Rasakan 5 Manfaat Memelihara Tanaman Hias Di Dalam Rumah Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak senang jika rumah kita terlihat indah di mata orang? Semua orang mengidam-idamkan hal ini.

Ada beberapa cara yang efektif untuk memperindah penampilan rumah kita rumah, bisa dengan mengganti warna cat dengan warna baru, atau bisa juga dengan menambahkan tanaman-tanaman hijau dan bunga di sekitar rumah.

Menanam tanaman di sekitar rumah merupakan hal yang umum dilakukan banyak orang. Saat ini banyak orang memperindah penampilan rumahnya dengan menambahkan ornamen-ornamen tanaman dalam ruangan.

Adanya tanaman di dalam ruangan dipercaya membuat hati si pemilik rumah lebih bewarna serta mampu memberikan kesan ruangan menjadi lebih hidup dan natural.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa menanam dalam ruangan sangta baik bagi kesehatan. Dikutip dari Merdeka.com berikut ini adalah reportase tentang manfaat menanam tanman dalam ruangan.

 

Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

img1.etsystatic.com
img1.etsystatic.com

Saat kita bernapas kita menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang merupakan racun.

Dengan adanya tanaman di dalam rumah maka karbon dioksida dapat dinetralisir dengan proses fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman.

Mengingat tanaman membutuhkan karbon dioksida dalam proses foto sintesis, yang lebih menggembirakan, hasil foto sintesis tanaman berupa oksigen yang biasa kita hirup.

Dengan demikian semakin banyak tanaman di dalam ruangan maka semakin bersih dan semakin sehat ruangan tersebut.

Mengurangi Alergi Asma

ottmag.com
ottmag.com

Adalah University of Agriculture di Norwegia menemukan sebuah fakta bahwa tanaman hias dalam ruangan dapat merigankan gejala alergi.

Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa adanya tanaman dalam ruangan dapat mengurangi ancaman penyakit pernapasan seperti batuk, asma, dan sakit tenggorokan sampai 30%.

Mempercepat Pemulihan

curiosoando.com
curiosoando.com

Dalam penelitian terbaru menyatakan bahwa adanya tanaman dalam ruangan terutama rumah sakit dapat mempercepat tingkat penyembuhan dan pemulihan pasien. Dalam penelitian tersebut pasien menunjukkan bahwa tekanan darahnya lebih stabil dan mudah mengatasi stress.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

cara agar disukai guru
www.solusisehatku.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa adanya tanaman dalam ruangan kelas akan meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi, daya ingat serta meredakan stress siswa. Bahkan tingkat konsentrasi siswa meningkat hingga 70%.

Menyehatkan Mental

pengertian manajemen dari berbagai ahli
attheintersectionblog.com

Dengan berkurangnya tingkat stress seseorang, maka bisa dipastikan bahwa suasana hati dan mental seseorang akan membaik.

Tinggalkan komentar