5 Pusaka Keraton Solo yang Menyimpan Nilai Mistis dan Memiliki Nilai Artistik yang Sangat Tinggi

Keraton Kasunanan Surakarta, atau disebut keraton Solo adalah salah satu istana kerajaan yang berada di pusat kota Solo. Sebuah keraton atau kerajaan pasti memiliki peninggalan-peninggalan yang sangat bersejarah dan turun temurun. Peninggalan tersebut disimpan di sebagian kompleks keraton yang merupakan museum keraton sendiri termasuk pusaka keraton Solo.

Beberapa peninggalannya ada beberapa koleksi milik kasunan, termasuk pemberian-pemberian dari raja-raja di Eropa, replika pusaka keraton dan alat musik tradisional seperti gamelan.

Terdapat lima pusaka yang dipercaya menyimpan nilai mistis dan memiliki nilai artistik yang sangat tinggi. Pusaka tersebut bernama Kiai Pancasula, Kiai Wicaksana, Kiai Wibawa, Kiai Waspada dan Kiai Wasis. Kelima itu berwujud sebuah tombak. Ada juga pusaka lain yang sangat mistis yaitu pusaka koleksi legendaris Museum Radya Pustaka berupa chantik perahu Kiai Rajamala.

Menurut sejarah setiap pusaka-pusaka yang terdapat pada keraton Solo setiap tahunnya akan dilakukan pembersihan pada bulan Syuro dan akan dikirab mengelilingi kota Solo.

Sebagai peninggalan maka pusaka tersebut diperkukuh untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Sebelum dikirab akan dilakukan prosesi ritual umbul donga atau doa bersama kirab ageng yang dibawakan oleh sejumlah penari.

www.wisatanegeri.com
www.wisatanegeri.com

Kemudian disusul prosesi mandi dengan air kembang di depan patung ronggowarsito. Seluruh prosesi dimaknai sebagai upaya mendulang kembali khazanah tradisi Jawa yang kini mulai terpinggirkan.

Namun terkadang ada hal-hal aneh yang terjadi saat akan melakukan tradisi kirab. Menurut keyakinan pusaka-pusaka tersebut enggan bahkan menolak keluar dari ruang penyimpanannya.

Salah satunya adalah pusaka chantik Kiai Rajamala. Saat pengurus museum akan melakukan penataan ulang koleksi, Kiai Rajamala akan dipindahkan ke ruang lain yang notabene lebih luas dan lebih lembab. Tapi pusaka tersebut tidak mau dipindahkan, sehingga sampai sekarang pun pusaka Kiai Rajamala masih ditempatkan pada ruangan semula yang sempit dengan pencahayaan sangat minim.

Menurut Ketua Komite Museum Radya Pustaka, Kiai Rajamala merupakan salah satu koleksi yang hingga saat kini masih menyimpan misteri akan sejarah dan juga kesaktiannya.

Demikian sedikit ulasan tentang pusaka Keraton Solo. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar