Pesona Keindahan Pulau Pari di Kepulauan Seribu

PULAU PARI – Bagi warga Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan Pulau Pari. Pulau yang berada di dalam gugusan Pulau Seribu ini memang terkenal dengan keindahan panorama alam yang begitu menawan. Pulau Pari menjadi salah satu tempat wisata terbaik untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai yang masih asri.

Pulau ini memang dikaruniai keindahan alam yang sangat menakjubkan, ditambah lagi dengan belum banyaknya wisatawan yang menjamah Pulau Pari sehingga lingkungannya masih sangat terjaga.

Bila dilihat dari udara pulau ini terlihat seperti bentuk ikan pari, oleh karena itulah pulau ini diberi nama Pulau Pari. Pesona keindahan Pulau Pari mungkin bisa sedikit tergambarkan dengan pada ulasan di bawah ini.

Akses Menuju Lokasi Pulau Pari

Keindahan Ikon Pulau Pari
pulauseribu-traveling.com

Lokasi Pulau Pari berada di sebuah desa di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Lokasi wisata ini masih berada di dalam gugusan wisata Pulau Seribu yang terletak di pesisir utara Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini memiliki wilayah dengan luas 40,32 hektar dan ada sekitar 800 jiwa yang menjadi penduduk setempat.

Untuk menuju pulau ini kamu bisa menggunakan kapal kayu dari pelabuhan Muara Angke yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam atau bisa juga dengan menyewa speed boat dari Marina Ancol yang membutuhkan waktu tempuh 1 jam 15 menit. Di sepanjang perjalanan kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah, jadi waktu perjalanan tidak akan begitu berasa.

Keindahan Pantai di Pulau Pari

Keindahan Pantai Pulau Pari indonesia
anythingjakarta.com

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan adalah keindahan pantai yang dimiliki oleh Pulau Pari. Ketika sampai di pulau ini para pengunjung akan langsung disajikan pantai dengan pasir putih serta air yang masih jernih. Wahana pasir putih yang masih bersih akan memanjakan kamu, apalagi pantai ini masih belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Pantai di Pulau Pari oleh penduduk sekitar diberi nama Pantai Pasir Perawan. Selain memang keindahan yang dimiliki oleh pulau ini, nama tersebut sebenarnya berasal dari sebuah cerita legenda. Dahulu kala, ada seorang gadis yang jatuh cinta pada nelayan yang ada di Pulau Pari. Kedua ingsan ini menjalani kisah cinta dengan bahagia.

Tapi suatu ketika sang nelayan yang pergi untuk melaut tak kunjung kembali. Sang gadis dengan setia menunggu kekasihnya di pantai yang ada di Pulau Pari hingga akhir hayatnya. Akhirnya warga setempat menamai pantai tersebut dengan Pantai Pasir Perawan.

Pantai ini dikelilingi oleh hutan bakau sebagai pertahanan, pantai ini bisa dijelajahi dengan menaiki sampan yang tersedia di tepian pantai. Pengalaman unik manaiki sampan sambil mengelilingi hutan bakau akan menjadi pengalaman tersendiri ketika berkunjung ke pulau ini.

Keindahan utama di Pulau Pari dianatarnya :

Menikamati Indahnya Pasir Putir dan Batu Karang

Terdapat pantai indah di pulau pari yang bernama pantai pasir perawan. Pantai tersebut begitu menawan dengan pasir putih yang bersih dan kotoran-koran sampah. Di pantai ini kebersihan lingkungan benar-benar diperhatikan oleh pengelola wisata, menjadikan pantai pasir perawan tambah indah menyegarkan pemikiran.

Di perairan pantai pasir perawan kedalaman laut mencapai 5 meter, laut tidak terlalu dalam dan ombak tidak terlalu besar. Di beberapa tempat sekitar pantai ada bebatuan karang yang berwarna putih, tambah indah karena masih asri dan lingkungan yang bersih.

Indahnya Surga Bawah Laut dan Terumbu Karang

Perairan pesisir pantai utara pulau jawa ini cukup tenang karen banyak pulau pulau kecil di sekitarnya. Kedalaman pantai tidak terlalu dalam sekitar 5 – 9 meter. Lokasi ini sangat bagus untuk kegiatan snorkling untuk menikmati pemandangan bawah laut seperti ikan-ikan cantik dan terumbu karang.

Pemandangan Hutam Mangrove

Di kitar pantai pasir perawan juga terdapat hutan mangrove, hutan mangrove inilah yang menjadikan lingkungan pantai pasir perawan serta pulau pari menjadi indah dan asri. Di pulau yang memiliki luas 4.3 hektar tersebut, hanya ada sekitar 700 orang yang menempatinya.

Tak mengherankan jika suasana di sekitar pulau cukup sepi dan tenang. Lingkungan pantai dan hutan mangrove yang menghadap ke utara Laut Jawa ini memiliki pasir putih yang cukup lembut dengan bentuk pesisirnya yang berkelok-kelok.

Wahana Air di Pulau Pari

Wahana Air di Pulau Pari
alif-travelpulauseribu.com

Selain pantai dengan pasir putih yang bersih, kamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan penyelaman di Pulau Pari. Air yang jernih serta kekayaan biota laut yang ada di pulau ini akan membuat kamu takjub dengan keindahannya.

Berbagai wahana permainan air yang tersedia seperti banana boat, atau aktivitas menyelam seperti snorkling, diving dan berbagai aktivitas lainnya yang disediakan oleh pengelola wisata. Untuk lebih jelasnya berikut ini :

Banana boat

Tidak asyik jika kalian berwisata ke Pulau Pari namun tidak mencoba satupun wahana airnya. Ini salah satu rekomendasi dari kami, banan boat, hanya dengan merogoh kantong dan mengeluarkan isinya sebesar 30 ribu rupiah kalian bisa menikmati dan merasakan sensasi meluncur di hamparan laut biru.

Snorkling

Wahana yang satu ini memang harus dan wajib kalian coba! Buat apa Pantai Pari menyuguhkan keindahan bawah lautnya tapi kalian melupakan begitu saja saat berkunjung ke sana. Feel utama menikmati keindahan pulau pari ini ya dengan snorkling, kami jamin krisis kantong dan rasah lelah kalian terbayarkan dengan mencoba wahana air yang satu ini.

Diving

Kalian kurang puas hanya melihat dari permukaan saja? Kalian bisa menyelam dan menikmati lebih dalam lagi keindahan bawah lautnya dengan mencoba wahana diving.

Jetski

Enggak mau terlalu basah kuyup? tenang guys, kalian yang enggak mau terlalu basah kuyup atau enggak mau menyentuh air tetap bisa menikmati lautnya dengan bermain jet ski.

Menikmati Keindahan Pulau Pari dengan Sepeda

Menikmati Keindahan Pulau Pari dengan Sepedah
rahmaliza.weebly.com

Bila kamu sudah puas menikmati keindahan pantai di Pulau Pari jangan melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam lainnya. Kamu bisa melihat Pulau Pari dengan berkeliling menggunakan sepeda.

Luas pulau ini tidaklah terlalu besar sehingga untuk mengelilinginya hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Berkeliling dengan sepeda memiliki banyak manfaat, selain puas melihat keindahan alam tubuh juga menjadi lebih sehat.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Melihat Budidaya Rumput Laut di Pulau Pari
aries.id

Pulau Pari merupakan pulau yang dikenal dalam budidaya rumput lautnya. Apalagi setelah beoperasinya Pusat Pengembangan Oseonografi sejak 1997 di pulau ini. Di pulau ini ditemukan banyak terumbu karang hidup seperti soft corals, brain corals, labirith corals, pakis laut, dan lainnya.

Lagoon yang luas di Pulau Pari dilengkapi hutan bakau yang lebat menjadikan tempat ini ideal bagi ikan-ikan untuk berkembang biak. Oleh karena itu pula, bahkan rumpon-rumpon di sini sering dihuni ikan-ikan besar saat sedang musimnya.

Menikmati Sunset di Pulau Pari

Menikmati Matahari Tenggelam di Pulau Pari
anythingjakarta.com

Tidak lengkap rasanya bila sudah berkunjung di pulau ini bila belum melihat indahnya matahari tenggelam yang memancarkan cahaya keemasan. Cahaya yang memantul di permukaan air laut yang jernih terlihat sangat eksotis. Suasana ini akan semakin lengkap bila kamu menikmatinya dengan kekasih hati.

Air Tawar Bisa Kamu Temukan di Pulau Pari

Pulau Pari Pulau kecil ini juga nampak unik dengan karakteristiknya yang berbeda dari pulau kecil yang lain. Sebuah cekungan nampak di bagian barat pulau dan menjadi tempat penampungan serapan air hujan. Cekungan ini juga menjadikan air di Pulau Pari berjenis air tawar yang berbeda dengan pulau lain yang memiliki air payau.

