Aneka Resep Ayam Goreng Mentega yang Lezat dan Super Praktis

RESEP AYAM GORENG MENTEGA – Semua orang di dunia ini pasti sudah sangat akrab dengan daging ayam. Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan yang sangat lezat jika diolah sebagai masakan baik dengan cara dibakar, direbus, dikukus, apalagi digoreng. Rasa-rasanya hampir setiap daerah sering kita jumpai aneka ragam sajian kuliner ayam goreng. Jadi ayam goreng seolah-olah sudah menjadi primadona masakan olahan daging ayam. Alasannya tentu tidak lain dan tidak bukan yakni ayam goreng adalah resep memasak daging ayam yang tidak hanya lezat tapi juga super praktis jika dibandingkan dengan cara yang lainnya. Salah satu yang super praktis dalam mengolah daging ayam adalah resep ayam goreng mentega. Beberapa resep ayam goreng mentega dibawah ini adalah contohnya:

Ayam Goreng Mentega Saos Tiram

maxresdefault

i.tyimg.com

Bahan-bahan

  • 5 buah paha dan 5 buah ceker ayam yang sudah dibersihkan
  • 1 siung bawang bombay sedang iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 3 sdm saos tiram
  • 4 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 250 ml air
  • margarin secukupnya

Langkah Membuatnya

  1. Goreng paha dan ceker ayam yang sudah disiapkan tadi sampai matang kecoklatan lalu angkat dan tiriskan
  2. Selanjutnya tumis bawang bombay, bawang putih, saos tiram, kecap dengan mentega sampai tercium bau harum
  3. Masukkan garam, penyedap rasa dan air lalu aduk dan langsung masukkan ayam yang ditiriskan tadi
  4. Aduk kembali dan tunggu sebentar sampai bumbu meresap pada ayam lalu angkat jika sudah matang

Ayam Goreng Kecap Daun Jeruk

P10100061
resepcaacramasak.info

Bahan-bahan

  • 250 gr daging ayam
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 1/2 siung bawang bombay iris tipis
  • 1 sdm kecap inggris
  • 4 sdm kecap manis
  • 5 lembar daun jeruk iris tipis
  • 100 ml air
  • merica dan garam secukupnya
  • 2 sdm margarin

Langkah Membuatnya

  1. Goreng daging ayam yang sudah dipotong-potong dan dibumbui garam sampai matang kecoklatan lalu angkat dan sisihkan sampai minyaknya tiris
  2. Setelahnya tumis bawang bombay, bawang putih, kecap manis, kecap inggris dan daun jeruk dengan mentega sampai harum
  3. Masukkan air, garam dan merica lalu masukkan ayam yang sudah digoreng lebih dulu tadi
  4. Aduk dan tunggu sampai bumbu meresap dan sedikit susut. Angkat dan sajikan selagi hangat

Ayam Goreng Mentega Pedas

dscf1824
jogjagluttony.wordpress.com

Bahan-bahan

  • 1/2 ekor ayam yang sudah dipotong-potong
  • 1 ruas jahe
  • 4 cabe merah halus
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 2 lbr daun jeruk iris tipis
  • 2 sdm mentega
  • 1 siung bawang bombay cincang
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm air jeruk limau
  • 1 btg daun bawang rajang
  • garam dan kaldu bubuk secukupnya

Langkah Membuatnya

  1. Goreng daging ayam yang sudah dipotong-potong dan sudah dimasukkan dalam air garam sebelumnya. Bolak-balik sampai matang kecoklatan lalu angkat dan tiriskan
  2. Setelahnya tumis cabe merah halus, bawang bombay, bawang putih, jahe, kecap manis, kecap inggris, saos tiram dan daun jeruk sera air jeruk limau dengan mentega sampai harum
  3. Masukkan sedikit air lalu tambahkan garam dan kaldu bubuk serta daun bawang. Setelah itu masukkan ayam goreng tadi dan aduk rata
  4. Tunggu sampai bumbu meresap dan sedikit susut agar bumbu makin meresap lalu angkat dan sajikan dengan hiasan irisan cabe merah

Ayam Goreng Mentega Bumbu Wijen

ayam goreng kecap
themuenzer.wordpress.com

Bahan-bahan

  • 1/4 kg ayam yang sudah dipotong-potong
  • 3 butir bawang putih cincang halus
  • 2 siung bawang merah iris tipis
  • 1 ruas jahe geprek
  • 1 btg daun bawang rajang
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm mentega
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 sdm kecap manis
  • merica dan garam secukupnya
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm wijen sangrai
  • 1 buah jeruk limau

Langkah Membuatnya

  1. Garami daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi lalu goreng dan bolak-balik sampai matang kecoklatan lalu angkat dan tiriskan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe geprak, kecap manis, kecap inggris, kecap asin, saos tiram dan air jeruk limau dengan mentega sampai harum
  3. Masukkan sedikit air lalu tambahkan garam, gula dan wijen. Setelah itu masukkan ayam goreng tadi dan aduk rata. Kecilkan api jika dirasa sudah cukup panas
  4. Tunggu sampai bumbu meresap dan sedikit susut. Angkat lalu sajikan sebagai lauk makan

Ayam Goreng Mentega Kentang

kabarinews.com
kabarinews.com

Bahan-bahan

  • 4 ptg ayam
  • 1 buah kentang dipotong-potong
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 ruas jahe remuk
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 buah cabe merah
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 sdm mentega
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya

Langkah Membuatnya

  1. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong dalam air garam lalu goreng dan bolak-balik sampai matang kecoklatan. Angkat lalu tiriskan agar minyaknya berkurang
  2. Tumis kentang, cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe remuk, kecap manis, kecap inggris, saos tiram dengan mentega sampai harum
  3. Masukkan garam, gula pasir dan merica bubuk. Setelah itu masukkan ayam goreng tadi lalu aduk sampai bumbu rata
  4. Tunggu sampai bumbu meresap dan sedikit susut lalu angkat dan sajikan

Ayam Goreng Mentega Asam Pedas

Ayam goreng merupakan makanan sejuta umat yang berarti banyak sekali yang menyukaianya, ayam goreng mentega jika dimasak dengan bumbu asam pedas akan terasa nikmat sekali, sudah pernah mencobanya ? atau ingin memasaknya tapi tidak tahu resepnya ?

Berikut dibawah ini adalah cara memasak dan resep ayam goreng mentega Ā asam pedas, silahkan dilihat dan dipelajari cara memasaknya.

Bahan-bahan

  • 1/2 ekor bagian atas Daging ayam (potong sedang)
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya untuk melumuri daging ayam)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas jahe (iris tipis)
  • 1 siung bawang bombay (iris memanjang)
  • 2 buah tomat hijau (potong dadu)
  • 4 sdm mentega (untuk menumis bumbu)
  • minyak goreng (untuk menggoreng ayam)
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm saos ekstra pedas
  • 5 sdm kecap manis
  • secukupnya Garam dan gula pasir
  • Bumbu dihaluskan:
  • 7 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 buah jeruk limau, ambil airnya, campurkan dengan bumbu

Langkah

  • Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan lada. Diamkan 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih
  • Panaskan minyak untuk menggoreng ayam. Goreng ayam jangan terlalu kering. Angkat ayam dan tiriskan.
  • Panaskan mentega lalu masukkan bumbu halus, daun salam, bawang bombay, dan jahe. Tumis sampai harum.
  • Masukkan potongan tomat hijau dan ayam. Tambahkan garam, gula, kecap dan saus. Aduk rata
    Koreksi rasa

Ayam Goreng Mentega tanpa Mentega

Saya kehabisan ide untuk masak apa karena baru sembuh sakit dan tidak boleh makan yang pedas. Kebetulan ada ay…selengkapnya

Bahan-bahan

  • 300 gram ayam
  • 2 batang daun bawang
  • 1/5 siung bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 80 ml kecap manis
  • 80 ml saos sambal
  • secukupnya minyak untuk menggoreng ayam
  • 1 buah jeruk nipis

