Rasakan Nikmatnya 4 Kuliner Khas Makassar Ini

Rasanya tidaklah lengkap bila mengunjungi suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Kali ini kita akan berwisata kuliner ke kota Makassar. Makassar memang tempat yang sempurna untuk berwisata kuliner. Di berbagai sudut kota ini menyimpan berbagai kuliner yang lezat dan menggugah selera. Siapkanlah perut kamu karena kota Makassar terkenal dengan surganya kuliner. Ada beberapa makanan yang wajib kamu coba jika mengunjungi Makassar, inilah 4 kuliner khas makasar yang wajib kamu rasakan kenikmatanya.

 

Coto Makassar

Coto Makassar Makanan Khas Daerah Makasar
Coto Makassar Sumber: pimentious.com

Coto Makassar tentu kamu sudah tidak asing dengan makanan ini, makanan yang biasa disebut dengan nama Coto Mangkasara adalah makanan tradisional dari daerah Makassar yang berupa soto. Kuliner khas Makassar ini terbuat dari potongan jeroan daging sapi dan dimasak hingga empuk, jeroan yang telah direbus tadi lalu diiris-iris tipis lalu dibumbui dengan racikan rempah yang terdiri dari bawang putih, ketumbar sangrai, jintan, lengkuas, merica, serai, kacang tanah, air jeruk nipis, dan penyedap rasa . Ciri khas dari Coto Makassar dan menjadi pembeda dengan soto biasa  adalah Coto Makassar menggunakan bumbu kacang tanah yang telah disangrai sebagai salah satu bumbu halus. Coto Makassar biasanya dihidangkan dengan burasa atau ketupat.

Sop Konro Dan Konro Bakar

Konro Bakar Makanan Khas Makanan
Konro Bakar Sumber:Panduanwisata.id

Sop Konro adalah kuliner khas Makassar yang berupa sop yang di buat dari bahan iga sapi atau daging sapi.Dalam bahasa Makassar konro berarti iga, sop konro ini juga mempunyai kuas yang berwarna hitam karena dimasak dengan mengunakan keluwak. Selain mengunakan keluwak sop konro juga dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah seperti, lengkuas, jahe, kapulaga, kayu manis, kuyit, asam jawa, kemiri, ketumbar dan jinten. Dengan banyaknya bumbu rempah yang digunakan membuat cita rasa pada kuah sop konro menjadi lebih kuat.
Selain dibuat sop, konro juga biasanya dimasak dengan cara dibakar. Konro bakar ini memiliki sesansi kelezatan tersendiri, Konro disajikan dengan bumbu kacang dan kuah sop konro secara terpisah.

Mie Titi

Mie Titi Makanan Khas Makassar
Mie Titi sumber: panduanwisata.id

Mie Titi adalah mie yang digoreng kering lalu disiram dengan kuah kental yang terbuat dari adonan telur dan juga sayur-sayuran hijau. Mie titi disajikan dengan bahan pelengkap seperti sosis, ayam, udang ataupun bakso, penampilan mie titi ini sangat mirip denga ifumie. Mie titi pertama kali dibuat oleh keturunan tionghoa yang lama menetap dimakassar sekitar 40 tahun silam, awalnya mie titi dibuat hanya untuk warga tionghoa yang tinggal dikawasan pecinan di pesisir Makassar. Ternyata hidangan ini sangat disukai oleh kalangan masyarakat luas, hingga kini mie titi merupakan makanan khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan ketika anda berkunjung ke kota daeng.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo Dengan Sensasi Lezat
Es Pisang Ijo Sumber: sumber4.bp.blogspot

Es pisang ijo kamu pasti sudah tahu kan?. Es pisang ijo ini terbuat dari bahan pisang yang dibungkus dengan adonan yang berwarna hijau dan dikukus untuk melunakan pisang. Setelah selesai dikukus pisang ijo disajikan dengan kuah bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sirup coco pandan. Perpaduan dari pisang kepok yang manis dan bubur sumsum yang gurih dan lembut membuat es pisang ijo menjadi kuliner favorit di kota Makassar. Es pisang ijo sangat nikmat bila disantap dicuaca yang panas.

Tinggalkan komentar