Jangan Tunda Lagi Rencanamu Wisata ke Pulau Tunda

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak sekali wisata bahari. Salah satu dari sekian banyak wisata bahari yang ada di Indonesia, Pulau Tunda menjadi destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pulau tunda - travelicious.co.id
Pulau tunda – travelicious.co.id

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara Teluk Banten. Luas Pulau Tunda sekitar 300 hektare. Pulau Tunda memiliki 1 desa dengan 2 dusun yang dihuni oleh sekitar 3000 orang pada tahun 2007.

Desa Wargasara yang terdapat di Pulau Tunda ini adalah nama desa pemberian tokoh masyarakat dikala itu yang memiliki arti desa yang warganya taat pada hukum. Pekerjaan penduduk desa di Pulau Tunda adalah buruh nelayan, bercocok tanam palawija dan sebagian kecil lainnya sebagai pedagang perantara.

Dua dusun yang ada di pulau ini terdiri dari Kampung Barat dan Kampung Timur. Kedua kampung tersebut dapat dinikmati dengan menyusuri kebun, semak belukar dan daerah pepohonan kelapa yang membuat suasana berbeda dari pulau lainnya.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tunda antara lain berlayar dengan pemandangan laut dan lumba-lumba, snorkeling, diving, memancing dan melihat sunrise ataupun sunset. Kuliner yang ada di Pulau ini juga sayang untuk dilewatkan karena Banten terkenal dengan kuliner lezatnya,

Pulau Tunda merupakan objek pariwisata yang perlu dikembangkan karena keindahan pantai dan lautnya. Letak Pulau Tunda yang tidak terlau jauh dari Ibukota, membuat tempat ini mempunyai akses yang tidak terlampau sulit dan tidak terlalu melelahkan.

Perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke pulai ini yakni wisatawan bisa melakukan perjalanan melalui Tol Kebon Jeruk – Merak dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Selanjtnya perjalanan dilanjutkan ke dermaga Karang Hantu. Perjalanan berikutnya untuk mencapai Pulau Tunda adalah menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat.

Lama perjalanan menyebrangi lautan kurang lebih 2 jam karena umumnya kapal agak lambat. Selain menyewa kapal nelayan, wisatawan bisa menggunakan KMP Tunda yang melayani transprtasi untuk masyarakat setempat. Panorama laut yang indah bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi para wisatawan tempat ini.

Tinggalkan komentar