merupakan pulau yang sangat eksotis karena pasir putihnya yang indah dan bersih serta air lautnya yang sangat jernih.

Pulau macan ini berlokasi di bagian utara kepulauan seribu, Jakarta. Apa sih yang membedakan pulau macan dengan pulau lainnya ? Jika kalian berlibur ke pulau macan, maka kalian akan merasa seperti berlibur di pulau pribadi milik sendiri.

Pulau ini dikelola oleh sebuah resort yang memang sangat menjaga kelestarian alam di pulau macan ini sehingga tidak sembarang orang yang bisa masuk dan berlibur ke pulau ini.

Bagi kalian yang memang mendambakan sebuah liburan yang berkesan namun tidak terlalu jauh dari ibu kota, maka pulau macan adalah solusinya. Sebelum berkunjung kesini, kalian bisa reservasi terlebih dahulu. Harga yang dipatok untuk menginap di pulau ini memang lebih mahal ketimbang pulau-pulau lainya yang berada di kepulauan seribu.

Kalian juga harus menaiki speed boat yang memang sudah disewa oleh pihak pengelola pulau macan dari dermaga marina ancol dengan estimasi waktu 85-90 menit. Jika tidak, kalian harus menggunakan kapal kerapu yang hanya akan berangkat apabila penumpangnya sudah berjumlah 8 orang.

Itupun berangkatnya pada pukul 8 pagi. Namun kalian tidak perlu khawatir, walaupun butuh waktu yang lama untuk sampai di pulau macan, namun begitu kamu sampai dan menginjakan kaki di pulau ini, semuanya akan terbayarkan.

Kawasan ini terdiri dari 2 pulau, yaitu pulau macan kecil dan pulau makan besar. Di pulau macan besar terdapat penginapan yang sangat eksotis dan sedangkan di pulau macan kecil dibiarkan alami tanpa penghuni.

Harga yang ditawarkan oleh resort di pulau ini memang cukup rasional, karena lingkungannya masih sangat alami dan sangat bersih dari sampah.

Untuk menjaga alam agar tetap alami, tamu yang datang juga dibatasi karena pulau ini hanya mampu menampung kurang lebih 30 orang saja. Tentu hal ini dapat mendukung kalian yang ingin berlibur berdua saja dengan kekasih atau orang special.

Pemandangan yang ditawarkan dari dalam kawasan ini juga tidak bisa terelakkan, yaitu langsung menghadap ke laut. Cocok sekali bagi kamu yang ingin bermadu kasih dan menyegarkan otak dari urusan pekerjaan dan rumah tangga.

Liburan ke pulau macan ini tidak lengkap rasanya jika tidak menyebur dan berenang ke laut. Kalian tidak boleh melewatkan kesempatan ini  untuk melihat keindahan karang dan ikan-ikan yang indah dibawah. Namun, kalian juga harus memperhatikan bebrapa peraturan dan rambu-rambu yang ada serta waspada terhadap tajamnya karang dan hewan seperti bulu babi.

Selain snorkeling, kamu juga bisa menaiki perahu yang terdapat dipulau ini. Jangan lupa untuk menggunakan pelampung demi keamanan kamu. Setelah melakukan olahraga air, kamu juga bisa menyicipi berbagai macam hidangan kelas hotel berbintang yang telah disiapkan oleh resort ini.

Beragam jenis menu tersedia, bahkan bagi kalian yang vegetarian. Sambil menunggu matahari terbenam, kalian dapat bersantai di atas hammock sambil membaca buku atau mendengarkan musik.

Gimana, udah mulai kebayang enggak berlibur ke pulau macan ? Enjoy your holiday. Jika kamu bingung aktifitas apa yang bisa dilakukan dipulau ini, kamu bisa melihat beberapa tips dibawah ini :

Tips Berlibur ke Pulau Macan

perlengkapan liburan
vistaeducation.com

Merasa suntuk bekerja seharian penuh dan ingin melepasnya? Pulau macan bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata keluarga anda. Pulau Macan dengan pantai dan lautnya yang indah juga bersih. Apalagi pemandangan yang indah di sepanjang pantainya membuat mata kita serasa dimanjakan dengan pemandangan yang ada. Di sana juga terdapat taman laut yang sangat eksotis. Banyak sekali taman laut yang bisa anda lihat. Pulau Macan sendiri terletak di bagian barat lautnya Laut Jawa. Pulau Macan ini merupakan salah satu dari tempat wisata dari Pulau Seribu. Untuk menuju ke puau ini anda hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dari Pantai Marina Ancol dengan mengendarai speed boat.

Agar perjalanan anda nyaman ketika berlibur ke Pulau Macan ini tips agar liburan anda bisa berjalan dengan lancar.

Pilih waktu yang pas

Sebisa mungkin jangan liburan ketika musim penghujan, karena saat hujan proses penyebrangan ke Pulau Macan akan terganggu dengan ombak yang tinggi. Jadi, nanti bisa-bisa ada malah tersapu ombak dan tidak jadi liburan malah dapat musibah. Di waktu hujan juga anda tidak akan bisa menikmati snorkeling melihat indahnya taman bawah laut Pulau Macan dan bermain-main di pantai bersama keluarga. Apalagi ketika hujan lebat dan angin kencang, suhu di sana akan semakin dingin. Tapi, jika anda tetap ingin pergi dan cuaca sekarang susah diprediksi, alangkah baiknya anda membawa perbekalan seperti selimut serta pakain hangat. Supaya apabila cuaca buruk terjadi anda tetap merasa hangat dan tidak jatuh sakit.

Siapkan uang cadangan

Disamping anda harus menyiapkan uang tunai, anda juga perlu menyiapkan uang cadangan ketiak berlibur di Pulau Macan. Hal ini disebabkan penginaan-penginapan yang ada di Pulau Macan bisa dibilang mahal-mahal dibandingkan degan destinasi wisata lainnya di Kepulauan Seribu. Oleh sebab itu anda harus membawa uang yang berlebih supaya jika anggaran anda habis tidak panik, karena anda memiliki anggaran cadangan.

Bawa camilan sendiri

Untuk biaya menginap semalam di Pulau Macan tergolong mahal banget, itu sudah termasuk makan pagi, siang, dan malam. Meski begitu, anda harus tetap membawa camilan-camilan supaya tidak beli di sana, karena harga untuk beli makanan kecil di sana bisa berkali kali lipat dari harga aslinya. Supaya hemat makannya anda bawa makanan kecil secukupnya kira-kira sampai anda selesai liburannya.

Jauhi makanan yang pedas

Apabila anda memilih untuk membuat tenda atau menginap di sebuah pondok penginapan yang kamar mandinya di luar, maka anda perlu berjalan kaki untuk menuju toilet. Oleh karena itu diusahakan anda menghindari memakan makanan yang pedas supaya anda tidak mengalami gangguan perut. Hal ini penting anda perhatikan supaya liburan anda tidak terganggu dengan hal-hal sepele seperti itu.

Siapkan obat mabuk laut

Jika anda merasa mual dan pusing ketika di atas kapal, direkomendasikan untuk membawa obat anti mabok laut. Karena untuk mencapai Pulau Macan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi anda harus persiakan obat mabok laut sebelum pergi ke Pulau Macan.

Tanyakan menu vegetarian

Di Pulau Macan ada berbagai macam menu vegetarian yang enak dimana bahan-bahan sayurannya hasil dari sauran yang ditanam langsung di Pulau Macan. Ini merupakan hal yang baik bagi ada yang seorang vegetarian. Banyak sekali menu-menu vegetarian yang bisa dinikmati. Nanti jika anda memesan makanan, jangan lua untuk menanyakan menu vegetarian.

Ada beberapa kegiatan dan faslitas yang bisa dicoba diantaranya:

Relaksasi

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Jika kamu ingin bersantai dan relaksasi, pulau macan lah tempatnya. Karena salah satu alasan orang mengunjungi pulau ini adalah untuk bersantai dan relaksasi.

Pulau yang lokasinya berada di kawasan Kepulauan Seribu ini termasuk pulau pribadi yang setiap hari pengunjungnya dibatasi, yaitu kurang dari 40 orang saja. Sehingga, saat kamu mengunjungi pulau ini seakan-akan pulau ini milik kamu sendiri.