Dengan adanya air tawar, menjadikan pulau pari memiliki berbagai macam flora yang hidup di sana. Selain mangrove dan pohon kelapa, anda juga bisa menjumpai pohon mangga, pisang, jambu air, petai cina, palem, buah naga, sri kaya, cemara bahkan pinus.

Cekungan ini berada di bagian barat pulau dan merupakan ekor pulau. Di bagian ini merupakan daerah pemukiman para penduduk dan saling berinteraksi satu sama lainnya. Sedangkan di bagian timur yang merupakan bagian kepala, ialah tempat Pantai Pasir Perawan berada dengan hutan mangrovenya yang lebat.

Tempat Berwisata Nyaman dari Rutinitas Kerja

liburan bareng keluarga dan teman dekat di pantai pasir perawan
ernaprisqilla.wordpress.com

Tempat yang indah mempesona dan nyaman adalah pilihan yang tepat untuk sejenak menikmati karunia Tuhan yang Maha Agung. Pulau Pari bisa dijadikan tujuan yang tepat untuk berwisata ria bersama keluarga ataupun rekan kerja sewaktu liburan.

Bagi anda yang bekerja di wilayah Jakarta dan sekitarnya, pulau Pari jangan sampai terlewatkan untuk di kamu jadikan destinasi liburan. Keindahan Pulau Pari yang mempesona dan keadaan alam yang masih asri dan terjaga menjadikan Pulau Pari selalu dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Terkenal dengan objek wisata Pantai Pasir Perawan membuat Pulau Pari seperti terasa berada di atas angin. Pulau kecil yang memiliki potensi wisata cukup membahana telah membuat Pulau Pari menjadi Primadona wisata di Pulau Seribu.

Setiap harinya pulau pari selalu ramai dikunjungi, apalagi sewaktu hari akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Jika anda ingin menikmati susana waktu khusus untuk berlibur di pulau Pari, Luangkan waktu khusus selain hari libur agar suasana tentram dan asri bisa kamu rasakan sepenuhnya.

Pulau Pari terkenal dengan Pantai Pasir Perawan, sekadangkan didekatnya juga da yang namanya Pulau Tidung yang terkenal dengan Wisata Jembatan Cinta

Menikmati Kuliner di Warung Tradisional

Menikmati Kuliner di Warung Tradisional di Pulau Pari
djourneyofsilviachou.blogspot.co.id

Indonesia yang kaya akan keanekaragaman kulinernya ini juga dapat kamu temui di Pulau Pari loh. Sayang kan rasanya jika saat kita mengunjungi Pulau Pari namun tidak mencoba untuk mencicipi masakan yang disajikan. Seperti ada yang kurang untuk diceritakan kepada keluarga teman sepulangnya dari sana.

Dengan paduan keindahan alam yang memukau mata dan jiwa, tidak baik untuk kesehatan jiwa kalian jika dilewatkan begitu saja. Alangkah lebih baik ikut mencicipinya walau satu atau dua porsi. Hehe

Mungkin kalian yang baru pergi kesana akan membawa bekal, takut jikalau tak ada yang warung makan, atau memang sudah terbiasa membawa bekal jika berwisata.

Selalu Membawa Uang Tunai

Namun bagi kalian yang tidak ingin ribet bekal tapi juga tak ingin kelaparan, tak usah khawatir. Warung tradisional milik penduduk akan selalu setia menanti anda. Bahkan disini hampir dipastikan 24 jam ada saja warung yang buka untuk melayani para wisatawan yang ingin makan.

Wisata kuliner di Pulau Pari bisa kalian temukan hampir di setiap sudut pulau Pari Besar, bahkan sampai Jembatan Cinta yang menjadi sebuah penghubung antar pulau pun. Kalian bisa menemukan deretan warung yang siap memenuhi kantung perut anda.

Untuk makanan utama di Pulau ini pasti kalian sudah tahu lah, ikan bakar. Dimana sumberdaya langsung dari laut sekitar pulau. Untuk harganya kalian jangan khawatir ya, karena pastinya masih sangat terjangkau dan tidak membuat kantong anda kosong.

Namun yang harus kalian perhatikan adalah, selalu sediakan uang dalam bentuk tunai sebelum kesana ya kawan. Karena disana belum ada ATM ataupun bank, tentu saja apapun harus dalam bentuk tunai.

Penginapan di Pulau Pari

Berwisata satu hari saja di Pulau Pari sepertinya tak akan cukup untuk kita melewati hari libur yang cukup panjang. Lalu kenapa tidak pergi menginap saja untuk bisa lebih menikmati cerita yang terjadi di Pulau Pari ini.

Suasana kamar di salah satu penginapan rumah penduduk di Pulau pari
photobucket.com

Tetapi jangan membayangkan sebuah hotel berbintang 5 yang akan menemani nuansa tidur anda. Karena disini kita hanya akan menemukan sebuah homestay atau dikenal sebagai rumah penduduk yang berbalut penginapan.

Semua penginapan di pulau Pari ini asli dimiliki dan dikelola langsung oleh para penduduk setempat. Namun bagi kalian yang ingin penginapan yang terpisah dari kegiatan sehari-hari, kalian masih bisa memilih beberapa penginapan yang terpisah dari rumah mereka.

Penginapan Murah Meriah

Untuk harga penginapan, biasanya mengikuti sesuai fasilitas yang disediakan dan juga kenyamanan yang diberikan di tempat penginapan tersebut.

Seperti misalnya jika anda ingin mendapatkan penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti TV, Kulkas, AC, dispenser, dan kamar mandi dalam. Anda mungkin akan mendapatkan harga sekitar Rp. 700.000,- atau lebih mahal per malamnya.

Namun jangan khawatir juga, karena anda masih bisa bernegoisasi dengan pemilik penginapan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tips untuk Tak Tersesat

Sebagai tips untuk menghafal agar kalian tidak tersesat atau salah penginapan setelah kembali dari berwisata. Kalian jangan menghafal nama jalan yang ada, karena tentu saja di sana tidak ada yang namanya ‘’nama jalan’’.

Cukup hafalkan nomor Rumah dan juga nomor kependudukan RT dan RW dari setiap rumah yang ada. Karena disana jalannya kebanyakan berupa jalan setapak dan berpetak-petak sehingga yang baru berkunjung kesana akan tersesat jika hanya asal berjalan.

Pesta Berbeque

Manggang Ikan dan Cumi di Pulau Pari
miner8.com

Setelah berlama-lama menikmati indahnya pulau pari yang sangat indah, berkayuh lelah mengitari Keindahan dengan bersepeda di sekeliling pulau pari, setelah lelah menikmati sarana wisata air yang menyuguhkan keindahan bawah laut dan speedboat yang mengasikan dan seru.

Kamu bisa menikmati nikmatnya berwisata kuliner dengan makanan yang khas . Wisata kuliner merupakan menu wajib yang harus kamu coba selama berlibur di pulau pari ini. Hidangan seafood yang khas menggugah selera makan siapapun yang berkunjung ke pulau pari ini.

Hidangan seafood berupa ikan, cumi bakar, dan kerang bakar, bisa kamu temukan di pulau pari ini. Kamu juga bisa membuat keseruan dengan mengadakan pesta berbeque dengan menu makanan seafood ini, sebagai teman bersenda gurau ketika menjelang malam di pulau pari.

Tentu akan lebih seru lagi jikalau kamu berkunjung ke pulau pari ini bersama keluarga dan teman-teman tercinta, dengan acara kuliner malam yang seru, menghabiskan waktu dengan berakhir pekan di pulau pari yang sangat indah ini untuk mempererat tali silaturahmi keluarga.

Shopping

Walaupun pulau pari merupakan pulau terpencil namun menyuguhkan keindahan yang luar biasa, di pulau pari juga terdapat tempat shopping bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh khas pulau pari tersebut.

Di pulau pari terdapat kios-kios yang menjual aneka pakaian seperti; baju,kaos, dan souvenir khas pulaunya. Souvenirnya agak mirip-mirip di Bali gitu deh. Dan jika kamu lupa tidak membawa baju untuk berenang di pantai juga bisa membelinya disana.

Yoga Di Tepi Pantai ? Boleh Juga !!

Yoga di Tepi Pantai Pulau Pari
dotkikifauzia.blogspot.co.id

Kamu mau yang anti mainstream? Coba aja yoga di tepi pantai, biar kekinian kan. Caranya juga sangat mudah kok, kamu hanya perlu mencari pantai yang sepi dari pengunjung aja, tepi pantai perawan juga boleh tuh. Lingkungan tropis yang alami akan menyambut kamu. Setelah itu kamu tinggal nyari pantai yang sepi dan yoga disana. Hayo, siapa yang berani ?

