Rahasia Otak Manusia yang Masih Belum Terpecahkan Oleh Para Ilmuwan

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang penting. Hal ini dikarenakan seluruh aktivitas kita digerakkan oleh otak. Begitu banyak rahasia yang terdapat pada otak yang membuat penasaran para ilmuwan dari dulu hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa rahasia otak manusia yang masih belum terpecahan sampai saat ini

 

Kemampuan Kesadaran Manusia

4316988_20131231041256
Ketika kita bangun di pagi hari dan tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari yang datang dari celah jendela, udara pagi yang sejuk, dan seterusnya. Kita pun menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang inilah yang memicu topik majemuk yang sejak zaman dahuu dibahas oleh para ilmuwan. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan bahwa kesadaran mserupakan suatu topic riset realistis.

Pemicu Otak

www.buahhati.co.id
www.buahhati.co.id

Tertawa merupakan hal yang paling sedikit yang bisa dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama kita tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Bagian pertama adalah bagian yang berpikir sebelum kita memahami sebuah candaan. Bagian kedua adalah area yang bergerak untuk memberitahukan otot kita untuk melakukan sesuatu. Dan bagian yang terakhir adalah area emosional yang menggugah rasa geli.

John Morreal, Seorang ilmuwan peneliti humor dari College of William and Mary, menemukan bahwa tertawa merupakan suatu respon bermain atas kisah yang tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, tertawa juga dapat menular kepada orang lain.

Jam Biologis

www.commons.wikimedia.org
www.commons.wikimedia.org

Otak memiliki nucleus suprachiasmatic nucleus (jam biologi). Bagian inilah yang memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi ini juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur serta produksi hormone melatonin. Namun yang masih menjadi perdebatan adalah apakah suplemen melatonin dapat mencegah jet lag?

Tidur

www.apakabarmu.com
www.apakabarmu.com

Mengapa kita butuh tidur? Para ilmuwan memahami bahwa semua mamalia membutuhkan tidur yang cukup. Tidur tidak cukup atau tidur berkepanjangan dapat menimbulkan halusinasi bahkan kematian. Terapat dua tingkatan dalma tidur, yaitu tidur yang non-rapid eye movement (NREM) yang terjadi slama otak memperlihatkan rendahnya aktivitas metabolic dalam tubuh. Kemudain tidur tingkat rapid eye movement (REM), saat otak masih cukup aktif.

Demikianlah sedikit ulasan tentang rahasia otak manusia yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar