Keindahan Tempat Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu

PULAU TIDUNG – Pulau Tidung merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat yang paling indah di Kepulauan Seribu yang menyajikan pemandangan alam yang eksotis. Selain pemandangan alam yang indah pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkling atau diving. Pulau Tidung memiliki luas 140 hektar dengan populasi 6.000 jiwa. Penduduk di pulau tersebut sangat ramah dan terbuka kepada para wisatawan. Sedangkan di pulau ini terdapat Pulau Tidung Kecil yang tidak ada penghuninya, di kawasan ini terdapat hutan yang masih alami seperti hutan bakau dan perkebunan yang dikelola oleh pemerintah daerah demi menjaga kelestarian lingkungan. Lalu apa saja yang bisa dinikmati di Pulau Tidung? Berikut ulasan khusus tentang wisata di Pulau Tidung.

 

Objek Wisata Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta Pulau Tidung
wikipedia.org

Jembatan cinta merupakan obyek wisata favorit para wisatawan domestik yang mengunjungi Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Jembatan yang memiliki panjang 800 meter yang menghubungkan Tidung besar dengan Tidung kecil.

Jembatan ini selalu ramai oleh para muda-mudi yang sengaja datang karena penasaran dengan cerita Jembatan Cinta yang menjadi ikon utama wisata Pulau Tidung.

Mitos jemabatan cinta

1. Menyeberangi jembatan cinta bisa melanggengkan hubungan cinta

pada jaman dahulu, jembatan cinta dibangun menggunakan kayu yang rentan rapuh. Jika saat menyeberang pasangan kamu seperti ingin bernalik arah, itu pertanda bahwa kelak hati pasangan kamu bisa berpindah ke orang lain. Namun jika sebaliknya, menyeberangi hingga sampai keujung berarti dia mampu menemanimu hingga ajal menjemput.

2. Melompat dari atas jembatan cinta bisa membuang kotoran di dalam pikiran

Mitos ini berkembang di kalangan traveler yang sengaja berkunjung ke jembatan cinta untuk membuang energi-energi negatif. Dengan melompat dari atas jembatan diyakini bisa membuang pikiran-pikiran kotor.

3. Ujung dari jembatan cinta merupakan tempat angker

Mitos ini didasarkan pada sejarah yang ada. Dimana pulau ini merupakan kepunyaan orang Kalimantan yang tinggi tubuhnya mencapai 2 meter. Saat meninggal, dia dikubur di area pulau tersebut. Mitos ini pun diperkuat oleh masyarakat setempat yang menyuruh para wisatawan agar tidak pergi hingga ke ujung jembatan cinta.

Permainan Wisata Air

Permainan Wahana Air Banana Boat Pulau Tidung
jakartakita.com

Seperti tempat wisata air lainnya, wisata Pulau Tidung juga menyedikan berbagai wahana permainan air. Banyak fasilitas yang disediakan untuk memanjakan para wisatawan dalam menikmati keindahan Pulau Tidung.

Diantara wahana yang banyak diminati oleh para wisatawan seperti snorkling, diving, banana bot, jetski dan juga wahana lain yang tak kalah serunya. Harga yang ditawarkan oleh pengelola wisata juga masih terjangkau, yang pasti seimbang dengan apa yang akan didapatkan di Pulau Tidung

Bersepeda Keliling Pulau Tidung Besar

Bersepeda di Tidung
jakartakita.com

Sejenak melupakan rutinitas dan meninggalkan kepenatan dengan bersepeda mengelilingi pulau sungguh hal yang sangat menyenangkan. Di Pulau Tidung banyak yang menyediakan sewa sepeda untuk berkeliling pulau.

Menghirup udara segar sambil berkeliling pulau dengan sepeda tentu akan menghilangkan segala kepenatan, stres yang membebani tubuh. Pulang dari tempat wisata ini akan membuat kamu lebih segar dan siap menjalani rutinitas kembali.

Wisata di Hutan Mangrove

Wisata Hutan Manggrove Pulau Tidung
pulautidungindonesia.co.id

Pada bagian barat Pulau Tidung terdapat sebuah hutan bakau (mangrove) yang terhampar di sepanjang pinggir pantai. Kamu bisa menikmati hutan yang asri serta bisa berfoto dengan keindahan hutan di pinggir pantai.

Selain sebagai tempat wisata hutan manggrove juga memiliki fungsi utama untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Selain itu hutan manggrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa satwa liar.

Taman Bawah Laut Perairan Tidung

Wisata Bawah Laut Pulau Tidung
pulautidungsis.com

Taman laut di Pulau Tidung sangat indah, tidak kalah dengan tempat wisata bawah laut yang lainnya. Keanekeragaman jenis ikan serta terumbu karang yang berwarna-warni menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat wisata bawah laut.

Para pengelola wisata Pulau Tidung telah menyediakan peralatan untuk menyelam. Bila ingin menghabiskan akhir pekan dengan liburan, tempat wisata yang satu ini layak untuk dimasukan daftar tempat yang harus dikunjungi.

Berburu Sunset

Berburu Sunset di Pulau Tidung
nasirullahsitam.com

Menikmati keindahan pantai di kala senja merupakan banyak dinantikan oleh para wisatawan. Sunset di Pulau Tidung sangatlah eksotis, apalagi bila momen tersebut diabadikan dengan menggunakan objek siluet dari jembatan Tidung, keindahan tersebut tersimpan dengan baik dalam sebuah foto yang indah dan eksotis.

Pesta Barbeque

Pesta Barbeque di Pulau Tidung
wisatakuindonesia.wordpress.com

Menikmati keindahan pantai di malam hari sambil pesta barbeque akan menambah keakraban dengan teman saudara dan keluarga. Sudahkah kamu memiliki rencana untuk berlibur bersama keluarga? Bila belum mungkin Pulau Tidung bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang harus kamu kunjungi.

Pulau Saung Perawan

pulau saung perawan
http://exifdatafoto.blogspot.co.id/

Yang berikutnya adalah Pulau saung perawan. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dari Pulau Tidung. Letaknya berada di ujung Pulau Tidung Besar bagian barat.

Yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini adalah, suasana pantainya yang menenangkan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Kedalaman airnya hanya 70 cm.

Kita bisa berenang hingga 60 meter dari tepi pantai ke laut lepas. Di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut di bawah pohon yang rindang. Sebaiknya kamu berkunjung ke sini saat matahari terbenam, karena pemandangannya akan sangat mengagumkan.

Wisatawan mancanegara lebih mengenal tempat ini dengan nama South Gazebo Beach. Tidak jauh ke arah utara, kita bisa bekunjung ke Saung Cemara (Pinus Gazebo).

Kalau haus atau lapar, di sini juga tersedia banyak jenis makanan dan minuman yang dijual. Kamu juga bisa menyewa sepeda untuk sekedar berkeliling di areal pantai.

Pantai Cemara Kasih

Disebut Pantai Cemara karena di pantai ini terdapat pohon-pohon cemara yang tumbuh berjejer. Suasana pantai ini tidak jauh berbeda dengan pulau saung perawan.

Di sini juga terdapat ayunan-ayunan kecil yang diikat diantara dahan-dahan yang rindang. Ada pula rumah-rumah pohon pohon yang menambah keunikan pantai ini.

Agrowisata Pulau Tidung

agrowisata pulau tidung
travelingyuk.com

Potensi wisata yang ada di Pulau Tidung tidak disia-siakan oleh pemerintah. Terbukti kini telah dibangun tempat wisata baru disekitaran Pulau Tidung untuk memikat calon wisatawan baru.

Tempat itu bernama Agrowisata Pulau Tidung. Untuk mengunjunginya, bisa masyk dari Pulau Tidung Kecil, dari situ berjalan lagi sekitar 40 meter dengan melewati tanggul. Bagi kamu yang hobi olahraga, di tempat ini disediakan jogging track. Pasti asyik tuh, jogging sambil menukmati pemandangan alam pantai.

Selain itu, Agrowista Pulau Tidung juga menawarkan wisata penangkaran ikan paus yang terdampar pada tahun 2012. Tulang ikan paus yang tewas di Pulau Tidung sepanjang 6×12 meter dipajang di tempat ini.

Di sini juga terdapat penangkaran ikan hiu untuk menjaga iakn dari kepunahan. Atau buat kamu yang ingin merasakan sensasi berenang bareng bersama hiu, bisa datang ke tempat ini. Terdapat juga wisata alternatif lain yaitu pembuatan biogas dari kotoran sapi dan perkebunan buah naga.

Pokonya kamu nggak akan nyesel kalau berkunjung ke Agrowisata Pulau Tidung. Selain menghilangkan penat juga bisa menambah wawasan kamu.

Jika kamu liburan ke Pulau Tidung, kita sarankan untuk berkunjung ke penangkaran hiu. Seperti penangkaran penyu sisik, penangkaran hiu juga terletak di Pulau Pramuka. Dengan transportasi yang sudah disediakan, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit dari Pulau Tidung.

Penangkaran Hiu

penangkaran hiu
http://res.cloudinary.com/

Jika kamu liburan ke Pulau Tidung, kita sarankan untuk berkunjung ke penangkaran hiu. Seperti penangkaran penyu sisik, penangkaran hiu juga terletak di Pulau Pramuka. Dengan transportasi yang sudah disediakan, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit dari Pulau Tidung.

Penangkaran hiu di Pulau Pramuka memang sangat mendukung pelesatarian hiu yang merupakan satwa yang terancam punah tersebut. Hal ini disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang dengan sesuka hatinya mengeksploitasi hiu dengan cara diperdagangkan dan diburu untuk diambil manfaatnya.

Dengan kamu berkunjung ke tempat penangkaran hiu ini, maka kamu sudah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian ikan hiu ini. Karena dengan pengetahuan akan pentingnya menjaga kelestarian ikan hiu ini diharapkan masyarakat mampu sadar dan saling mengingatkan satu dengan yang lainnya.

Di penangkaran hiu ini kita bisa berenang loh. Enggak kebayangkan bisa berenang dengan hiu dengan jarak yang sangat dekat ? Inilah keunikan yang bisa kamu rasakan jika kamu berkunjung ke penangkan hiu yang ada di Pulau Pramuka.

Selain berenang dengan hiu, kamu juga bisa menikmati pemandangan terumbu karang. Apalagi jika kamu mempunyai kamera yang tahan air. Kamu bisa mengabadikan moment yang sangat langka ini sebagai kenangan wisata yang paling berkesan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Pulau Semak Daun

pulau semak daun
https://i.ytimg.com/

Tidak jauh dari Pulai Tidung terdapat Pulau Semak Daun. Pulau ini juga mempunyai keindahan alam yang sangat eksotis, enggak kalah indahnya dengan Pulau Tidung. Untuk mencapai Pulau Semak Daun tidak begitu sulit.

Kamu cukup menyebrang dengan transportasi yang sudah disediakan disana dengan waktu beberapa menit saja. Pulau Semak Daun juga terkenal sebagai bumi perkemahan kepulauan seribu.

Jadi enggak ada salahnya jika kamu berkunjung ke pulau ini dan dijamin kepenatan yang ada di kepala kamu semuanya bakalan hilang karena ke eksotisan pulau ini.

Pulai Semak Daun menawarkan sensasi camping yang menarik dan memanjakan diri dengan kenikmatan api unggun di malam hari, angin pantai yang sejuk, dan desiran ombak yang tenang.

Selain itu keindahan pantai yang sangat memanjakan mata membuat kamu betah berlama-lama berada di Pulau Semak Daun ini. Untuk berkemah disini, kamu tidak perlu pusing untuk mempersiapkan kemah yang kelihatannya terlalu ribet.

Karena di Pulau Semak Daun sudah disediakan paket kemah terlengkap dengan biaya yang terjangkau. Jadi kamu memang benar-benar tinggal menikmati liburan tanpa perlu ribet.

Keanekaragaman karang dan ikan-ikan yang terdapat di pulau ini menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk snorkling dan diving.Bagi kamu yang mempunyai hobi snorkling dan diving, kamu tidak boleh melewatkan spot di pulau ini. Di pulau ini belum menyediakan jasa penyewaan peralatan untuk snorkling dan diving. Tapi kamu bisa mendapatkannya di Pulau Tidung atau Pulau Pramuka.

Sunset dan sunrise di pulau ini juga enggak kalah indahnya dengan pulau yang ada di kepulauan seribu lainnya. Jadi setelah seharian lelah snorkling dan diving, sorenya kamu bisa menikmati sunset dengan beberapa cemilan dan minuman.
Pulau Semak Daun sendiri termasuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten. Sangat dekat sekali dengan Kota Jakarta.

Jadi apa aktifitas favorit kamu ? kemah, snorkling, diving, atau berenang ? Tunggu apalagi ayo ajak keluarga atau teman kamu untuk berlibur disini. Liburan hemat yang menawarkan sejuta keindahan yang dapat memanjakan mata.

Penangkaran Penyu Sisik

penangkaran penyu sisik
http://www.seribupramuka.com/

Tempat wisata di Kepulauan Seribu yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah tempat penangkaran penyu sisik. Penyu sisik atau yang dalam Bahasa Inggris disebut hawksbill turtle ini memiliki paruh yang runcing dan keras seperti burung, Karena ia merupakan hewan omnivora, namun ketika masih kecil, penyu ini termasuk karnivora.

Di wilayah Kepulauan Seribu sendiri, terdapat beberapa tempat penangkaran penyu yang bernama latin Eretmochelys imbricate ini. Salah satu yang paling sering dikunjungi adalah tempat penangkaran penyu sisik yang ada di Pulau Pramuka, sebuah pulau yang terletak tidak jauh dari Pulau Tidung.

Tempat penangkaran penyu sisik yang lain yang berada di kawasan Kepulauan Seribu terdapat di Pulau Kelapa Dua. Untuk menu ke pulau ini kamu bisa melalui Ancol (Marina Bay) ataupun melalui pelabuhan Muara Angke. Kalau kamu menginginkan perjalanan yang lebih nyaman dan cepat, berangkatlah melalui Marina Bay Ancol. Namun, kalau kamu menginginkan perjalanan yang lebih ekonomis, maka Muara Angke adalah tempat yang tepat untuk berangkat.

Di kedua pulau ini, kamu bisa mempelajari serba-serbi mengenai penyu sisik dan melihat langsung bagaimana lucunya anak-anak penyu ditangkarkan sebelum dilepaskan ke laut. Tempat-tempat penangkaran penyu sisik ini berada di bawah Kementerian. Kehutanan Republik Indonesia, dengan tujuan menyelamatkan populasi penyu sisik yang semakin hari semakin berkurang.

Anak penyu sisik disebut juga sebagai tukik, dan kalau kamu beruntung, kamu bisa ikut melakukan ‘upacara’ pelepasan tukik-tukik lucu ini ke lautan lepas, lho. Hanya saja, pelepasan penyu ini dilakukan oleh petugas konservasi pada saat-saat tertentu saja. Jadi, jangan sampai ketinggalan!

Pulau Payung

pulau payung
tokopedia.com

Sama seperti Pulau Pramuka, Pulau Payung juga terletak tidak jauh dari Pulau Tidung. Hanya beberapa menit naik perahu saja, kamu sudah bisa sampai di pulau dengan jumlah penduduk 44 kepala keluarga ini. Kalau kamu dari Jakarta, waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk mencapai pulau ini kurang lebih adalah dua jam melalui jalur laut.

Pulau Payung memiliki luas 20 hektar, yang menjadikannya sebagai salah satu pulau besar di antara gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Payung terdiri dari dua buah pulau, yaitu Pulau Payung Besar dan Pulau Pauyung Kecil. Lalu apa saja, sih, yang spesial dari Pulau Payung?

Begitu kamu sampai dan menginjakkan kaki di pulau ini, kamu akan disambut oleh suasana alam yang indah nan asri, dengan pantai berpasir putih yang bersih dan rindang pepohonan yang menyejukkan, ditambah lagi dengan semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi serta deburan ombak yang tenang tapi tidak menghanyutkan, membuat siapa saja yang datang ke pulau ini pasti langsung terpesona dalam sekejap!

Selain pemandangan alam di atas pulau yang menakjubkan, Pulau Payung juga memiliki pemandangan bawah laut yang amat mempesona. Siapa sangka, Ibukota Jakarta memiliki pesona wisata bawah laut yang begitu alami dan terawat? Dengan variasi ikan laut dan terumbu karangnya yang demikian indahnya. Pemandangan ini akan sangat jauh jika dibandingkan dengan image Kota Jakarta yang sesak, bising, dan berpolusi.

Oleh Karena itu, ketimbang kamu liburan ke tempat-tempat yang macet, tak ada salahnya untuk memasukkan Pulau Payung ke dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi pada saat liburan. Waktu tempuhnya yang cukup lama, yaitu dua jam, sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan di sini. Toh, waktu tempuh yang dua jam itu kemungkinan besar juga akan kamu lewati dalam kemacetan, kalau kamu memilih untuk liburan di dalam kota.

 

Tinggalkan komentar