in

Kebijaksanaan Seorang Ratu Jodha dalam Serial TV Jodha Akbar

ratu-jodha-akbar
pic.idownloadnew.com

Ratu Jodha dikenal kalayak ramai Indonesia sejak beberapa tahun terakir melalui serial drama India yang mengisahkannya di salah satu stasiun televisi swasta. Tak heran banyak yang mengagumi kisahnya karena memang nyatannya sangat menarik untuk terus ditelisik.

Ratu Jodha yang sangat dikenal masyarakat India adalah ratu yang cantik dan bijaksana, memiliki belas kasih sayang yang tak terhingga terhadap masyarakatnya serta sangat mencintai tanah airnya.

Dialah wanita yang dikenal sebagai Mariam Uz – Zamani oleh masyarakat Hindustan, karena beliau lah wanita hindu pertama yang menjadi ratu dalam kerajaan Mughal yang dikenal dengan adat budaya Islam nya yang cukup kental.

Pernikahan Ratu Jodha dengan raja Akbar menciptakan sejarah baru pada masyarakat kekeaisaran Akbar, tolerensi sosial yang muncul secara bertahap membuat pasangan ini sangatlah di agung – agungkan oleh semua masyarakatnya.

Walaupun pada awalnya pernikahan keduanya memiliki latar belakang politik yang sangat kuat, namun seiring berjalannya waktu Ratu Jodha menjadi ratu yang paling disayangi oleh raja Akbar diantara ratu – ratunya yang lain.

Ratu Jodha atau Heer Kunwari adalah istri ketiga raja Akbar, dalam pernikahan mereka dikaruniai seorang anak laki – laki Jahangir yang kemudian di beri nama Salim. Selama ratu Jodha mengandung anak pertamanya dia tidak tinggal dikerajaan Akbar melainkan tinggal di tempat Sheikh Sikri demi melindunginya dari berbagai macam ancaman yang akan membahayakan Ratu Jodha dan bayinya.

Setelah pangeran Salim dilahirkan, cinta ratu Jodha dan Raja Akber semakin menggebu, keduannya semakin tak terpisahkan. Raja Akbar juga tak pernah memaksakan keyakinannya paa ratu Jodha. Dan ituah yang membuat toleransi agama yang berkembang di dinasti akbar semakin pesat.

ratu-jodha
deloiz.blogspot.com

Namun cerita cinta ratu Jodha dan raja Akbar harus berakhir pada saat sang ratu menghembuskan nafas terakhirnya. Walaupun sebagai seorang hindu namun ratu Jodha tetap dimakamkan dalam adat Islam.

Walaupun telah meninggal namun ratu Jodha dan Raja Akbar dimakamkan berdekatan di Masjid paling awal di Pakistan yang terletak di kawasan Lahore.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Ragil Prasetyo

"hanya orang biasa yang ingin bisa bermanfaat bagi orang lain"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyebab Bisul

4 Faktor Penyebab Munculnya Bisul di Kulit Kita

5 Pusaka Prabu Siliwangi yang Terkenal dengan Kesaktiannya