Aneka Resep Kue yang Bisa Kamu Coba Agar Lebaran Lebih Istimewa

Tak terasa tiga bulan lagi bulan suci ramadhan tiba. Berbagai persiapan baik fisik, finansial, maupun ruhiyah tentu sudah mulai dicicil hari ini.

Momentum penghujung bulan ramadhan yang dinantikan umat Islam nusantara adalah lebaran. Kebahagiaan terpancar dari seantero negeri merayakan hari besar Islam ini.

Sanak keluarga yang terpisah jarak berkumpul, rezeki entah bagaimana caranya melimpah, opor ayam bersama ketupat turut hadir, dan berbagai keistimewaan lainnya.

Salah satu keistimewaan lebaran adalah momentum silaturahim pada keluarga besar. Tak lengkap rasanya silaturahim tanpa makanan kecil yang disajikan di meja ruang tamu. Berbagai olahan kue kering seolah wajib disajikan untuk memeriahkan lebaran.

Akan lebih istimewa jika kamu membuat sendiri aneka kue kering lebaran. Ada kepuasan tersendiri saat kue-kue ini disantap keluarga, kerabat, dan sahabat. Berikut ini beberapa resep kue kering lebaran yang bisa kamu coba.

Nastar Selai Nanas

www.batikbolags.com

Siapkan bahan-bahan diantaranya tepung terigu 250 gram, susu bubuk 1 sendok makan, tepung maizena 25 gram, mentega 175 gram, telur 4 butir, gula halus 50 gram, dan cengkeh 50 gram.

Untuk membuat selai siapkan nanas yang diparut ½ buah, garam ½ sendok teh, kayu manis, dan gula pasir 100 gram.

Langkah pertama buatlah selai nanas terlebih dahulu. Rebus nanas parut, gula pasir, kayu manis, dan garam. Aduk-aduk sampai mengental dan memiliki tekstur seperti selai pada umumnya.

Cara membuat nastar campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak. Selanjutnya pada wadah lain campurkan 3 butir telur, mentega, dan gula halus sampai tercampur rata.

Campurkan semua bahan dan aduk menggunakan spatula sampai kalis. Kemudian ambil adonan untuk dibuat bulatan yang diisi dengan selai nanas. Jangan lupa untuk mengolesi dengan 1 butir telur sisa dan hiasi nastar dengan cengkeh.

Letakan pada loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Panggang selama kurang lebih 25 menit.

Kue Putri Salju

www.kuliner123.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya tepung terigu 200 gram, tepung maizena 30 gram, margarin 200 gram, kuning telur 3 butir, 100 gram keju cheddar parut, dan gula halus secukupnya sebagai taburan.

Cara membuat kue putri salju yang pertama dengan mengocok margarin dan kuning telur sampai lembut dan mengembang. Masukan tepung terigu dan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil terus mengaduknya.

Setelah tercampur merata, masukan keju cheddar dan garam. Aduk semua adonan sampai kalis. Kemudian ambil adonan untuk dicetak menggunakan cetakan kue.

Susunlah adonan yang sudah dicetak diatas loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang kue dengan suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang keluarkan dari dalam oven dan biarkan pada suhu ruang selama beberapa saat.

Taburi nastar dengan gula halus setelah dingin. Kue nastar siap dikemas dalam toples-toples kecil.

Kue Semprit Susu

www.inforesepku.com

Siapkan bahan-bahan tepung terigu 150 gram, tepung maizena 15 gram, susu bubuk 30 gram, gula halus 100 gram, mentega 125 gram, dan 2 butir kuning telur yang telah direbus.

Buatlah kue semprit susu dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk.

Pada wadah lain kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Tambahkan dengan kuning telur rebus. Aduk sampai merata. Selanjutnya tambahkan campuran tepung diatas.

Aduk semua bahan adonan sampai tercampur rata dan kalis. Cetak adonan kue semprit susu ini dengan bentuk sesuai selera. Susun adonan pada loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu.

Jangan lupa memberi hiasan gula warna-warni. Panggang menggunakan oven suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. Kue semprit susu siap disajikan.

Tinggalkan komentar