Snorkeling

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Menelusuri alam bawah laut merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau ini. Pemandangan bawah laut Pulau Macan sangat berbeda dengan pemandangan bawah laut di pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu. Banyak kerusakan terumbu karang di bawah laut pulau lain. Namun, pemandangan bawah laut Pulau Macan masih sangat jernih dan cantik.
Untuk dapat menelusuri pemandangan bawah laut PUlau Macan, kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya lagi. Karena semua sudah disediakan secara gratis.

Bermain Kano

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Selain kamu bisa melakukan snorkeling, kamu juga bisa bermain kano di pulau ini. Kamu bisa mendayung kano mulai dari Pulau Macan hingga ke Pulau Seberang yang bernama Pulau Macan Gundul.

Trekking

jpicnicblog.wordpress.com
jpicnicblog.wordpress.com

Jika kamu sudah sampai di Pulau Macan Gundul, kamu bisa melakukan perjalanan menelusuri keindahan Pulau Macan Gundul. Pulau yang tidak berpenghuni ini berukuran kecil. Sehingga, kamu tidak perlu takut tersesat di pulau ini. Selain itu, tidak banyak juga jalan bercabang.

Berfoto Ria

optiik.ub.ac.id
optiik.ub.ac.id

Tentu saja kebisaan orang saat ini, yaitu berfoto bisa kamu lakukan di pulau ini. Apalagi banyak sekali panorama yang indah yang dapat kamu jadikan objek jepretan kameramu dan setiap sudut pulau sangat sayang banget jika tidak kamu abadikan.

Menyaksikan Sunset

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Satu lagi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu menyaksikan sang surya tenggelam. Kamu bisa bersantai dengan ditemani segelas minuman penghangat dan di depan matamu tersaji pemandangan yang indah. Matahari berlahan-lahan bergerak turun seakan-akan bersembunyi di bawah laut.

Bakar Ikan

ciricara.com
ciricara.com

Setelah seharian bermain, bercanda bersama teman-temanmu, saatnya kamu menikmati sepiring nasi ditemani dengan ikan bakar dengan bumbu kecap yang ditaburi dengan taburan bawang merah dan cabai hijau. Sungguh kenikmatan tiada tara, yang sulit kamu temukan saat kamu berada di rumah.

Api Unggun

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Matahari sudah hilang dari pandangan diganti dengan kegelapan yang datang. Saatnya kamu menikmati malam-malammu di Pulau Macan ditemani dengan hangatnya api unggun dan teman-teman disekelilingmu. Sungguh menyenangkan, bukan? Kamu bisa saling bercerita mengenai berbagai rencanamu, masa lalumu, kelucuan-kelucuanmu sambil melingkari api unggun bersama teman-temanmu. Mungkin, kegiatan inilah yang sulit dilupakan ketika kamu mengunjungi Pulau Macan.

Coral Planting

tentangoseanografi.wordpress.com
tentangoseanografi.wordpress.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga orang yang akan merusak pemandangan bawah laut. Oleh karena itu, agar pemandangan bawah laut tetap indah, dilakukanlah penanaman koral.

Koral-koral yang baru akan ditanam untuk menggantikan koral yang rusak akibat dari ulah manusia. Dengan cara ini, pemandangan bawah laut tetap indah dan bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Kamu juga bisa berkontribusi dalam menjaga keindahan bawah laut, khususnya bawah laut Pulau Macan dengan cara menanam koral di laut Pulau Macan.

Menikmati Massage

http://backpackstory.me/
http://backpackstory.me/

Setelah mengabiskan tenagamu untuk berbagai kegiatan di Pulau Macan ini, saatnya kamu melenturkan otot-otot yang kaku dengan memijatnya. Di Pulau ini tersedia tenaga pijat profesional yang bisa menghilangkan rasa pegal dan penat di badanmu. Ingat! Jangan berharap untuk mendapatkan layanan pijat plus-plus. Karena ditempat ini tidak menyediakan layanan tersebut. Selain itu, hal itu juga termasuk dalam dosa besar, tobat ya tobat.

Akomodasi Bernuansa Alami di Pulau Macan

suasana di resort pulau macan
gogonesia.com

The best gateway in Jakarta meupakan julukan untuk beberapa traveler yang sudahpernah melakukan atau pernah berwisata ke Pulau Macan di Pulau Seribu. Nama pulau macan memang tidaklah terlalu terkenal seperti pulau-pulau yang ada di gugusan pulau seribu lainnya.

Tetapi Pulau Macan memiliki memiliki kecantikan tropis yang indah, begitu alami sehingga bisa sangat kita nikmati. Pulau macan sendiri sebenarnya terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Macan Besar untuk tempat menginap dan Pulau Macan Kecil untuk dibiarkan ke alamian an keasriannya tanp tersentuh dan tanpa berpenghuni.

Di Pulau Macan sendiri cenderung lebih sepi dan lebsedi apabila dibandingkan pulau-pulau yang ada di sekelilingnya. Bukan karena pemandangan atau tempatnya yang kurang bagus, namun Pulu Macan ini memang sebuah pulau resort yang jumlah pengunjungnya dibatasi. Seperti saat kita mau ke Pulau Bidadari kita harus pesan terlebih dahulu sebelum mengunjunginya.

Tiger Island & Eco Resort merupakan resort yang bida di bilang cukup mewah disana dengan emngusung tema dan misi melestarikan lingkungan. Resor ini memiliki nuansa alam yang alami dan di padu dengan konsep teknologi modern. Misalnya saja yang ada di sana sebagian besar bangunan yang ada di sana dibangun dengan bahan alam. Serta perlengkapan furniturenya yang berasal dari limbah kayu.

Listriknya sendiri sebagian besar menggunakan solar panel, sehingga mampu untuk menghemat penggunaan solar padaa genset. Di sana mereka juga menampung air hujan untuk di saring lalu kemudan di pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk makanan yang disajikan sendiri juga menggunakan bahan organik, dengan sayuran yang diambil dari sayuran hasil tana-menanam sendiri oleh pihak resort secara organic. Menurut pendapat beberapa tamu, makanan yang ada di sana pun terbilang sederhana, namun terasa nikmat dan lezat karena bahannya terasa segar.

Walau pun makanan yang ada hanyalah nasi goring maupun semur tahu. Kepala koki masakan ini merupakan seorang ibu-ibu yang sederhana yang telah sedari kecil pengasuh pemilik sejak tinggal di Indonesia maupun kelas Internasional resort.

Resort di Pulau Macan ini juga menyediakan bermacam-macam akomodasi dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah. Island Tent. Walau hanya disebut tenda namun tempatnya sungguh nyaman, dengan dilengkaapi seprai, bantal yang terawat dan bersih serta lilin pengusir nyamuk.

Tenda ini hanya mampu memuat sebanyak 3 orang, selain tenda ada juga penginapan berupa kabin seperti Eco Cabin, Tropical Cabin dan Bamboo Cabin. Tetapi akomodasi yang paling terkenal disana adalah Sunset Hut. Dengan pondokan yang cukup untuk dimuat sebanyak 4 orang dalam satu kabin. Dilengkapi dengan 1 double bad dan 2 sengle bad dengan kamar mandi yang cantik bernuansa alami.

Sunset Hut juga mempunyai dek pribadi dengan akses langsung menuju lautan. Istimewanya adalah, Sunset Hut ini menghadap ke Barat, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang indah tiap sore. Dari dek pribadi di Sunset Hut, kamu akan terpesona memandang matahari merah yang perlahan meninggalkan langit senja.

Selain pondokan-pondokan untuk menginap, Pulau Macan memiliki berbagai fasilitas seperti Club House. Di sini kamu bisa menikmati hidangan yang disajikan prasmanan, bersantai, menonton DVD ataupun membaca. Ada juga Bamboo Bar & Sundeck, tempat favorit untuk mengobrol dan berjemur di bawah sinar matahari. Ada juga toko suvenir dan snack yang menyediakan perlengkapan snorkeling.

Pengalaman Bermain Ke Pulau Macan

pengalaman di pulau macan
ayokitacerita.com

Pulau Macan atau Tiger Island ini adalah salah satu member gugusan Kepulauan Seribu yang berada di seberang pulau Jawa. Pulau Macan sendiri merupakan salah satu pulau terluar dari Jakarta di antara pulau-pulau seribu sehingga kejernihan dan kebersihannya pantainya benar-benar terjamin. Nah, saya ingin menceritakan pengalaman saya saat berkunjung ke pulau kecil ini.

Di pertengahan bulan Agustus 2012, saya dan teman-teman kantor berencana outing di Pulau Macan.

kami berkumpul di Marina , karena speed boatnya menunggu disitu. Jarak Marina ke pulau macan cukup jauh, sehingga harus ditempuh dengan speed boat. Yah, sekitar 1,5 jam mengarungi lautan.

Setelah berkumpul, sekitar jam 8 pagi kami berangkat. Cuaca hari itu terik. karena kami berjumlah hampir 30 orang, maka kami menggunakan 2 speed boat. Setiap speed boat dapat menampung hingga 15 orang.

Di dalam speed boat terbilang cukup nyaman. Ada kasur bagi yang mabuk laut atau ingin tidur sebentar, ada set karaoke, ada makanan,minuman, dan buah yang telah disediakan untuk sarapan.

Bagi yang tidak ingin terkena sinar matahari, dapat menunggu di dalam speed boat. Bagi yang ingin merasakan angin laut dan memandangi laut yang luas, dapat menunggu di bagian luar speed boat.

Sesampainya disana, bibir pasti tersenyum. memang benar-benar indah pulau ini. Apalagi ditambah fasilitas resortnya yang bagus. Tidak akan rugi mengunjungi pulau ini .

Pulau macan sendiri terdiri dari dua pulau yaitu Macan Kecil dan Macan besar. Kedua pulau ini terpisah oleh pantai , namun hanya berjarak sekitar 50-75 meter sehingga dapat ditempuh dengan kayak, berenang, atau kano.

Setiap pulau memiliki kelebihan masing-masing. Pulau macan besar adalah pulau utama , disinilah segala kegiatan berlangsung seperti tidur, makan, main, dan sebagainya.

Segala fasilitas cottage dibangun disini. Di pulau macan besar tidak ada pasir putih, namun di sekitar jembatan dermaga spotnya sangat baik untuk snorkling/diving karena ikan paling banyak berkumpul disini. Selain itu, di dekat dermaganya juga ada sarang clown fish alias nemo. Saya sering kali snorkling di dekat sini untuk melihat keluarga si nemo. Benar-benar cantik.

Pulau yang lain adalah pulau macan kecil. Memang ukurannya lebih kecil sih, tapi semua hamparan pasirnya adalah pasir putih dan benar-benar bersih. Bagi yang ingin bermain pasir dapat berkunjung ke pulau ini.

tapi hati-hati, bagi yang ingin snorkling / diving, sebaiknya di sekitar macan besar saja, karena di macan kecil lebih banyak bulu babinya. Lumayan kalau ketusuk, hahaha.

Jangan lupa membawa roti saat berenang biar ikan-ikan pada datang 😛

Kalau mau datang ke pulau ini, cukup bawa uang untuk jajan, dan baju ganti saja. Atau bawa sunblock bagi yang takut gosong. Selain itu sudah disiapkan oleh pemilik.

Makanan, peralatan mandi, peralatan snorkling, dan permainan sudah disiapkan. Sangat praktis. Di pulau macan, pada siang hari kita dapat berenang, bermain volly pantai, atau hunt foto.

pada malam hari, banyak permainan yang disediakan seperti billiard, uno, remi, dan permainan lain. Paling enak bermain remi beramai-ramai di main hut, sambil menikmati barbekyu yang sudah disiapkan. Tinggal datang aja deh pokoknya.

Makanan telah disiapkan oleh pengelola pulau. Jangan salah, makanan di pulau ini benar-benar enak, setara dengan makanan hotel.

Di pagi hari banyak menu salad, sandwich, nasi goreng, dan sebagainya. Di siang hari ada menu ikan besar yang masih segar dan ditangkap oleh nelayan sekitar, dan di malam hari ada barbekyu. Benar benar mantap.

Tinggalkan komentar