Menjelajahi Pulau Pari dengan Sampan bisa juga Speed Boat

Dayung Sampan Pulau Pari Kepulauan Seribu
beritapulautidung.com

Bagi kamu yang tidak bisa berenang atau tidak ingin basah-basahan, kamu bisa menikmati perairan yang ada di sekeliling Pulau Pari yang bisa kamu jelajahi menggunakan speed boat, ataupun dengan menyewa sampan tradisional yang disediakan di Pulau Pari ini.

Pemandangan biru lautnya yang sangat menakjubkan berpadu dengan keindahan alam dari Pulau Pari menjadi sajian utama dalam berkeliling di perairan di sekeliling Pulau Pari ini. Terlebih jika kamu terkena cipratan air laut yang mengenai muka, tentu hal tersebut merupakan pemandangan yang wajar saat aktivitas semacam ini dan tentu menambah keseruan juga.

Di Pulau Pari ini juga terdapat beberapa biota laut yang dipelihara, jika kamu berkunjung kesini bersama anak-anak, sangat cocok untuk mengunjungi tempat pemeliharaan biota laut yang sangat lucu, sebagai proses pembelajaran bagi anak dan mengenalkan macam-macam mahkluk hidup laut yang lucu.

Apalagi kalau buah hatinya sering menonton kartun spongebob, pasti serasa di dalam laut tuh. Seperti ikan pari, penyu, bintang laut dan landak laut. Lumayankan, kamu bisa bermain sekaligus belajar bersama buah hatinya, layaknya sedang bermain dengan teman-teman spongebob di habitatnya. Yang pastinya akan membuatmu betah.

Menysuri Laguna di Pulau Pari

Laguna Pulau Pari
tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Di sebelah utara Pulau Pari terdapat sebuah laguna (lagoon) yang merupakan salah satu tempat menarik di Pulau Pari. Laguna itu apa sih? Bagi kalian yang belum tau, laguna adalah sekumpulan air asin yang letaknya terpisah dari laut karena terhalang oleh pasir, batu karang, atau sejenisnya.

Saat air pasang mulai surut, dengan berjalan kaki para wisatawan bisa menyusuri laguna pantai di Pulau Pari ini. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan pasir putih dan biota bawah laut yang terdampar karena air mulai surut.

Laguna pula pari ini letaknya berada di sebelah utara pulau. Tak sedikit wisatawan yang penasaran dan mencoba menyusuri pantai hingga ke ujung utara Pulau Pari.

Kisah Misteri Pulau Pari

Keindahan suatu pulau tak luput dengan kepercayaan masyarakat akan legenda dan misterinya. Pulau pari merupakan salah satu pulau bahari yang terletak dalam wilayah administrastif Kepualauan Seribu.

Ikon legenda dari pulau ini adalah pantai pasir perawan, menjadi pertanyaan besar bagi para wisatawan yang berkunjung, mengapa dinamakan panti pasir perawan?

Pulau Pari merupakan wilayah yang memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya, karena letaknya yang jauh dari wilayah perkotaan. Anginnya yang sejuk, pantai pasir putih yang membentang luas, keindahan lautnya yang menakjubkan dapat menyejukkan hati para wisatawan yang berkunjung.

Masyarakat sekitar memiliki anggapan yang berbeda mengenai mitos Pulau Pari. Ada yang menganggap bahwa dahulu ada seorang gadis kecil yang menghilang di pantai dan hingga sekarang tidak ditemukan keberadaannya.

Sebagian masyarakat mengatakan bahwa gadis kecil itu dibawa oleh seekor burung gagak yang besar dan entah dibawa ke mana. Ada juga yang beranggapan bahwa gadis kecil itu dibawa oleh makhluk halus.

Namun dari beberapa stigma masyarakat di atas, ada satu yang masuk logika. Kabar yang beredar adalah pantai pasir perawan ini belum banyak disinggahi oleh banyak orang, diibaratkan seperti perempuan yang belum tersentuh oleh laki-laki. Dari situlah muncul nama pantai pasir perawan.

Kalian yang ingin berkunjung tidak perlu takut, karena itu hanya mitos masyarakat yang belum terbukti kebenarannya. Dan memang sudah menjadi sesuatu yang wajar di Indonesia jika setiap wilayah memiliki legenda masing-masing. Cukup ingat tujuan kalian aja guys, yaitu berwisata. Keindahan pulaunya akan membuat kalian lupa akan semua mitos tadi. So, enjoy and happiness!

Tinggalkan komentar