Reproduksi Bakteri

REPRODUKSI BAKTERI – Bakteri dapat berkembang biak secara aseksual dengan membagi diri di lingkungan yang sesuai atau sesuai. Proses pembelahan diri pada bakteri terjadi pada biner transversal. Cross binary division adalah pembelahan yang dimulai dengan pembentukan dinding melintang yang memisahkan satu sel bakteri menjadi dua sel anak.

Kedua sel bakteri ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama (identik). Sel split akan membentuk koloni yang bisa dijadikan pengenal jenis bakteri. Misalnya, bakteri yang terdiri dari sepasang sel (diplococcus), delapan sel membentuk kubus (sarcina), dan berbentuk rantai (streptococcus).

Reproduksi Bakteri

Reproduksi Bakteri
artikel ipa – blogger

Reproduksi bakteri bisa berlangsung sangat cepat. Dalam keadaan optimal, beberapa jenis bakteri dapat dibagi setiap 20 menit. Dalam satu jam bakteri bisa berkembang biak menjadi jutajuta seluler.

Coba hitung jika setiap 20 menit bakteri bisa membelah, berapa bakteri yang dihasilkan dari 1 bakteri dalam waktu 24 jam.

Diskusikan dengan guru dan teman Anda apa yang akan terjadi jika proliferasi bakteri ini terus berlanjut tanpa faktor pembatas. Dalam kondisi yang kurang menguntungkan, sel bakteri dapat mempertahankan diri dengan formasi spora.

Namun, ada juga jenis bakteri yang akan mati akibat perubahan faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini adalah sinar matahari yang terus-menerus, kenaikan suhu, kekeringan, dan adanya penghambat bakteri dan pembunuh, seperti antibiotik dan desinfektan.

Situasinya juga menunjukkan bahwa walaupun populasi bakteri sangat besar, masih dapat dikendalikan oleh faktor penghambat sehingga peran bakteri di alam sebagai salah satu dekomposer dapat diimbangi dengan penghasil dan konsumen makhluk hidup. Dalam keadaan normal, spora akan tumbuh kembali menjadi satu sel bakteri.

Pengertian Reproduksi Bakteri

Reproduksi Bakteri
biologi gonzaga – blogger

Bakteri sebenarnya tidak berkembang biak secara seksual, seperti halnya dengan makhluk hidup eukariotik, karena bakteri tidak mengalami persatuan sel seks.

Namun, pada bakteri ada pertukaran materi genetik dengan sel mitranya. Oleh karena itu, proliferasi bakteri yang terjadi dengan cara ini disebut perkembangbiakan paraseksual. Proliferasi parasekual bakterial dapat terjadi dalam tiga cara, yaitu transformasi, konjugasi, dan transduksi.

Demikian info tentang reproduksi bakteri dan pejelasannya semoga bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.

Tinggalkan komentar