Resep Berbagai Kue Mochi yang Lezat dan Menendang Lidah

Mochi adalah makanan khas dari tanah sunda. Makanan yang biasanya dikemas dengan kotak kayu ini berbentuk bulat-bulat kecil yang habis dalam sekali kunyah.

Kue mochi biasanya diselimuti dengan tepung kanji putih seperti bedak. Isi coklat kacang membuatnya pas dikombinasikan dengan tepung ketan sebagai bahan bakunya.

Jika kamu merindukan mochi, kamu tidak perlu repot pergi ke tanah Sunda untuk membelinya. Kamu bisa membuat kue mochi sendiri dengan berbagai variasi rasa dan bahan baku. Cara membuat kue mochi juga mudah dan sederhana.

Berikut ini berbagai inspirasi kue mochi yang lezat dan menendang lidah.

Mochi Es Krim

www.bisnisukm.com

Bahan-bahan untuk membuat mochi es krim diantaranya tepung beras ketan 50 gram, gula 100 gram, air bersih 100 ml, vanili bubuk 2 sendok teh, es krim sesuai selera 10 scope, dan tepung kanji.

Langkah pertama membuat moci es krim adalah mencampurkan tepung beras ketan, gula, dan vanili bubuk pada satu wadah yang cukup besar. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Masak adonan tersebut pada kompor dengan menggunakan api sedang. Aduk adonan sampai mengental dan tidak lengket. Setelah matang matikan kompor dan beralihlah untuk menyiapkan plastik.

Siapkan plastik besar transparan sebagai tempat menggelar adonan mochi. Taburkan dengan tepung kanji agar adonan mochi tidak lengket. Tuangkan adonan kue mochi yang sudah dimasak. Pada bagian atas taburi lagi dengan tepung kanji.

Saat masih panas, giling adonan mochi menggunakan adonan roti dengan ketebalan 2-3 mm.

Selanjutnya buatlah es krim menjadi bentuk bulat-bulat dengan diameter 2-3 cm.
Masukan es krim bulat ini ke dalam lemari es.

Langkah terakhir adalah membungkus bulatan es krim dengan kue moci. Potong-potongalah kue mochi menyesuaikan besarnya bulatan es krim.

Setelah selesai dibungkus, simpan mochi es krim ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Kue moci es krim siap disajikan untuk keluarga.

Mochi Coklat Kacang

www.kaskus.co.id

Siapkan bahan-bahan untuk membuat moci coklat kacang. Bahan-bahan tersebut diantaranya tepung ketan 200 gram, mentega putih 30 gram, air bersih 225 ml, cokelat pasta ¼ sendok teh, gula pasir 125 gram, dan garam secukupnya.

Sebagai isi moci siapkan selai kacang 100 gram, garam ¼ sendok teh, gula tepung 35 gram, dan susu bubuk 25 gram.

Adapun bahan untuk membuat pelapis adalah gula pasir 25 gram serta kacang tanah kupas yang disangrai dan dicacah halus sebanyak 100 gram.

Cara membuat moci kacang tanah yang pertama adalah campurkan tepung ketan dan garam ke dalam wadah yang cukup besar. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus menerus mengaduk adonan.

Kukus adonan tersebut dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya mixer adonan mochi bersama gula pasir, cokelat pasta, dan mentega. Mixer semua bahan sampai kalis. Ambil adonan kira-kira 15 gram. Bentuklah menjadi bulat dan isi dengan bahan isi. Gulingkan mochi bulat ke atas bahan pelapis. Mochi coklat kacang siap disajikan bersama teh hangat.

Mochi Jepang Legit

www.pergikuliner.com

Bahan-bahan untuk membuat mochi Jepang legit diantaranya tepung ketan 300 gram, mentega putih 50 gram, santan kental 350 ml, garam halus sesuai selera, dan gula pasir 175 gram. Sebagai isi gunakan selai kacang dan wijen yang sudah disangrai.

Cara membuat mochi Jepang hampir sama dengan mochi yang lainnya. Campurkan tepung ketan dan garam sampai tercampur rata. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan sampai halus.

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega. Masukan adonan mochi ke dalam loyang. Kukus adonan mochi selama kurang lebih 30 menit.

Selanjutnya mixer adonan mochi bersama gula dan mentega putih menggunakan mixer kaki spiral.

Setelah tercampur rata, ambil sedikit adonan mochi. Tambahkan selai coklat ke dalamnya. Bentuk mochi menjadi bulat kembali.

Terakhir gulingkan mochi pada wijen yang telah di sangrai. Mochi Jepang siap disajikan.

Tinggalkan komentar