Langkah

  • Siramkan perasan jeruk nipis pada ayam dan diamkan selama 30 menit untuk menghilangkan amisnya
  • Goreng ayam hingga berwarna coklat keemasan
  • Iris tipis daun bawang, bawang bombay, bawang merah dan geprak bawang putih. Kemudian tumis semua irisan dan geprakan tadi secara bersamaan hingga wangi
  • Masukkan kecap manis dan saos sambal. Aduk hingga mengental. Kemudian masukkan ayam goreng ke dalam saos tersebut
  • Siap dihidangkan šŸ™‚

Ayam goreng mentega kecap pedas

Setelah ayam goreng mentega asam pedas kali ini kita coba yang manis-manis yaitu ayam goreng mentega kecap pedas, dimana rasa manis pada kejap akan berpadu dengan rasa pedas dari cabai yang tentu saja dari perpaduan ini akan semakin menambah nafsu makan.

Berikut dibawah ini penjelasan dan cara memasaknya.

Bahan-bahan

  • bawang bombay
  • margarin
  • ayam yg sudah d rebus (bs d buang tulang potong dadu kecil)
  • kecap
  • cabai pedas

Langkah

  • Iris bawang bombay
  • Tumis bawang bombay dengan margarin hingga harum
  • Masukan cabai yg sudah di potong serong
  • Masukan ayam lalu tuang kecap aduk2 hingga merata dan matang
  • Cicipi rasa jika kurang sedap bisa d tambah penyedap rasa

Ayam Goreng Saus Mentega

Hanpir sama dengan resep ayam kecap, tapi yang ini pake saus tiram dan mentega. Mau enak lg tambah bawang bomb…selengkapnya

Bahan-bahan

  • 700 gr ayam dipotong kecil-kecil
  • 3 sdm mentega
  • secukupnya Lada
  • 5 siung bawang putih
  • Jeruk nipis
  • secukupnya Garam dan gula
  • sesuai selera Kecap manis
  • sesuai selera Saus tiram

Langkah

  • Haluskan lada, bawang putih, garam dan ambil 1/4 untuk dilumurkan ke ayam yang telah dipotong2 bersama jeruk nipis. Diamkan selama 15menit
  • Goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan.
  • Panaskan mentega dalam wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum. Tambah gula dan garam serta saus tiram, tambah air. Masukkan ayam yang telah digoreng, masak2 dan diamkan hingga bumbu meresap. Ayam siap disajikan

Ayam Goreng Mentega endess

Anda seorang ibu hamil dan bingung untuk memasak menu apa pada hari ini ? mungkin ayam goreng mentega endess ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda, bagaimana cara memasaknya dan apa saja sih bahan yang diperlukan untuk membuat ayam goreng mentega endes.

Bumil lagi ngidam ayam manis akhirnya kepikiran buat masakan yang mudah

Bahan-bahan

  • 5 porsi
  • 700 gr ayam
  • 3 siung bawang putih giling
  • secukupnya Lada putih
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Minyak untuk menggoreng ayam

Resep saus Mentega:

  • 1 buah bawang bombai dipotong
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 5 sendok makan mentega blue band
  • secukupnya Kecap manis
  • secukupnya Saus Tomat
  • secukupnya Lada putih
  • secukupnya Gula dan garam

Langkah

  • Ayam dipotong kecil-kecil lalu dimarinade dengan bawang putih halus, garam, dan lada putih bubuk. Diamkan 30 menit
  • Goreng ayam tadi dengan minyak secukupnya hingga matang dan berwarna kekuningan
  • Kemudian panaskan mentega dicampur minyak sedikit. Tumis bawang putih hingga harum. Lalu tambahkan kecap manis dan saos tomat secukupnya. Tambahkan air sedikit. Rebus hingga mendidih, tambahkan gula, garam, dan lada putih secukupnya. Lalu masukkan bawang bombay
  • Setelah itu masukkan ayam goreng tadi kedalam saos yg telah dicampur dikuali, rebus bentar hingga saos meresap.
  • Siap disajikan di piringĀ selamat menikmati

Ayam Goreng Mentega kilaaat

Semenjak punya bayik masak serba yg praktis maklum saya memilih gak pake art selama masih bisa handle hehehehe…selengkapnya

Bahan-bahan

  • 1/2 ekor ayam
  • jeruk nipis, garam untuk mencuci
  • 3 sendok margarin
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 2 ruas jahe geprek
  • 1 butir bawang bombay potong sesuai selera
  • 7 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus teriyaki
  • secukupnya garam,lada
  • secukupnya air dicampur 1 sdt maizena
  • minyak goreng

Langkah

  • Cuci bersih ayam remas2 jeruk nipis dan garam,diamkan 15 menit cuci bersih, goreng hingga matang
  • Panaskan wajan masukan margarin tumis bawang putih sampai harum, masukan bawang bombay tumis sampai layu masukan ayam,kecap inggris, kecap manis, saus tiram, saus teriyaki,jahe,air yg telah di campur maizena.
  • masak sampai air habis
  • Koreksi rasa, sajikan hangat

Ayam goreng mentega susu (buttermilk fried chicken)

Bahan-bahan

  • 125 gr ayam fillet (potong kecilĀ²)
  • 1 bks tepung goreng ayam (me: tepung puteri)
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 sdm mentega
  • 100 ml susu cair
  • 100 gr keju mozarella (sbg penggental)

Langkah

  • Goreng ayam dengan tepung yang sudah dibumbui. Tiriskan jika sudah matang.
  • Di pan lain masukkan mentega hingga mencair. Kemudian tuang susu cair sambil diaduk dan terakhir masukkan keju mozarella.
  • Aduk hingga mengental. Masukkan potonganĀ² ayam goreng sambil aduk hingga tercampur merata dengan mentega susunya.
  • Angkat dan taburi wijen dan oregano. Hidangkan šŸ˜‰

Ayam goreng mentega empuk

Ayam goreng mentega ini sering aku bikin di rumah,karena cara bikinnya gampang ,bumbunya sederhana & Rasanya

Ayam goreng mentega biasa bisa jadi kurang cocokĀ untuk anda yang sudah terlalu sulit untuk mengunyah ayam goreng normal pada umumnya, sehingga dapat membuat gigi anda sakit dan malah menimbulkan ketidaknyamanan saat memakannya, ketika usia sudah lanjut gigi sudah berkurang kekuatan nya sehingga timbullah ide membuat ayam goreng mentega empuk ini.

Bahan-bahanĀ 

  • 500 gr ayam,potong sesuai selera
  • secukupnya garam,merica
  • 2 sdm mentega/margarin
  • 1 bawang bombay
  • 2 siung bawang putih di geprek
  • 1 daun bawang di potong
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • merica hitam(jika suka)
  • secukupnya minyak goreng

Langkah

  • Cuci bersih ayam,beri cuka makan/air jeruk nipis & sedikit garam,balurkan dan remas ayam diamkan 15-30 menit
  • Cuci bersih ayam,ungkep dengan sedikit garam dan merica sampai empuk,aku ungkep biar ayam tetap empuk setelah digoreng.
  • Angkat ayam bumbui dgn kecap manis,saus tiram,kecap inggris secukupnya,diamkan berapa saat agar bumbu lebih meresap.
  • Goreng ayam dgn api besar sebentar saja sampai berubah warna,angkat.
  • Tumis bawang bombay & bawang putih sampai wangi,masukan ayam yg telah digoreng,tambahkan garam(jika perlu),merica /lada hitam,saus tiram,kecap manis kecap asin,kecap inggris,menuangkan saus-saus tersebut dr pinggir wajan ya agar aroma & rasa masakn lebih nikmat. Masak dgn api kecil agar bumbu meresap,masukan irisan daun bawang.masak sebentar,angkat & sajikan

Ayam Goreng Mentega Gong!

Bahan-bahan

  • 2 porsi
  • 4 potong ayam (saya pake paha bawah/drumstick favorit)
  • 3 siung bawang putih yg sudah dihaluskan
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih diiris tipis
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sachet saos tiram
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica

Langkah

Langkah untuk membuat ayam goreng mentega gong ini setidaknya akan memakan waktu sekitar 45 menit, tidak terlalu lama kok, bagaimana langkah membuatnya berikut dibawah ini penjelasan nya, silahkan disimak dengan seksama.

  • Rebus air yg sudah dicampur garam, merica dan bawang putih yg sudah dihaluskan kemudian ongkep ayam sampai empuk
  • Setelah ayam empuk, goreng sebentar hingga kekuningan (jangan terlalu kering nanti jd alot ayamnya)
  • Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih yg sudah diiris tipis
  • Masukan kecap inggris, saos tiram dan kecap manis kemudian koreksi rasa
  • Setelah rasa sudah pas, baru masukan ayam, bolak balik sampai bumbu meresap
  • Ayam mentega siap dihidangkan! padukan dengan nasi hangat..GONG banget rasanya pagi2 sarapan ini

Ayam goreng mentega cabecabean

Bahan-bahan

  • 1 kilo ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabe hijau iris serong
  • 3 buah cabe merah iris serong
  • 15 buah cabe rawit “sukasuka ya”
  • bawang bombai rajang memanjang
  • saus tiram saori
  • saus tomat
  • kecap manis
  • mentega
  • minyak goreng
  • seperlunya royko, garam, gula dan merica bubuk

Langkah

  • Bersihkan ayam, lalu goreng dg api kecil sampai kecoklatan
  • Setelah itu siapkan bumbu yang sudah dirajang
  • Panaskan 2sdm mentega lalu masukan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum
  • Lalu masukan juga cabe rawit tumis hingga alum baru masukan cabe merah dan ijo
  • Tambahkan air sdikit, lalu beri 2sdm saus tomat, 1sdm kecap manis, 2 sdm saus tiram, garam, gula dan merica secukupnya
  • Tunggu beberapa menit sambil dibolak balik sampai matang jika kurang kental boleh ditambah larutan tepung
  • maizena atau sagu sdikit saja
  • Tunggu kuah meletup letup lalu hidangkan selagi hangat

Ayam Goreng Mentega R~Kitz

Suamiku bosen banget sama yang namanya Ayam, kalo dikasih ayam musuhan banget, bisa gajadi makan. Ya sudahlah …selengkapnya

Bahan-bahan

  • 5 porsi
  • 1 ekor Ayam (kalau aku pakai ayam boneless)
  • 100 gr Mentega
  • 5 bh Bawang Putih
  • 1 bh Bawang Bombay
  • 15 bh Cabai Merah & Cabai Hijau (sesuai selera, kalau aku suka p
  • 1/2 sdm Kecap Manis
  • 1/2 sdm Saus Tomat
  • 1 sdm Saus Tiram
  • Secukupnya Garam & Gula
  • secukupnya Minyak Goreng

Langkah

20 menit

  • Ayam dibersihkan lalu celupkan di tepung bumbu hingga merata.
  • Panaskan minyak goreng, lalu goreng ayam yang tadi sudah dibaluri tepung bumbu, angkat / tiriskan ayam jika sudah kekuningan / berubah warna matang.
  • Panaskan mentega masukan irisan bawang putih, tumis hingga harum lalu masukan irisan bawang bombay, tumis hingga sedikit layu lalu masukan cabai merah & cabai hijau tumis sebentar, lalu masukkan ayam yang tadi sudah digoreng lalu tambahkan kecap, saus tomat dan saus tiram, gula & garam. Tes rasa tambahkan jika ada yang kurang, tambahkan penyedap.
  • Tunggu sebentar sampai semua bumbu meresap ayam (api kecil). Matikan api
  • Angkat ayam goreng mentega dan sajikan selagi hangat. Selamat mencoba yaaaa ayam mentega praktis express ala R~Kitz, jangan lupaaaa foto recook kamu. Sukses yaaa, kiss

Ayam goreng mentega untuk anak di atas 1 tahun

Bunda selain memasak untuk suami tentu akan memasak juga untuk buah hati kan, dan sudah pasti memasak untuk buah hati berbeda dengan masakan untuk suami, berikut dibawah ini adalah resep ayam goreng mentega khusus dibuat untuk anak diatas 1 tahun, seperti apa resepnya, berikut ini ulasannya.

Bahan-bahan

  • 3 porsi
  • 1 ekor ayam potong kecil2
  • bumbu ungkep
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe geprek
  • 1 sdt garam
  • secukupnya air

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay
  • 1 sdm minyak goreng
  • 4 sdm kecap manis
  • 3 sdm kecap inggris
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdm mentega
  • 1 buah jeruk limo

Langkah

  • 30 menit
  • Cuci bersih ayam, potong kecil2. Lumuri jeruk nipis, bilas. Lalu ungkep hingga empuk.
  • Tiriskan lalu goreng sebentar ayam
  • Tumis bawang putih hingga wangi, tumis bawang bombay hingga wangi. Masukkan kecap manis, kecap inggris,
  • masukan ayam, jeruk nipis dan mentega. Koreksi rasa. Sajikan

Ayam goreng mentega ala Chinese food

Salah satu makanan favorite keluarga adalah ayam goreng, dan salah satu restoran favorite keluarga adalah chinese food, karena restoran ini menyajikan berbagai menu yang dapat menggugah selera makan kita, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai menu yang sedikit unik.

Yaitu ayam goreng mentega ala chinese food, penasaran seperti apa sih masakan yang satu ini, langsung saja lihat penjelasannya dibawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam (saya pake 1kg paha)
  • 1 buah bawang bombai
  • 3 siung bawang putih
  • Mentega (blueband)
  • Daun bawang
  • Minyak wijen
  • Sauce inggris
  • Saos tomat

Langkah

  • Cuci ayam hingga bersih kemudian marinasi ayam dengan irisan bawang putih, minyak wijen dan penyedap kurang
  • lebih 1-2 jam simpan didalam kulkas
  • Setelah dimarinasi goreng ayam dengn api kecil hingga matang dan tiriskan
  • Setelah itu buat sauce dengan menumis bawang bombai dan mentega hingga bawang bombai layu dan masukan
  • sauce inggris dan sauce tomat aduk rata hingga harum. Jika terlalu asam tambahkan gula hingga dirasa cukup.
  • Setelah itu beri penyedap + garam dan terakhr masukan daun bawang
  • Terakhr campurkan sauce dengan ayam yang sudah digoreng. Aduk hingga rata dan siap untuk disajikan

Ayam goreng mentega irit bahan

Di rumah biasanya hanya berdua, masakpun gak pernah banyak banyak kecuali ada tamu. Sehabis dari pasar, banya…selengkapnya

Bahan-bahanĀ 

  • 2 porsi
  • 6 potong ayam kampung
  • 1/2 bwg bombay
  • 20 gram margarin
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • sejumput garam, sedikit saja, asinnya sudah ada dari mentega dan saos tiram
  • secukupnya gula dan merica
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap
  • 2 slice jeruk lemon

Langkah

60 menit

  • Lelehkan margarin.
  • Tumis bawang putih, jika sdh wangi masukkan bawang bombay
  • Masukkan ayam yg sudah di goreng. Oiya Bumbu ayam goreng : – Ayam di rendam dengan garam + merica+ ketumbar + lemon Masukkan dalam kulkas 15 menit. Biarkan bumbu terserap sebelum di goreng.
  • Guling ayam sebentar, masukkan 100 cc air + garam + gula + merica + saos tiram + kecap
  • Larutkan 1/2 sdm tepung tapioka. Tuang sedikit demi sedikit dalam masakan hingga kental. Biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap.
  • Tes rasa, siap di santap.

Tinggalkan komentar