Pulau Sangiang yang Menjadi Idaman Para Pencinta Wisata Bahari

Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki daya tarik besar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkeliling di Indonesia. Indonesia yang memiliki sekitar 17.500 pulau yang beberapa diantaranya menyuguhkan panorama yang luar biasa.

Daerah Serang, Banten salah satunya yang memiliki pulau kecil yang cantik dengan sebutan Pulau Sangiang. Pulau Sangiang terletak di Selat Sunda yakni antara Jawa dan Sumatra. Lokasi pulau ini berada kurang lebih 10 km dari Pantai Anyer.

Perjalanan untuk sampai ke Pulau ini dapat ditempuh dengan menggunakan kapal atau perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Letaknya yang tidak terlalu terpencil, membuat akses menuju pulau ini tergolong mudah.

pulau sangiang
Pulau Sangiang – piknikasik.com

Pulau Sangiang awalnya merupakan Cagar Alam dengan luas 700,35 Ha yang kemudian pada tahun 1991 perairan di sekitar kawasan ini diubah menjadi Taman Wisata Alam laut. Seiring berjalannya waktu, pulau ini dijadikan sebagai Taman Wisata Alam dengan luas 528,15 Ha.

Pulau ini dihuni oleh kurang lebih 40 kepala keluarga. Perkampungan yang ada di pulau ini bernama lagon waroo atau lagon waru dihuni oleh perantau. Para penduduknya umumnya berkomunikasi menggunakan 3 bahasa yakni Sunda, Jawa dan Lampung.

Bagi para wisatawan pecinta wisata bahari, pulau ini adalah pilihan yang cocok. Keindahan alam dan pantai yang dihiasi ikan serta terumbu karang warna warni merupakan objek utama dalam kawasan ini.Selain itu, masih terdapat flora fauna yang masih asli dan goa-goa peninggalan zaman Jepang yang bernilai historis.

Berbagai macam aktifitas liburan dapat dilakukan di Pulau Sangiang. Lintas alam, berkemah, mendaki gunung, snorkeling, diving dan berjemur di pantai dapat dilakukan dengan santai di pulai ini. Bagi penikmat sejarah, ada beberapa sisa perang dunia kedua yang berupa benteng-benteng bekas pertahanan Jepang yang dapat dijadikan refrensi untuk dikunjungi.

Pulau ini memang terlihat cukup sepi karena dihuni oleh penduduk dengan jumlah yang tidak banyak. Akan tetapi mengingat pesona alamnya yang sangat cantik, pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Tinggalkan komentar